Selamat
Selamat datang,

  Export to PDF   Print
 

Profil Pengelolaan

Tim Pengelolaan Plasma Nutfah Padi di Balitpa

Pj. Plasma Nutfah : Dr. Priatna Sasmita
Pj. Kegiatan Karakterisasi Plasma Nutfah Padi : Dr. Untung Susanto
Pj. Kegiatan Rejuvenasi Plasma Nutfah Padi : Dr. Untung Susanto
PJ. Database Plasma Nutfah Padi   : Suharna, Amd
Pengelola Database Plasma Nutfah Padi  : Ir. Nani Yunani
Teknisi Pengelolaan Plasma Nutfah Padi  : Meru dan Lilis Murdiani

 

Pengelolaan Plasma Nutfah Padi Di Balai Penelitian Tanaman Padi

Pengelolaan plasma nutfah padi di Balai Penelitian Tanaman Padi melalui kegiatan Penelitian Karakterisasi Sifat Agronomis, Konservasi dan Pengelolaan Plasma Nutfah Padi. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh koleksi benih yang telah teridentifikasi sifat-sifat morfologis dan agronomis penting, dengan viabilitas benih yang baik agar dapat dimanfaatkan oleh pemulia untuk merakit varietas padi yang mempunyai hasil tinggi serta spesifik lokasi. Dari kegiatan tersebut telah dikarakterisasi 19 sifat kuantitatif dan 27 sifat kualitatif lebih dari 500 nomor p lasma nutfah padi. Plasma nutfah ini terdiri dari 66.5 % varietas lokal, 15 % varietas unggul, 13.7 % hasil introduksi dan 4.8 galur harapan.

Keragaman fenotipik dari sifat-sifat umur awal berbunga, tinggi tanaman, anakan produktif dan persentase jumlah gabah isi per rumpun termasuk sedang. Untuk sifat-sifat umur panen dan bobot 1000 butir keragaman fenotipiknya termasuk rendah, sedangkan untuk sifat-sifat jumlah gabah isi per malai dan jumlah gabah hampa per malai masing-masing keragaman fenotipiknya tinggi dan sangat tinggi. Keragaman sifat hasil (berat gabah isi per rumpun) dari plasma nutfah yang di tanam saat musim penghujan termasuk tinggi, sedangkan pada saat musim kemarau memberikan keragaman fenotipik sedang. Keragaman dari sifat malai dan daun menggambarkan sangat beragamnya panjang leher malai, namun panjang malai kurang beragam :  sedangkan untuk sifat daun dan daun bendera masing-masing memberikan keragaman cukup. Keragaman dari sifat-sifat batang dan akar. Diperoleh keragaman sangat tinggi dan dari sifat berat akar kering, keragaman tinggi dari sifat kekerasan batang dan keragaman sedang dari sifat jumlah ruas maupun pananjang ruas. Keragaman sedang juga diperoleh dari sifat-sifat diameter batang dan kekuatan akar, sedangkan keragaman panjang akar termasuk rendah. Berdasarkan keragaman sifat-sifat tersebut di atas maka pemilihan tanaman untuk bahan tetua berdasarkan sifat jumlah gabah isi per malai tinggi dengan tingkat kehampaan rendah, batang keras dan berat akar tinggi akan memberi peluang keberhasilan seleksi lebih baik dari pada berdasarkan sifat-sifat lainnya.

Koleksi yang memenuhi kriteris sifat-sifat tersebut umumnya berupa varietas lokal. Keberhasilan jumlah koleksi yang mempunyai diamter batang, kekuatan akar, bobot 1000 butir maupun panjang serta lebar daun lebih besar dari nilai rata-rata populasinya cukup banyak. Plasma nutfah di dominasi oleh koleksi-koleksi dengan sifat umur genjah (≤ 125 hss), tanaman tinggi (> 130 cm), anakan produktif sedang (11 – 15 anakan), daun panjang (>60 cm), lebar daun sedang (1.5 cm), panjang malai sedang (27 cm) dan panjang leher malai pendek (< 5 cm). Posisi daun bendera terkulai, daun bendera panjang (> 40 cm) dan lebar (> 1.5 cm), permukaan daun kasar, tipe malai kompak bentuk tanaman berserak juga dominan. Koleksi yang termasuk golongan cere mencapai 85.2 %. Dominasi warna hijau terdapat pada kaki, daun dan daun bendera saat panen, sedangkan warna putih dominan pada sifat-sifat lidah daun, telinga daun serta buku daun. Koleksi yang mempunyai anthosianin pada daun, telinga daun, lidah daun, buku daun dan batang berkisar dari 7 – 49 nomor (1.01 – 7.08 %) dari koleksi yang di tanam. Koleksi di dominasi oleh nomor-nomor yang peka terhadap BLB sedangkan yang tahan dan agak tahan masing-masing anya 2.9 % dan 8.7 %.Bentuk gabah panjang, warna gabah kuning jerami, warna beras putih serta rendemen beras sedang dominan untuk sifat-sifat kualitatif dati koleksi ini.

Selamat datang,