Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Orasi Purnabakti Dua Profesor Riset BB Padi

Orasi Purnabakti Dua Profesor Riset BB Padi

29.09.2017
BBPadi
1215

Orasi Purnabakti Dua Profesor Riset BB Padi

29.09.2017
BBPadi
1215

Orasi purnabakti dua Profesor riset BB Padi sebagai wujud penghargaan kepada kedua Profesor yang tahun ini memasuki masa purnabakti. Kedua Profesor tersebut adalah Prof. Suwarno dari kelompok Peneliti Pemuliaan dan Prof. Sarlan Abdulrachman kelompok Peneliti Agronomi. (Kamis, 28/09/17)

Acara yang dilaksanakan tidak terlalu formal ini diikuti oleh karyawan/karyawati BB Padi dan sekaligus dilanjutkan dengan acara perpisahan.

Banyak sekali paparan dan pesan-pesan yang disampaikan oleh kedua Profesor tersebut untuk dijadikan contoh dan pedoman kerja untuk para peneliti generasi berikutnya. Seperti yang disampaikan Prof. Sarlan dalam orasinya menyampaikan pandangan umum, pengalaman dan arah kedepan (dalam perspekti riset dan tatakelola tanaman pangan).

Menurut Prof. Sarlan “40 tahun adalah periode waktu yang cukup lama bila dibayangkan tapi pada tahun 1977 terasa singkat dirasakan. Sebesar apapun nilai sebuah bilangan, bila dibagi dengan bilangan infinity (akhirat), menjadi sangat kecil dan nyaris nihil (dunia)”. 

Selanjutnya disambung dengan rekam jejak Prof. Suwarno melalui video singkat dan penyampaian orasi tentang pemuliaan padi untuk lahan suboptimal. Disela sela orasinya Prof. Suwarno menyampaikan bagaimana menjadi pemulia yang berhasil. Menurut Prof. Suwarno,  pemulia yang berhasil adalah pemulia yang menghasilkan varietas-varietas unggul yang yang banyak dimanfaatkan pengguna (petani), dengan tidak melupakan untuk selalu menulis publikasi. 

Terima kasih kepada kedua Profesor yang telah menyelesaikan tugas dengan penuh dedikasi untuk kemajuan BB Padi  dan kemajuan pertanian Indonesia. Banyak sekali  ilmu, beserta transfer teknologi yang disampaikan keduanya selama bertugas di BB Padi. Bimbingan selama menjadi guru dan rekan kerja di BB Padi. Selamat menikmati masa purnabakti bersama keluarga tercinta. Penghargaan yang setinggi-tingginya karena telah mengabdi selama menjadi peneliti BB Padi, semoga selalu sehat dan selalu dalam lindunganNya.

Bagikan Konten

Hashtag

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini31
Hari Kemarin45
Minggu ini31
Bulan ini823
Online saat ini
1

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi