Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Pembelajaran Petani di Masa Pandemi, BB Padi Bimtek Padat Karya Budidaya Padi di Majalengka

Pembelajaran Petani di Masa Pandemi, BB Padi Bimtek Padat Karya Budidaya Padi di Majalengka

10.03.2021
BBPadi Media
353

Pembelajaran Petani di Masa Pandemi, BB Padi Bimtek Padat Karya Budidaya Padi di Majalengka

10.03.2021
BBPadi Media
353

Majalengka, Selasa (09/03/21), Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) telah mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka meningkatkan kapasitas kemampuan petani untuk meningkatkan kembali produktivitas padi sawah khususnya di Jawa Barat sebagai lumbung pangan nasional. Bimtek dilaksanakan secara serempak lingkup Badan Litbang Pertanian. Ini adalah salah satu upaya untuk menyampaikan inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian berupa Varietas Unggul Baru (VUB) Padi, Teknik Budidaya, Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Padi hingga Pascapanen.

Melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat, bimbingan teknis melibatkan peserta terdiri atas petani, petugas POPT, perangkat desa dan beberapa penyuluh serta para narasumber dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. Dalam sambutannya, Idrus Hasmi yang hadir mewakili Kepala BB Padi menyampaikan bahwa Bimtek ini merupakan salah satu upaya mendukung program peningkatan produksi  padi nasional.

“Kami sangat bangga mendapat kunjungan dan mendapakan tempat untuk melaksanakan Bimtek tentang teknologi padi. Masyarakat di Desa Jatiwangi menyambut gembira dan siap untuk mendukung kemajuan desa kami,” tutur H. Muhammad Khalid selaku Kepala Desa Jatiwangi.

Materi pertama disampaikan oleh Asep Maolana Yusup sebagai narasumber bidang kajian budidaya tanaman padi, dalam paparannya menjelaskan akan pentingnya pengelolaan tanaman dari awal pengolahan tanah, pemilihan varietas spesifik lokasi, waktu tanam yang tepat, dosis pemupukan dan kapan waktu aplikasi serta pengendalian terhadap hama dan penyakit padi sesuai rekomendasi yang dianjurkan.

Disamping materi budidaya juga disampaikan materi tentang pengenalan dan pengelolaan hama dan penyakit tanaman padi yang disampaikan oleh Celvia Roza, SP. selaku peneliti bidang proteksi tanaman di BB Padi. Dalam salah satu isi paparannya, Celvia menekankan bahwa jika budidaya tanaman padi dilakukan dengan baik termasuk didalamnya dalam pemilihan varietas tahan, pemupukan yang tepat dosis, pengaturan jarak tanam, penggunaan pupuk organik, pengaturan pengairan dilakukan dengan tepat maka OPT tidak akan berkembang sehingga penggunaan pestisida bisa diminimalisir.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Bimtek ini. Karwita, salah satu petani di Desa Jatiwangi mengatakan kegiatan bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kerjasama antar petani dalam melakukan gropyokan atau pengendalian tikus secara bersama-sama. “Kami sangat mengharapkan adanya bantuan dan dukungan yang penuh untuk mengembangkan desa kami,” ujar Karwita. (DA, IH)

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
  • https://bbpadi.litbang.pertanian.go.id
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini5
Hari Kemarin53
Minggu ini279
Bulan ini5
Total Pengunjung4909356
Online saat ini
1

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi