Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»“Pokoknya YESS”, Kepala BB Padi Menerima Kunker Kepala Pusat Pendidikan Pertanian

“Pokoknya YESS”, Kepala BB Padi Menerima Kunker Kepala Pusat Pendidikan Pertanian

31.05.2021
BBPadi Media
155

“Pokoknya YESS”, Kepala BB Padi Menerima Kunker Kepala Pusat Pendidikan Pertanian

31.05.2021
BBPadi Media
155

Sukamandi, Sabtu, 29 Mei 2021. Direktur YESS-Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Dr. Idha Widi Arsanti, SP. MP. beserta staff, Direktur Polbangtan Bogor, Dr. Detia Tri Yunandar, SP. M.Si bersama tim, serta ibu Dra. Nenden Setiawati, M.Si Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang beserta penyuluh dan mobilizernya berkunjung ke Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) dalam rangka kegiatan sosialisasi dan pengawalan Program YESS (Youth Entrepreneurship and Employment Support Service Programme). Kepala BB Padi Dr. Yudi Sastro, Koordinator Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian Dr. Suprihanto, dan tim peneliti serta penaggung jawab Taman Sains Teknologi (TST) hadir dalam acara tersebut.

Dr. Arsanti dalam paparannya memberikan informasi bahwa Program YESS bertujuan untuk mendorong dan menghasilkan wirausaha muda atau milenial perdesaan di bidang pertanian dan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian. Kabupaten Subang adalah salah satu kabupaten terpilih yang menjadi lokasi penerapan program YESS di Indonesia disamping kabupaten Sukabumi, Cianjur dan Tasikmalaya untuk Provinsi Jawa Barat. Secara keseluruhan program dilakukan di 4 Provinsi yang meliputi 15 Kabupaten lainnya yaitu Jawa Barat (Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, Subang), Jawa Timur (Malang, Pasuruan, Tulungagung, Pacitan), Kalimantan Selatan (Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu) dan Sulawesi Selatan (Bantaeng, Bone, Bulukumba, Maros) dengan periode pelaksanaan 2019-2025. Diharapkan agar BB Padi berkolaborasi dan berkontribusi dalam program ini, dalam hal transfer teknologi, maupun kerjasama dalam hal pelatihan penangkaran benih bagi petani milenial dibawah koordinasi Dinas Pertanian Kabupaten Subang.

Sebagai direktur Polbangtan, Dr. Detia Tri Yunandar, SP. M.Si mengharapkan adanya kerjasama khusus dengan BB Padi dalam kaitannya dengan pembelajaran di Polbangtan. Lebih lanjut Detia mengharapkan agar mahasiswa Polbangtan dapat melakukan kegiatan magang, PKL dan penelitian tugas akhir di BB Padi bahkan jika memungkinkan Widyaiswara Polbangtan dapat dilibatkan dalam kegiatan penelitian bersama peneliti BB Padi.

Dalam sambutannya, Ka BB Padi sangat terbuka dalam mendukung program YESS. “Pokoknya jawabannya Yess” itu kata kuncinya. Apa yang bisa dikontribusikankan oleh BB Padi terkait perakitan varietas unggul baru (VUB), teknologi budidaya padi, perbanyakan benih, maupun kerjasama penelitian, sangat terbuka untuk mendukung program-program Kementerian Pertanian umumnya dan program pendidikan pertanian ke depan agar lebih maju.

Dr. Suprihanto menambahkan bahwa BB Padi telah menghasilkan varietas padi fungsional, diantaranya adalah padi Japonica yaitu varietas Tarabas, sebagai substitusi beras Jepang, yang menarik bagi petani milenial, beras  Inpari IR Nutri Zinc untuk mengatasi masalah stunting, beras merah dan beras hitam yang banyak mengandung atioksidan, untuk kebutuhan kesehatan. BB Padi juga telah menyiapkan benih dasar dan benih pokok yang cukup untuk penyediaan perbanyakan benih, dengan target luas tanam 11 juta hektar di seluruh Indonesia, dengan asumsi semua petani menggunakan benih sebar 20-25 kg/hektar.

Dalam kesempatan ini, Kadis Subang menyampaikan bahwa Program YESS adalah salah satu program yang paling besar dan anugerah bagi Kabupaten Subang, dimana program ini diarahkan pada pengembangan SDM, untuk menghasilkan para wirausaha muda agar lebih kompeten pada era dimana 10 atau 20 tahun kedepan lahan pertanian akan terdegradasi atau beralih fungsi pada sektor non pertanian. Oleh karena itu diharapkan bagaimana untuk mempertahankan produktivitas hasil pertanian yang tetap atau lebih tinggi dengan tantangan alih fungsi lahan tersebut. Dengan pemuda milenial yang dibekali oleh ilmu pertanian modern serta bisnis pertanian yang menjanjikan akan mampu mendorong produktivitas hasil pertanian khususnya Kabupaten Subang.

Selanjutnya Direktur YESS dan rombongan berkunjung ke Taman Sains Teknologi Pertanian BB Padi untuk melihat potensi apa saja yang bisa dikembangkan, serta bagaimana teknis kerjasama dalam pelaksanaan program selanjutnya. (IH, DA).

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini10
Hari Kemarin51
Minggu ini61
Bulan ini883
Total Pengunjung4906912
Online saat ini
1

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi