Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Balitbangtan Kembali Kukuhkan Empat Profesor Riset, Salah Satunya dari BB Padi

Balitbangtan Kembali Kukuhkan Empat Profesor Riset, Salah Satunya dari BB Padi

01.04.2021
BBPadi Media
439

Balitbangtan Kembali Kukuhkan Empat Profesor Riset, Salah Satunya dari BB Padi

01.04.2021
BBPadi Media
439

Kementerian Pertanian mengukuhkan empat Peneliti Ahli Utama Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian sebagai Profesor Riset ke 151, 152, 153, dan 154 lingkup Kementan di Auditorium Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), Bogor, Rabu (31/03/2021). 

Salah satu peneliti yang dikukuhkan dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi adalah  Dr. Ir. Satoto, MP.  dengan orasi bidang pemuliaan dan genetika tanaman yang berjudul Inovasi Teknologi Pengembangan Varietas Unggul Padi Hibrida untuk Meningkatkan Produktivitas Padi dan Mendukung Swasembada Beras Berkelanjutan.

Untuk meningkatkan produktivitas padi dan mendukung swasembada beras berkelanjutan, Prof. (Riset) Satoto menawarkan alternatif dengan memanfaatkan gejala heterosis melalui pengembangan padi hibrida unggul/varietas unggul hibrida (VUH). Dari berbagai penelitian varietas unggul hibrida, disimpulkan bahwa menanam VUH di beberapa lokasi yang potensial dapat meningkatkan produksi padi sekitar 1,6 juta ton gabah.  

“Diharapkan pengembangan dan peningkatan produktivitas dari VUH menjadi pilihan yang kuat untuk mendukung upaya swasembada beras berkelanjutan dan berkontribusi dalam peningkatan pendapatan petani baik petani budidaya PH maupun petani penangkar benih F1 hibrida,” ujar Satoto, yang memaparkan orasi berjudul ‘Inovasi Teknologi Pengembangan Varietas Unggul Padi Hibrida untuk Meningkatkan Produktivitas Padi dan Mendukung Swasembada Beras Berkelanjutan ini.

Peneliti bidang pemuliaan dan genetika tanaman ini juga menyebutkan terdapat 17 VUH telah dirilis oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dan 12 sudah dilisensi serta komersialisasi oleh sejumlah perusahaan benih swasta.

Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Balitbangtan Dr. Fadjry Djufry berharap agar keempat Profesor Riset yang baru dikukuhkan dapat berperan lebih aktif menjadi pembina dan motivator bagi para peneliti yang lebih muda, baik dalam bidang kepakaran, maupun pengembangan jati diri, integritas serta profesionalisme mereka.

Kepala Balitbangtan pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa Balitbangtan terus mendorong para peneliti di lingkupnya untuk maju dan tampil melakukan orasi. “Harapan saya usia 40 tahun sudah bisa maju untuk menjadi profesor riset,” ujar Fadjry.  Fadjry juga berharap ke depan ada terobosan yang bisa dilakukan sehingga semua tugas-tugas baik tugas tambahan maupun tugas utama sebagai peneliti dapat dikerjakan secara maksimal. (Shr/Tds)

Bagikan Konten

Hashtag

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
  • https://bbpadi.litbang.pertanian.go.id
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini5
Hari Kemarin53
Minggu ini279
Bulan ini5
Total Pengunjung4909356
Online saat ini
1

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi