Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Publikasi»Artikel Ilmiah»Increasing Genetic Diversityn Trough Participatory Varietal Selection of Upland Rice in Lampung

Increasing Genetic Diversityn Trough Participatory Varietal Selection of Upland Rice in Lampung

20.05.2015
BBPadi
2469

Increasing Genetic Diversityn Trough Participatory Varietal Selection of Upland Rice in Lampung

20.05.2015
BBPadi
2469
  • Penulis
    • Aris Hairmansis
    • B. Kustianto
    • E. Lubis
    • Suwarno

Rendahnya tingkat adopsi dan sempitnya keragaman genetik varietas unggul di lahan petani merupakan salah satu masalah utama dalam program pemuliaan padi gogo yang tersentralisasi. Seleksi varietas secara partisipatif (Participatory Varietal Selection=PVS) dirancang untuk memecahkan permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penampilan sejumlah galur harapan padi gogo dan mengetahui preferensi petani melalui pendekatan PVS dengan menggunakan metode Induk-Anak (Mother-Baby Trial).

Sebanyak 14 galur harapan padi gogo dievaluasi di kebun percobaan dan di lahan petani di Lampung sebagai percobaan Induk, dan tujuh galur harapan diuji di sepuluh lahan petani sebagai percobaan Anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua galur harapan mendapatkan respon disukai maupun tidak disukai oleh para petani. Hal ini mengindikasikan adanya keragaman preferensi petani terhadap galur-galur hasil pemuliaan. Introduksi galur-galur harapan yang beragam melalui PVS untuk menggantikan varietas lokal yang ada di petani diharapkan dapat mempercepat adopsi varietas unggul sekaligus memelihara keragaman genetik di lahan petani.

Loading...

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini17
Hari Kemarin1507
Minggu ini3999
Bulan ini19325
Total Pengunjung2518194
Online saat ini
8

© 2018. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi