Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Tentang BBPadi»SDM»Peneliti»Dr. Ir. Buang Abdullah, MSc.

Dr. Ir. Buang Abdullah, MSc.

Dr. Ir. Buang Abdullah, MSc.

  • NIP
    080 050 921
  • Jabatan
    Peneliti Madya
  • Pendidikan
    S3
  • Bidang Penelitian
    Pemuliaan

Dr. Ir. Buang Abdullah MSc., mendapatkan gelar sarjana pertanian (Jurusan Ilmu Budidaya Tanaman) pada tahun 1986 dari Universitas Padjadjaran, Bandung. Penelitian tesis S1 berjudul Penampilan Fenotifik Beberapa Genotipe Galur Harapan Padi Sawah Umur Genjah (Oryza sativa L.) di Daerah Bogor, dibawah bimbingan Prof. Dr. Achmad Baehaki, MSc. Pendidikan S2 jurusan Ilmu Tanaman ditempuh di University of Missouri-Columbia, Amerika Serikat pada tahun dan lulus pada tahun 1994. Penelitian tesis S2 berjudul Tissue Culture of Three Diploid Lotus species: Callus Induction, Plant Regeneration, and Protoplast Isolation and Culture dibawah bimbingan Dr. Paul R. Beuselinck, Dr. Robert L.. McGraw dan Dr. James T. English. Pendidikan S3 (Dr./PhD.) diselesaikan pada tahun 2000 di bidang Genetika Tanaman diperoleh dari University of the Philippines di Los Banos (UPLB), Filipina. Penelitian dilakukan di IRRI, Los Banos dib dengan judul dsesertasi Introgression of Biotic Resistance Genes from Oryza minuta J.S. ex C.B. Presl. Into New Plant Type of Rice (O. sativa L.) di bawah bimbingan Prof. Dr. Azucena L. Carpena, Dr. Darshan S. Brar, Dr. Evelyyn Mae T. Mendoza, Dr. Jose E. Hernandez, and Dr. Merlyn S. Mendioro.

Yang bersangkutan bekerja di Lembaga Pusat Penelitian Pertanian (LP3) di Bogor sejak bulan Januari 1976, sebagai teknisi pemuliaan padi pada Seksi Hibridisasi/Perailangan di Sub Bagian Pemuliaan Padi Bagian Agronomi. Pada tahun 1987, yang bersangkutan ditugaskan sebagai peneliti di Sub Balai Penelitian Tanaman Pangan Pasar Miring, Deli Serdang, Sumatera Utara. Pada tahun 1990, yang bersangkutan bekerja sebagai peneliti pemuliaan di Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Plasma Nutfah Pertanian di Bogor, yang melakukan penelitian introgresi (pemasukan) gen dari padi liar ke dalam padi budidaya di Kelompok Bioteknologi. Sejak tahun 2001 dipindahkan ke Balai Besar Penelitian Tanaman Padi sebagai peneliti pemulia padi.

Jenjang fungsional Peneliti Madya diperoleh pada tahun 2005, sebagai pemulia padi. Tujuh varietas padi telah dihasilkan dan dilepas. Publikasi karya ilmiah dan hasil penelitian telah diterbitkan dalam bahasa Indonesia dan Inggris pada journal ilmiah, semi ilmiah, prosiding dan tabloid.

Penghargaan yang pernah diperoleh adalah: Prestasi Kerja dalam Mendukung Ketahanan Pangan pada tahun 2002 dari Menteri Pertanian; anggota penulis pemakalah terbaik dari Crop Science Society of the Philippines pada tahun 2002, dan Satya Lencana Karya Satya 20 tahun dari Presiden RI pada tahun 2005.

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini429
Hari Kemarin1606
Minggu ini2035
Bulan ini11844
Online saat ini
20

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi