BBPadi

ICRR

Indonesian Center for Rice Research

IAARD - Ministry of Agriculture

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
You are here:Beranda»Info & Berita»Berita»Di Kabupaten Majalengka, Dua belas Varietas Unggul Siap Panen

Di Kabupaten Majalengka, Dua belas Varietas Unggul Siap Panen

Wednesday, 23 June 2021
Written by BBPadi
708

Di Kabupaten Majalengka, Dua belas Varietas Unggul Siap Panen

Wednesday, 23 June 2021
Written by BBPadi
708

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) bersama Komisi IV DPR RI panen padi khusus varietas Pamera dilokasi demplot padi khusus/spesifik lokasi di Desa Jatiwangi, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka (23/6/2021).

Hadir dalam acara panen Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Dr. Yudi Sastro, anggota Komisi IV DPR RI Dr. H. Sutrisno, SE, MSi., anggota DPRD Kabupaten Majalengka, jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten, peneliti pendamping dan petani.

Demplot padi khusus/spesifik lokasi  seluas 10 ha ini, merupakan program percepatan hilirisasi varietas unggul baru padi khusus dan beberapa varietas unggul lainya.

Kementerian Pertanian melalui Balitbangtan terus berupaya mendekatkan dan menghadirkan inovasi teknologi padi khusus kepada petani/pengguna salah satunya berkolaborasi dengan Komisi IV DPR RI Dapil Majalengka. Hal ini ditegaskan oleh Yudi Satro saat panen padi Pamera di acara tasyakuran panen.

"Teknologi yang telah dihasilkan tidak akan berarti apa-apa jika tidak sampai ke pengguna. Nah Balitbangtan berkolaborasi dengan Komisi IV DPR-RI melakukan kegiatan demplot tujuannya agar teknologi cepat sampai dan bisa dinikmati pengguna khususnya petani" terangnya.

Dalam sambutannya Yudi pun meminta peran aktif petani karena menurutnya program ini dari sisi kebijakan perlu dukungan.

"Kami akan terus melakukan kegiatan serupa, dari aspek kebijakan perlu dukungan dari Komisi IV dan dari aspek pelaksaan perlu dukungan dari petani dan kelompok tani", tambahnya.

 

Hal senada juga disampaikan Sutrisno, Ia berpesan agar program ini untuk terus ditindaklanjut khusus kepada petani, karena pemerintah membuka ruang untuk memperbaiki kehidupan petani lebih baik lagi.

"Saya titipkan pesan saya kepada ibu dewan apa yang dilakukan oleh pemerintah mestinya dijadikan peluang, disambut baik karena tanggung jawab ada di daerahnya, belum tentu setiap saat ada program-program seperti ini. Ini kesempatan baik, harapannya semoga program ini bermanfaat buat kelompoknya dan kelompok-kelompok yang lainya.

Sebanyak 12 varietas padi yang ditanam dilokasi ini, yaitu  Pamera, Baroma, Inpari IR Nutrizinc, Inpari 23 Bantul, Inpari 24, Inpari 42, Inpari 43, Inpari 47, Inpari 48, Siliwangi, Inpari 32 dan Padjadjaran. Beberapa varietas umurnya bervariasi dan kondisi pertanaman saat ini sebagian besar telah  mencapai stadia masak dan siap panen. Kendala yang dihadapi selama musim tanam di Kecamatan Jatiwangi saat ini adalah serangan hama tikus, namun berkat penerapan teknologi TBS (trab barrier system), gropyokan dan emposan secara gotong royong hama tikus dapat dikendalikan dengan baik.

Sutrisno, merasa bangga  dengan penampilan pertanaman VUB BB Padi-Balitbangtan yang dalam budidayanya selalu dalam pendampingan intensif peneliti-peneliti BB Padi. (BB Padi Media)

Bagikan Konten

Tagged under

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
  • https://bbpadi.litbang.pertanian.go.id
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini43
Hari Kemarin67
Minggu ini183
Bulan ini1300
Total Pengunjung4912478
Online saat ini
1

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi