Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Hari Tani Ke-60: Bupati Purwakarta Panen VUB Tarabas, Inpari IR Nutri Zinc, dan Pamelen

Hari Tani Ke-60: Bupati Purwakarta Panen VUB Tarabas, Inpari IR Nutri Zinc, dan Pamelen

24.09.2020
BBPadi Media
1524

Hari Tani Ke-60: Bupati Purwakarta Panen VUB Tarabas, Inpari IR Nutri Zinc, dan Pamelen

24.09.2020
BBPadi Media
1524

Perayaan Hari Tani di Purwakarta serasa istimewa kali ini. Pasalnya, Hari Tani diadakan dengan acara panen varietas padi khusus yg merupakan hasil perakitan varietas dari Badan Litbang Pertanian. Panen demplot dilakukan di lahan UPTD benih Dinas Pertanian di Kelurahan Nagri Kidul, Kabupaten Purwakarta seluas 3 hektar. Benih yang digunakan untuk demplot tersebut merupakan benih bantuan dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) sebagai UK dibawah Badan Litbang Pertanian yang menghasilkan dan mengembangkan teknologi tanaman padi modern yang memiliki scientific recognition dengan produktivitas dan efisien tinggi. Adapun varietas padi yg dipanen yaitu Tarabas, Inpari IR Nutri Zinc, dan Pamelen.

Acara panen dilakukan oleh Bupati Purwakarta (Ambu Anne Ratna Mustika) didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat (Ir. Dadang Hidayat) dan Kadis Pertanian Kab. Purwakarta (Ir. Agus Rahlan). Hadir sebagai narasumber dari pemulia BB Padi menjelaskan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh varietas Tarabas, Inpari IR Nutri Zinc dan Pamelen. 

Bupati Purwakarta menyampaikan bahwa pertanian adalah satu-satunya sektor ekonomi yang mampu tumbuh 12.6% pada masa pandemik Covid-19 sedangkan sektor lainnya mengalami minus. “Tiga varietas yg dipanen ini (Tarabas, Inpari IR Nutri Zinc, dan Pamelen) merupakan varietas unggul yang dapat menstimulus petani milenial untukk bergeliat, terutama varietas Tarabas yg merupakan padi Japonica. Dengan harga yang bagus dapat meningkatkan daya tarik petani milenial untuk meneruskan perjuangan petani yg sudah sepuh,” ujar Anne.

Purwakarta akan menjadi model pengembangan padi-padi beras khusus dimana petani milenial akan diberikan stimulus agar dapat menembus pasar kekinian seperti beras tipe Japonica. Untuk pengembangan padi Inpari IR Nutri Zinc, beliau akan menyinkronkan program bansos dari dinas sosial agar dapat menggunakan beras Nutri Zinc sebagai beras bantuan dengan tujuan meningkatkan kesehatan masyarakat prasejahtera.

Hari Tani ke 60 di Purwakarta mengusung Tema "Pertanian Andalan Ekonomi Nasional Ditengah Pandemik Covid-19". Selamat Hari Tani ke -60. Semoga petani semakin sejahtera. (WRR/MN)

Bagikan Konten

Hashtag

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
  • https://bbpadi.litbang.pertanian.go.id
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini10
Hari Kemarin73
Minggu ini83
Bulan ini1200
Total Pengunjung4912378
Online saat ini
1

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi