Tupoksi

Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) adalah sasaran utama atau pekerjaan yang dibebankan kepada organisasi untuk dicapai dan dilakukan. Sebagian pihak menyebutnya sebagai tugas dan fungsi saja dan menyingkatnya menjadi tusi. Tupoksi merupakan satu kesatuan yang saling terkait antara tugas pokok dan fungsi.

 

Rincian Tugas Pekerjaan Unit Kerja Eselon IV Pada Balai Besar Penelitian Tanaman Padi


BAGIAN TATA USAHA

1. Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga

Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga mempunyai tugas melakukan urusan kepegawaian dan rumah tangga. Rincian tugas pekerjaan adalah

  1. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kerja dan anggaran subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan data dan informasi; 2) mengolah dan menganalisis data informasi; 3) menyusun kerangka acuan kegiatan, rencana anggaran biaya, dan rencana operasional kegiatan; 4) menyajikan rencana kerja dan anggaran.
  2. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kebutuhan pegawai yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja; 2) menyiapkan Data Nominatif Pegawai; 3) menyiapkan bahan penyusunan bezetting pegawai; 4) menyiapkan bahan analisis perkiraan kebutuhan pegawai; 5) menyajikan data kebutuhan pegawai; 6) mengusulkan data kebutuhan pegawai.
  3. Melakukan urusan mutasi pegawai, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan usulan mutasi kepegawaian yang meliputi pengangkatan pegawai baru, kenaikan pangkat, pemindahan, peninjauan kembali masa kerja, penyesuaian ijazah dan atau pencantuman gelar, pemberhentian dan pemensiunan pegawai; 2) menyiapkan bahan usulan pengangkatan, pemberhentian dan pengaktifan kembali dalam jabatan fungsional; 3) menyiapkan bahan usulan surat pernyataan menduduki jabatan; 4) menyiapkan bahan usulan surat pernyataan melaksanakan tugas; 5) memantau proses usulan mutasi kepegawaian.
  4. Melakukan penyiapan bahan pengembangan pegawai, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan penyusunan rencana pendidikan, pelatihan, ujian dinas; 2)  menyiapkan bahan usulan peserta pendidikan, pelatihan, serta ujian dinas; 3) menyiapkan bahan usulan pemberian izin belajar; 4) meonitor dan melaporkan perkembangan petugas secara belajar secara periodik.
  5. Melakukan urusan tata usaha kepegawaian, yang kegiatannya meliputi: 1) menghimpun, mengolah dan mendokumentasikan surat- surat dan berkas kepegawaian; 2) menghimpun, mendokumentasikan dan menyiapkan bahan sosialisasi peraturan perundang-undangan bidang kepegawaian; 3) menyiapkan bahan penyesuaian gaji pegawai termasuk kenaikan gaji berkala; 4) menyiapkan bahan usulan dan memantau pengurusan kartu Taspen, Askes, Karpeg, Karis dan Karsu; 5) menghimpun dan mengolah data kepegawaian serta perubahannya ke dalam Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) untuk keperluan pemutakhiran data dan sebagai output data pegawai untuk kenaikan pangkat dan pensiun.
  6. Melakukan urusan kesejahteraan pegawai, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan pemberian cuti pegawai, bantuan sosial, kesehatan serta perizinan yang berkaitan dengan kepegawaian; 2) menyiapkan bahan penyusunan rencana peningkatan kesejahteraan pegawai dan Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (BAPETARUM) serta memantau perkermbangan pelaksanaannya; 3) menyiapkan bahan status perubahan pegawai meliputi perkawinan, kelahiran, perceraian dan kematian;  4) menyiapkan bahan usulan penerima penghargaan atau tanda jasa; 5) menyiapkan bahan pelaksanaan peningkatan jiwa korsa pegawai dan/atau kegiatan Korpri lainnya; 6) melakukan urusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
  7. Menyiapkan bahan evaluasi kinerja pegawai, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan analisis dan evaluasi kinerja pegawai;  2) menyiapkan bahan penyusunan usulan promosi pegawai;  3)    menyiapkan bahan evaluasi Sasaran Kerja Pegawai (SKP);  4) menyiapkan bahan evaluasi daftar hadir pegawai; 5) menyusun Daftar Urut Kepangkatan (DUK), Nominatif;  6) menghimpun, mengolah dan menyajikan data kepegawaian dalam database Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG); 7) menyiapkan bahan bimbingan pelaksanaan disiplin pegawai; 8) menyiapkan bahan usulan pemberian sanksi pelanggaran disiplin pegawai dan penyelesaian kasus kepegawaian; 9) melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan disiplin pegawai.
  8. Melakukan penyiapan bahan pendayagunaan jabatan fungsional, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan data nominatif pejabat fungsional; 2) melakukan evaluasi data nominatif pejabat fungsional; 3) menyiapkan bahan penilaian angka kredit jabatan fungsional; 4) mengusulkan bahan penilaian angka kredit jabatan ke sekretariat tim penilai; 5) menyiapkan bahan usulan penyesuaian jabatan fungsional; 6) menyiapkan bahan usulan pembebasan sementara pengaktifan kembali bagi pejabat fungsional; 7) memantau usulan penerbitan keputusan pengangkatan jabatan, pembebasan sementara, pengaktifan kembali, dan pemberhentian jabatan fungsional; 8) menyiapkan surat peringatan bagi pejabat fungsional yang tidak dapat memenuhi angka kredit; 9) melakukan pemantauan perolehan angka kredit pejabat fungsional; 10) menyiapkan bahan evaluasi perolehan angka kredit pejabat fungsional; 11 menghimpun, mengolah, dan mendokumentasikan hasil penilaian angka kredit pejabat fungsional.
  9. Melakukan urusan rumah tangga, yang kegiatannya meliputi: 1) melakukan urusan pemeliharaan dan perbaikan barang inventaris milik/kekayaan negara; 2) melakukan pengaturan dan pemeliharaan gedung, ruangan kantor, peralatan kantor dan sarana lainya; 3) melakukan penyiapan rapat-rapat, penerimaan tamu dan penyelenggaraan upacara; 4) melakukan urusan ketertiban dan keamanan; 5) melakukan urusan kebersihan ruangan kantor, gedung, halaman kantor dan peralatan kantor lainya; 6) melakukan urusan perizinan pembayaran listrik, air, telepon, serta sarana komunikasi lainya; 7) melaksanakan pengelolaan barang habis pakai atau alat tulis kantor (ATK); 8)    menyiapkan bahan usulan dan memproses perjalanan pimpinan; 9) menyiapkan dan menfasilitasi pelayanan kesehatan.
  10. Melakukan penyiapan bahan pengaturan penggunaan dan pemeliharaan kendaraan dinas, serta surat kelengkapannya, yang kegiatannya meliputi: 1) melakukan pembagian tugas dan pekerjaan pengemudi terhadap kendaraan yang menjadi tanggung jawabnya; 2) melakukan pemeriksaan dan perbaikan kendaraan; 3) melakukan penyusunan rencana kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) untuk setiap bulan; 4) melakukan urusan pertanggung jawaban administrasi kendaraan.
  11. Melakukan urusan surat menyurat, yang kegiatannya meliputi: 1) mencatat, memberi nomor, kode klasifikasi, koreksi, dan mengirim surat; 2) menerima, menyortir, mencatat dan mengagendakan surat masuk serta mendistribusikan sesuai disposisi pimpinan; 3) melakukan pengiriman dan penerimaan berita kantor pos dan faximile; 4) melakukan urusan penggandaan surat, naskah dan dokumen dinas lainya; 5)  memantau tindak lanjut surat sesuai disposisi pimpinan.
  12. Melakukan urusan kearsipan, yang kegiatannya meliputi: 1) melakukan penyiapan bahan pengelolaan dan pengendalian kearsipan; 2) melakukan penyiapan bahan dan pengolahan database elektroniksasi arsip/dokumen; 3) melakukan pemberkasan, penyimpanan dan penataan arsip/dokumen; 4) melakukan pemeliharaan dan perawatan arsip/dokumen; 5) melakukan penilaian arsip/dokumen; 6) menyiapkan bahan usulan penyusutan arsip/dokumen; 7) menyiapkan bahan evaluasi pengelolaan kearsipan.
  13. Melakukan penyiapan bahan pengelolaan, pencetakan untuk keperluan dinas, yang kegiatannya meliput: 1) menghimpun bahan yang akan dicetak dari masing-masing bidang; 2) melakukan penyiapan, pendataan, pengajuan bahan pendukung dan bahan cetakan yang akan dikerjakan sesuai kebutuhan; 3) melakukan pencetakan sesuai prosedur; 4) menyerahkan hasil cetakan dilengkapi bukti tanda terima.
  14. Melakukan penyiapan bahan usulan penyusunan kelembagaan, ketatalaksanaan reformasi birokrasi, dan pengembangan pelaksanaan budaya kerja, yang kegiatannya meliputi: 1) Menyiapkan bahan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi; 2) menyiapkan bahan penyusunan tugas, fungsi dan rincian tugas pekerjaan Eselon IV; 3) menyiapkan bahan penyusunan dan evaluasi sistem dan prosedur kerja; 4) menyiapkan dan mengoordinasikan penyusunan Standar operasional Prosedur (SOP); 5) mengumpulkan usulan rancangan peraturan perundang- undangan dan perjanjian bidang penelitian; 6) menyiapkan bahan evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi; 7) menyiapkan bahan evaluasi dan pengembangan pelaksanaan budaya kerja aparatur yang kegiatannya antara lain penyusunan IPNBK.
  15. Melakukan manajemen mutu berstandar fasilitasi penerapan sistem kegiatannya internasional (ISO 9001:2008), yang kegiatannya meliputi: 1) Menyiapkan bahan pemantauan pelaksanaan sistem manajemen mutu; 2) Menyiapkan bahan pelaksanaan kaji ulang dokumen sistem mutu yang terdiri atas panduan mutu, prosedur, format dan dokumen pendukung, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, verifikasi, tindak lanjut, dan penyajian hasil kaji ulang dokumen sistem manajemen mutu; 3) Menyiapkan bahan pelaksanaan pengendalian dokumen sistem manajemen mutu; 4) Melakukan koordinasi pelaksaaan pelaksanaan audit internal dan kaji ulang manajemen meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan.
  16. Melakukan tugas kedinasan lain berdasarkan penugasan pimpinan baik lisan maupun tertulis.
  17. Melakukan penyusunan dan penyajian laporan kegiatan serta penyusunan pertanggungjawaban keuangan Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga.
  18. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen kegiatan Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga.

2. Subbagian Keuangan dan Perlengkapan

Subbagian Keuangan dan Perlengkapan mempunyai tugas melakukan urusan keuangan dan perlengkapan. Rincian tugas pekerjaan tersebut adalah:

  1. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kerja dan Keuangan dan Perlengkapan, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan data dan informasi; 2) mengolah dan menganalisis data dan informasi; 3) menyusun kerangka acuan kegiatan, rencana anggaran biaya, dan rencana operasional kegiatan; 4) menyajikan rencana kerja dan anggaran.
  2. Melakukan urusan perbendaharaan penatausahaan, dan verifikasi, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan bahan dan melakukan verifikasi dokumen persyaratan calon pengelola anggaran; 2) menyiapkan usulan calon pengelola anggaran; 3) meneliti memverifikasi kewajaran kebenaran, dan kelengkapan tagihan; 4) melakukan perhitungan tagihan, penatausahaan pembukuan, penerimaan, penyetoran dan melaporkan pajak; 5) menyiapkan bahan pencatatan pembukuan dan pengisian form untuk kepentingan registrasi penutupan kas; 6) melakukan rekonsiliasi antar petugas pembukuan; 7) menghimpun menggandakan dan mendistribusikan peraturan perundang-undangan bidang keuangan; 8) menyiapkan bahan bimbingan administrasi keuangan; 9) menyiapkan bahan pemantauan pelaksanaan pengelolaan anggaran; 10) menyiapkan bahan penyelesaian tuntutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi (TP-TGR).
  3. Melakukan urusan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang kegiatannya meliputi: 1) melakukan identifikasi, inventarisasi, intensifikasi, ekstensifikasi sumber-sumber PNBP potensial; 2) mengoordinasikan penyusunan dan pembahasan penetapan target dan penggunaan PNBP; 3) mengkoordinasikan, pengkajian, penyusunan, dan evaluasi peraturan tentang tarif PNBP; 4) menyiapkan bahan bimbingan dan evaluasi penggunaan PNBP; 5) mengumpulkan, mengolah data dan menyusun laporan PNBP; 6) mengumpulkan dan melaporkan data piutang negara.
  4. Menyiapkan bahan evaluasi dan tindak lanjut hasil pengawasan, yang kegiatannya meliputi: 1)  menyiapkan rencana tindak lanjut penyelesaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP); 2) menyiapkan koordinasi dan sinkronisasi tindak lanjut LHP; 3) menyiapkan bahan tindak lanjut penyelesaian LHP; 4) menyiapkan pemantauan dan evaluasi tindak lanjut penyelesaian LHP.
  5. Melakukan urusan penyiapan penerbitan Surat Perintah Membayar (SPM), yang kegiatannya meliputi: 1) melakukan penelitian dan pengujian dokumen Surat Permintaan Pembayaran (SPP) yang diterbitkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK); 2) menyiapkan bahan penerbitan Surat Perintah Membayar (SPM) dan menyampaikan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN); 3) memantau penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D).
  6. Melakukan penyiapan bahan penyusunan laporan keuangan yang kegiatannya meliputi: 1) memproses Arsip Data Komputer (ADK) dan penggabungan ADK(Persediaan, Simak BMN, dan SAK); 2) melakukan Rekonsiliasi Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dan Neraca dengan KPPN dan SIMAK BMN dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL); 3) melakukan rekonsiliasi internal antara SAK, SIMAK BMN, Pembukuaan Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran; 4) menyusun laporan bulanan, semester I dan semester II (tahunan); 5) menyusun Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK)
  7. Melakukan urusan gaji, tunjangan lembur dan uang makan.
  8. Melakukan urusan perencanaan dan pengadaan perlengkapan, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan analisis kebutuhan dan pengembangan sarana dan prasarana; 2) menyiapkan bahan rencana pengadaan sarana dan prasarana; 3) menyiapkan bahan penyusunan laporan rencana dan pelaksanaan pengadaan sarana dan prasarana; 4) menyiapkan bahan analisis pemanfaatan sarana dan prasarana.
  9. Melakukan urusan penatausahaan Barang Milik Negara (BMN) dan laporan kekayaan negara, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan penyusunan laporan pengelolaan BMN; 2) menyusun dokumentasi kepemilikan BMN; 3) menyiapkan bahan kajian reklasifikasi BMN; 4) menyiapkan bahan kajian usulan penetapan dan alih status BMN; 5) menyiapkan bahan kajian relokasi BMN; 6) melakukan pengawasan, pengendalian dan pengamanan BMN; 7) menyiapkan bahan klasifikasi/ penetapan Barang Milik Negara (BMN) sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan; 8) menyiapkan bahan penyusunan neraca kekayaan negara.
  10. Melakukan urusan penggunaan dan pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN), yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan usulan penggunaan dan pemanfaatan BMN; 2) menyiapkan bahan laporan tindak lanjut pemanfaatan BMN.
  11. Melakukan usulan penghapusan Barang Milik Negara (BMN) yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan usulan penghapusan BMN; 2) menyiapkan bahan pemantauan usulan penghapusasn BMN; 3) menyiapkan bahan laporan tindak lanjut penghapusan BMN.
  12. Melakukan tugas kedinasan lain berdasarkan penugasan pimpinan tugas lain berdasarkan penugasan baik lisan maupun tertulis.
  13. Melakukan penyusunan dan penyajian laporan kegiatan serta penyusunan dan pertanggungjawaban keuangan Subbagian Keuangan dan Perlengkapan.
  14. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen kegiatan Subbagian Keuangan dan Perlengkapan.

BIDANG PROGRAM DAN EVALUASI

1. Seksi Program

Seksi Program mempunyai tugas melakukan pengumpulan pengolahan, dan analisis data, serta penyiapan bahan penyusunan program, rencana kerja, dan anggaran penelitian tanaman padi. Rincian tugas pekerjaan tersebut adalah:

  1. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana keria dan anggaran Seksi Program, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan data dan informasi; 2) mengolah dan menganalisis data dan informasi; 3)    menyusun kerangka acuan kegiatan, rencana anggaran biaya, dan rencana operasional kegiatan; 4) menyajikan rencana kerja dan anggaran.
  2. Melakukan penyiapan bahan penyusunan program penelitian tanaman padi, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan bahan penyusunan program; 2) menyiapkan bahan pembahasan program; 3) menyiapkan bahan penyusunan prioritas program; 4) menyiapkan dan menyusun bahan rencana strategis; 5) menyiapkan bahan evaluasi program yang sedang berjalan.
  3. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kegiatan penelitian tanaman padi, yang kegiatannya meliputi: 1) Mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data serta mengumpulkan menyajikan bahan penyusunan rencana kegiatan; 2) menyiapkan bahan pembahasan rencana kegiatan; 3) menyiapkan bahan evaluasi rencana kegiatan yang sedang berjalan.
  4. Melakukan penyiapan bahan penyusunan anggaran penelitian tanaman padi, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan, mengolah, dan menyiapkan bahan penyusunan nota keuangan dan RAPBN; 2) mengumpulkan, mengolah, dan menyiapkan bahan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT); 3) mengumpulkan, mengolah, dan menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja Anggaran-Kementrian/Lembaga (RKA-KL); 4) menyusun data dukung RKA-KL; 5)    melakukan penyiapan bahan penelaahan RKA-KL dan memfasilitasi penyiapan bahan penyusunan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). 6) Menyiapkan dan mengusulkan bahan revisi DIPA/Petunjuk Operasional Kegiatan (POK).
  5. Melakukan perekaman data program dan anggaran melalu Sistem Informasi Manajemen yang kegiatannya meliputi: 1) menghimpun, mengolah, dan menyajikan data program dan anggaran; 2) menyiapkan bahan pembinaan pelaksanaan SIM program dan anggaran.
  6. Melakukan kegiatan kedinasan lain berdasarkan penugasan pimpinan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya.
  7. Melakukan penyusunan dan penyajian laporan kegitana serta penyusunan pertanggungjawaban keuangan Seksi Program
  8. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen kegiatan Seksi Program.

2. Seksi Evaluasi

Seksi Evaluasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi,  serta penyusunan laporan hasil penelitian tanaman padi. Rincian tugas pekerjaan tersebut adalah:

  1. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kerja dan anggaran Seksi Evaluasi, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan data dan informasi; 2) mengolah dan menganalisis data dan informasi; 3) menyusun kerangka acuan kegiatan, rencana anggaran biaya, dan rencana operasional kegiatan; 4) menyajikan rencana kerja dan anggaran.
  2. Melakukan penyiapan bahan pemantauan pelaksanaan program dan anggaran, yang kegitannya meliputi: 1) Mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data perkembangan pelaksanaan program dan anggaran; 2) mengidentifikasikan masalah dalam pelaksanaan program anggaran; 3)    menyajikan hasil pemantauan pelaksanaan program dan anggaran; 4) menyiapkan bahan penyusunan dan sosialisasi pedoman pemantauan evaluasi dan pelaporan program dan anggaran.
  3. Melakukan penyiapan bahan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan dan mengolah bahan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran; 2) menyiapkan bahan rekomendasi dan saran tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan program dan anggaran berbasis kinerja.
  4. Melakukan penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan, mengolah, dan menyusun laporan pelaksanaan program dan anggaran kegiatan; 2) menghimpun, mengolah dan menyajikan data hasil pemantauan dan evaluasi dalam Sistem Informasi Manajemen Monitoring dan Evaluasi (SIMONEV); 3) menyiapkan bahan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi (LAKIP); 4) mengumpulkan dan mengolah bahan rapat pimpinan, laporan bulanan, tengah tahun, dan tahunan; 5) menyiapkan bahan rapat pelaksaan program dan anggaran.
  5. Menyiapkan bahan evaluasi dan melakukan Sistem Pengendalian Internal (SPI), yang kegiatannya meliputi: 1) menyusun juklak SPI; 2) menyiapkan bahan evaluasi SPI; 3)    melakukan SPI secara berkala; 4) membuat laporan SPI secara berkala sebagai bahan masukan manajemen internal; 5) membuat rekomendasi/ saran untuk perbaikan manajemen internal satuan kerja.
  6. Menyiapkan bahan pengelolaan pengaduan masyarakat (Dumas).
  7. Melakukan kegiatan kedinasan lain berdasarkan penugasan pimpinan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya.
  8. Melakukan penyusunan dan penyajian laporan kegitana serta penyusunan pertanggungjawaban keuangan Seksi Evaluasi.
  9. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen kegiatan Seksi Evaluasi.

BIDANG KERJA SAMA DAN PENDAYAGUNAAN HASIL PENELITIAN

1. Seksi Kerja Sama Penelitian

Seksi Kerja Penelitian mempunyai tugas melakukan penyiapan kerja sama penelitian padi. Rincian tugas pekerjaan tersebut adalah:

  1. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kerja dan anggaran Seksi Kerja Sama Penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan data dan informasi; 2) mengolah dan menganalisis data dan informasi; 3) menyusun kerangka acuan kegiatan, rencana anggaran biaya, dan rencana operasional kegiatan; 4) menyajikan rencana kerja dan anggaran.
  2. Menyiapkan bahan rencana kerja sama penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) melakukan identifikasi dan inventarisasi mitra kerja sama dalam dan luar negeri; 2) menyiapkan bahan usulan kerja sama dalam dan luar negeri; 3) menyiapkan bahan naskah perianjian kerja sama dalam dan luar negeri; 4) menyiapkan bahan informasi dengan mitra kerja sama dalam dan luar negeri; 5) menyiapkan surat menyurat dan mengkomunikasikan dengan mitra kerja sama dalam dan luar negeri; 6) melakukan penyiapan kunjungan mitra kerja sama dalam dan luar negeri; 7) menyiapkan bahan pemantauan dan analisis pelaksanaan kerja sama dalam dan luar negeri.
  3. Melakukan penyiapan bahan evaluasi kerja sama penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan dan mengolah bahan evaluasi kera sama dalam dan luar negeri; 2) melakukan analisis dan atau kajian terhadap kelayakan kerja sama yang akan dilakukan dalam dan luar negeri; 3) menyajikan bahan evaluasi kerja sama dalam dan luar negeri.
  4. Melakukan penyusunan bahan rancangan perjanjian kerja sama penelitian, yang kegiatanya meliputi: 1)  menyiapkan, dan mengumpulkan bahan usulan rancangan perjanjian kerja sama; 2)  menyiapkan rancangan perjanjian kerja sama.
  5. Melakukan penyiapan bahan administrasi kerja sama penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan dokumen perjalanan dinas ke luar negeri; 2) menyiapkan administrasi tenaga ahli asing; 3) menyiapkan penyelenggaraan pertemuan kerja sama penelitian tingkat nasional dan internasional; 4) menyiapkan perizinan pemasukan dan/atau pengeluaran bahan atau materi penelitian.
  6. Melakukan fasilitasi pemantauan pelaksanaan sistem mutu laboratorium pengujian (ISO/IEC 17025:2008), yang kegiatanya meliputi: 1) menyiapkan bahan pemantauan pelaksanaan sistem mutu laboratorium pengujian; 2) menyiapkan bahan pelaksanaan kaji ulang dokumen sistem mutu laboratorium pengujian yang terdiri atas panduan mutu, prosedur, format dan dokumen pendukung, yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, verifikasi, tindak lanjut, dan penyajian hasil kaji ulang dokumen mutu laboratorium pengujian; 3) menyiapkan bahan pelaksanaan pengendalian dokumen laboratorium pengujian; 4) melakukan koordinasi pelaksa audit internal dan kaji ulang laboratorium perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan.
  7. Menyiapkan bahan pengurusan Hak atas kekayaan Intelektual (HaKI).
  8. Melakukan kegiatan kedinasan lain berdasarkan penugasan pimpinan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya.
  9. Melakukan penyusunan dan penyajian laporan kegitana serta penyusunan pertanggungjawaban keuangan Seksi Kerja Sama Penelitian.
  10. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen kegiatan Seksi Seksi Kerja Sama Penelitian.

2. Seksi Pendayagunaan Hasil Penelitian

Seksi Pendayagunaan Hasil Penelitian mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pengembangan sistem informasi, promosi, diseminasi, dokumentasi dan publikasi hasil penelitian tanaman padi. Rincian tugas pekerjaan tersebut adalah:

  1. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kerja dan anggaran Seksi Pendayagunaan Hasil Penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan data dan informasi; 2) mengolah dan menganalisis data dan informasi; 3) menyusun kerangka acuan kegiatan, rencana anggaran biaya, dan rencana operasional kegiatan; 4) menyajikan rencana kerja dan anggaran.
  2. Melakukan penyiapan bahan pengembangan sistem informasi, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan dan mengolah bahan informasi untuk mendukung promosi dan komunikasi hasil penelitian tanaman padi melalui media internet; 2) melakukan pemutakhiran informasi situs web; 3) menyiapkan bahan implementasi e-govemment.
  3. Melakukan penyiapan bahan promosi, diseminasi, dan urusan hubungan masyarakat, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan promosi, diseminasi, pameran dan penyajian data hasil penelitian tanaman padi; 2) menyiapkan bahan peragaan hasil penelitian tanaman padi; 3) menyiapkan bahan informasi hasil penelitian dalam rangka hubungan kerja dengan lembaga tinggi Negara, lembaga pemerintah, organisasi profesi/ asosiasi; 4) menyiapkan bahan untuk keperluan media massa meliputi penjelasan konferensi, kunjungan, wawancara, dengar pendapat, temu kehumasan dan liputan kegiatan penelitian tanaman padi; 5) membangun jejaring kerja sama dengan media massa; 6)    Menyiapkan bahan analisis pendapat umum kegiatan penelitian tanaman padi; 7) Mengelola informasi terkait dengan keterbukaan informasi publik.
  4. Melakukan urusan publikasi hasil penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan penelaahan tata cara pengolahan naskah dan perancangan penyajian hasil penelitian; 2) menyiapkan bahan publikasi hasil penelitian; 3) menyiapkan bahan pemantauan pelaksanaan kegiatan penyebaran publikasi hasil penelitian; 4) menyiapkan bahan pertukaran publikasi hasil penelitian dengan instansi terkait.
  5. Melakukan urusan perpustakaan dan dokumentasi hasil penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) Melakukan pengumpulan bahan informasi atau peneribitan tentang hasil penelitian; 2) melakukan perbaikan data dan informasi terbaru tentang penelitian; 3) melakukan pengolahan bahan pustaka dengan membuat katalog, indeks, abstrak, klasifikasi dan metode lain; 4) memberikan pelayanan informasi terhadap pengguna perpustakaan; 5) menyiapkan bahan dokumentasi hasil penelitian dalam bentuk softcopy dan hardcopy.
  6. Menyusun standar pelayanan publik lingkup Balai Besar Penelitian Tanaman Padi.
  7. Mengumpulkan dan mengolah data Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).
  8. Melakukan kegiatan kedinasan lain berdasarkan penugasan pimpinan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya.
  9. Melakukan penyusunan dan penyajian laporan kegitana serta penyusunan pertanggungjawaban keuangan Seksi Kerja Sama Penelitian.
  10. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen kegiatan Seksi Seksi Kerja Sama Penelitian.

Panduan Teknis

Jajar Legowo Super
Panduan Teknologi Budidaya Padi Tanam Benih Langsung (TABELA)
Panduan Teknologi Budidaya Padi SRI
Panduan Teknologi Budidaya Padi SALIBU

Buku

Deskripsi Varietas 2017
Laporan Tahunan 2015
Prosiding Padi 2016 Buku 2
Prosiding Padi 2016 Buku 1

Booklet, Leaflet, Poster

Seminar Nasional dan Gelar Teknologi Varietas Unggul Padi Terbaru
Varietas Padi Green Super Rice (GSR): Inpari 43 Agritan GSR
Varietas Padi Green Super Rice (GSR): Inpari 42 Agritan GSR
Sistem Bubu Perangkap Tikus TBS dan LTBS 2015

Jajak Pendapat

Dari 6 konten website BBPADI berikut ini, apa yang menjadi konten favorit anda?

Infografis

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Pengendalian Virus Kerdil
Fakta Tentang Wereng: Wereng Batang Coklat
Padi adalah Kehidupan
Segengam Malai Padi akan ku bawa dan tanam di tanah Papua
PENAS XV 2017 Aceh "Padi tumbuh subur dilahan suboptimal"

Kontak Informasi

Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

  • Alamat Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang 41256, Jawa Barat
  • Telepon (0260) 520157
  • Fax (0260) 520158

Sosial Media

Statistik Website

Hari ini5
Hari kemarin2473
Minggu ini2478
Bulan ini50658
Jumlah Pengunjung968651
Online sekarang
22

Hak Cipta © 2015. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Tupoksi

Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) adalah sasaran utama atau pekerjaan yang dibebankan kepada organisasi untuk dicapai dan dilakukan. Sebagian pihak menyebutnya sebagai tugas dan fungsi saja dan menyingkatnya menjadi tusi. Tupoksi merupakan satu kesatuan yang saling terkait antara tugas pokok dan fungsi.

 

Rincian Tugas Pekerjaan Unit Kerja Eselon IV Pada Balai Besar Penelitian Tanaman Padi


BAGIAN TATA USAHA

1. Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga

Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga mempunyai tugas melakukan urusan kepegawaian dan rumah tangga. Rincian tugas pekerjaan adalah

  1. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kerja dan anggaran subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan data dan informasi; 2) mengolah dan menganalisis data informasi; 3) menyusun kerangka acuan kegiatan, rencana anggaran biaya, dan rencana operasional kegiatan; 4) menyajikan rencana kerja dan anggaran.
  2. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kebutuhan pegawai yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja; 2) menyiapkan Data Nominatif Pegawai; 3) menyiapkan bahan penyusunan bezetting pegawai; 4) menyiapkan bahan analisis perkiraan kebutuhan pegawai; 5) menyajikan data kebutuhan pegawai; 6) mengusulkan data kebutuhan pegawai.
  3. Melakukan urusan mutasi pegawai, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan usulan mutasi kepegawaian yang meliputi pengangkatan pegawai baru, kenaikan pangkat, pemindahan, peninjauan kembali masa kerja, penyesuaian ijazah dan atau pencantuman gelar, pemberhentian dan pemensiunan pegawai; 2) menyiapkan bahan usulan pengangkatan, pemberhentian dan pengaktifan kembali dalam jabatan fungsional; 3) menyiapkan bahan usulan surat pernyataan menduduki jabatan; 4) menyiapkan bahan usulan surat pernyataan melaksanakan tugas; 5) memantau proses usulan mutasi kepegawaian.
  4. Melakukan penyiapan bahan pengembangan pegawai, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan penyusunan rencana pendidikan, pelatihan, ujian dinas; 2)  menyiapkan bahan usulan peserta pendidikan, pelatihan, serta ujian dinas; 3) menyiapkan bahan usulan pemberian izin belajar; 4) meonitor dan melaporkan perkembangan petugas secara belajar secara periodik.
  5. Melakukan urusan tata usaha kepegawaian, yang kegiatannya meliputi: 1) menghimpun, mengolah dan mendokumentasikan surat- surat dan berkas kepegawaian; 2) menghimpun, mendokumentasikan dan menyiapkan bahan sosialisasi peraturan perundang-undangan bidang kepegawaian; 3) menyiapkan bahan penyesuaian gaji pegawai termasuk kenaikan gaji berkala; 4) menyiapkan bahan usulan dan memantau pengurusan kartu Taspen, Askes, Karpeg, Karis dan Karsu; 5) menghimpun dan mengolah data kepegawaian serta perubahannya ke dalam Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) untuk keperluan pemutakhiran data dan sebagai output data pegawai untuk kenaikan pangkat dan pensiun.
  6. Melakukan urusan kesejahteraan pegawai, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan pemberian cuti pegawai, bantuan sosial, kesehatan serta perizinan yang berkaitan dengan kepegawaian; 2) menyiapkan bahan penyusunan rencana peningkatan kesejahteraan pegawai dan Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (BAPETARUM) serta memantau perkermbangan pelaksanaannya; 3) menyiapkan bahan status perubahan pegawai meliputi perkawinan, kelahiran, perceraian dan kematian;  4) menyiapkan bahan usulan penerima penghargaan atau tanda jasa; 5) menyiapkan bahan pelaksanaan peningkatan jiwa korsa pegawai dan/atau kegiatan Korpri lainnya; 6) melakukan urusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
  7. Menyiapkan bahan evaluasi kinerja pegawai, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan analisis dan evaluasi kinerja pegawai;  2) menyiapkan bahan penyusunan usulan promosi pegawai;  3)    menyiapkan bahan evaluasi Sasaran Kerja Pegawai (SKP);  4) menyiapkan bahan evaluasi daftar hadir pegawai; 5) menyusun Daftar Urut Kepangkatan (DUK), Nominatif;  6) menghimpun, mengolah dan menyajikan data kepegawaian dalam database Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG); 7) menyiapkan bahan bimbingan pelaksanaan disiplin pegawai; 8) menyiapkan bahan usulan pemberian sanksi pelanggaran disiplin pegawai dan penyelesaian kasus kepegawaian; 9) melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan disiplin pegawai.
  8. Melakukan penyiapan bahan pendayagunaan jabatan fungsional, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan data nominatif pejabat fungsional; 2) melakukan evaluasi data nominatif pejabat fungsional; 3) menyiapkan bahan penilaian angka kredit jabatan fungsional; 4) mengusulkan bahan penilaian angka kredit jabatan ke sekretariat tim penilai; 5) menyiapkan bahan usulan penyesuaian jabatan fungsional; 6) menyiapkan bahan usulan pembebasan sementara pengaktifan kembali bagi pejabat fungsional; 7) memantau usulan penerbitan keputusan pengangkatan jabatan, pembebasan sementara, pengaktifan kembali, dan pemberhentian jabatan fungsional; 8) menyiapkan surat peringatan bagi pejabat fungsional yang tidak dapat memenuhi angka kredit; 9) melakukan pemantauan perolehan angka kredit pejabat fungsional; 10) menyiapkan bahan evaluasi perolehan angka kredit pejabat fungsional; 11 menghimpun, mengolah, dan mendokumentasikan hasil penilaian angka kredit pejabat fungsional.
  9. Melakukan urusan rumah tangga, yang kegiatannya meliputi: 1) melakukan urusan pemeliharaan dan perbaikan barang inventaris milik/kekayaan negara; 2) melakukan pengaturan dan pemeliharaan gedung, ruangan kantor, peralatan kantor dan sarana lainya; 3) melakukan penyiapan rapat-rapat, penerimaan tamu dan penyelenggaraan upacara; 4) melakukan urusan ketertiban dan keamanan; 5) melakukan urusan kebersihan ruangan kantor, gedung, halaman kantor dan peralatan kantor lainya; 6) melakukan urusan perizinan pembayaran listrik, air, telepon, serta sarana komunikasi lainya; 7) melaksanakan pengelolaan barang habis pakai atau alat tulis kantor (ATK); 8)    menyiapkan bahan usulan dan memproses perjalanan pimpinan; 9) menyiapkan dan menfasilitasi pelayanan kesehatan.
  10. Melakukan penyiapan bahan pengaturan penggunaan dan pemeliharaan kendaraan dinas, serta surat kelengkapannya, yang kegiatannya meliputi: 1) melakukan pembagian tugas dan pekerjaan pengemudi terhadap kendaraan yang menjadi tanggung jawabnya; 2) melakukan pemeriksaan dan perbaikan kendaraan; 3) melakukan penyusunan rencana kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) untuk setiap bulan; 4) melakukan urusan pertanggung jawaban administrasi kendaraan.
  11. Melakukan urusan surat menyurat, yang kegiatannya meliputi: 1) mencatat, memberi nomor, kode klasifikasi, koreksi, dan mengirim surat; 2) menerima, menyortir, mencatat dan mengagendakan surat masuk serta mendistribusikan sesuai disposisi pimpinan; 3) melakukan pengiriman dan penerimaan berita kantor pos dan faximile; 4) melakukan urusan penggandaan surat, naskah dan dokumen dinas lainya; 5)  memantau tindak lanjut surat sesuai disposisi pimpinan.
  12. Melakukan urusan kearsipan, yang kegiatannya meliputi: 1) melakukan penyiapan bahan pengelolaan dan pengendalian kearsipan; 2) melakukan penyiapan bahan dan pengolahan database elektroniksasi arsip/dokumen; 3) melakukan pemberkasan, penyimpanan dan penataan arsip/dokumen; 4) melakukan pemeliharaan dan perawatan arsip/dokumen; 5) melakukan penilaian arsip/dokumen; 6) menyiapkan bahan usulan penyusutan arsip/dokumen; 7) menyiapkan bahan evaluasi pengelolaan kearsipan.
  13. Melakukan penyiapan bahan pengelolaan, pencetakan untuk keperluan dinas, yang kegiatannya meliput: 1) menghimpun bahan yang akan dicetak dari masing-masing bidang; 2) melakukan penyiapan, pendataan, pengajuan bahan pendukung dan bahan cetakan yang akan dikerjakan sesuai kebutuhan; 3) melakukan pencetakan sesuai prosedur; 4) menyerahkan hasil cetakan dilengkapi bukti tanda terima.
  14. Melakukan penyiapan bahan usulan penyusunan kelembagaan, ketatalaksanaan reformasi birokrasi, dan pengembangan pelaksanaan budaya kerja, yang kegiatannya meliputi: 1) Menyiapkan bahan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi; 2) menyiapkan bahan penyusunan tugas, fungsi dan rincian tugas pekerjaan Eselon IV; 3) menyiapkan bahan penyusunan dan evaluasi sistem dan prosedur kerja; 4) menyiapkan dan mengoordinasikan penyusunan Standar operasional Prosedur (SOP); 5) mengumpulkan usulan rancangan peraturan perundang- undangan dan perjanjian bidang penelitian; 6) menyiapkan bahan evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi; 7) menyiapkan bahan evaluasi dan pengembangan pelaksanaan budaya kerja aparatur yang kegiatannya antara lain penyusunan IPNBK.
  15. Melakukan manajemen mutu berstandar fasilitasi penerapan sistem kegiatannya internasional (ISO 9001:2008), yang kegiatannya meliputi: 1) Menyiapkan bahan pemantauan pelaksanaan sistem manajemen mutu; 2) Menyiapkan bahan pelaksanaan kaji ulang dokumen sistem mutu yang terdiri atas panduan mutu, prosedur, format dan dokumen pendukung, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, verifikasi, tindak lanjut, dan penyajian hasil kaji ulang dokumen sistem manajemen mutu; 3) Menyiapkan bahan pelaksanaan pengendalian dokumen sistem manajemen mutu; 4) Melakukan koordinasi pelaksaaan pelaksanaan audit internal dan kaji ulang manajemen meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan.
  16. Melakukan tugas kedinasan lain berdasarkan penugasan pimpinan baik lisan maupun tertulis.
  17. Melakukan penyusunan dan penyajian laporan kegiatan serta penyusunan pertanggungjawaban keuangan Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga.
  18. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen kegiatan Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga.

2. Subbagian Keuangan dan Perlengkapan

Subbagian Keuangan dan Perlengkapan mempunyai tugas melakukan urusan keuangan dan perlengkapan. Rincian tugas pekerjaan tersebut adalah:

  1. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kerja dan Keuangan dan Perlengkapan, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan data dan informasi; 2) mengolah dan menganalisis data dan informasi; 3) menyusun kerangka acuan kegiatan, rencana anggaran biaya, dan rencana operasional kegiatan; 4) menyajikan rencana kerja dan anggaran.
  2. Melakukan urusan perbendaharaan penatausahaan, dan verifikasi, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan bahan dan melakukan verifikasi dokumen persyaratan calon pengelola anggaran; 2) menyiapkan usulan calon pengelola anggaran; 3) meneliti memverifikasi kewajaran kebenaran, dan kelengkapan tagihan; 4) melakukan perhitungan tagihan, penatausahaan pembukuan, penerimaan, penyetoran dan melaporkan pajak; 5) menyiapkan bahan pencatatan pembukuan dan pengisian form untuk kepentingan registrasi penutupan kas; 6) melakukan rekonsiliasi antar petugas pembukuan; 7) menghimpun menggandakan dan mendistribusikan peraturan perundang-undangan bidang keuangan; 8) menyiapkan bahan bimbingan administrasi keuangan; 9) menyiapkan bahan pemantauan pelaksanaan pengelolaan anggaran; 10) menyiapkan bahan penyelesaian tuntutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi (TP-TGR).
  3. Melakukan urusan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang kegiatannya meliputi: 1) melakukan identifikasi, inventarisasi, intensifikasi, ekstensifikasi sumber-sumber PNBP potensial; 2) mengoordinasikan penyusunan dan pembahasan penetapan target dan penggunaan PNBP; 3) mengkoordinasikan, pengkajian, penyusunan, dan evaluasi peraturan tentang tarif PNBP; 4) menyiapkan bahan bimbingan dan evaluasi penggunaan PNBP; 5) mengumpulkan, mengolah data dan menyusun laporan PNBP; 6) mengumpulkan dan melaporkan data piutang negara.
  4. Menyiapkan bahan evaluasi dan tindak lanjut hasil pengawasan, yang kegiatannya meliputi: 1)  menyiapkan rencana tindak lanjut penyelesaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP); 2) menyiapkan koordinasi dan sinkronisasi tindak lanjut LHP; 3) menyiapkan bahan tindak lanjut penyelesaian LHP; 4) menyiapkan pemantauan dan evaluasi tindak lanjut penyelesaian LHP.
  5. Melakukan urusan penyiapan penerbitan Surat Perintah Membayar (SPM), yang kegiatannya meliputi: 1) melakukan penelitian dan pengujian dokumen Surat Permintaan Pembayaran (SPP) yang diterbitkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK); 2) menyiapkan bahan penerbitan Surat Perintah Membayar (SPM) dan menyampaikan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN); 3) memantau penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D).
  6. Melakukan penyiapan bahan penyusunan laporan keuangan yang kegiatannya meliputi: 1) memproses Arsip Data Komputer (ADK) dan penggabungan ADK(Persediaan, Simak BMN, dan SAK); 2) melakukan Rekonsiliasi Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dan Neraca dengan KPPN dan SIMAK BMN dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL); 3) melakukan rekonsiliasi internal antara SAK, SIMAK BMN, Pembukuaan Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran; 4) menyusun laporan bulanan, semester I dan semester II (tahunan); 5) menyusun Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK)
  7. Melakukan urusan gaji, tunjangan lembur dan uang makan.
  8. Melakukan urusan perencanaan dan pengadaan perlengkapan, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan analisis kebutuhan dan pengembangan sarana dan prasarana; 2) menyiapkan bahan rencana pengadaan sarana dan prasarana; 3) menyiapkan bahan penyusunan laporan rencana dan pelaksanaan pengadaan sarana dan prasarana; 4) menyiapkan bahan analisis pemanfaatan sarana dan prasarana.
  9. Melakukan urusan penatausahaan Barang Milik Negara (BMN) dan laporan kekayaan negara, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan penyusunan laporan pengelolaan BMN; 2) menyusun dokumentasi kepemilikan BMN; 3) menyiapkan bahan kajian reklasifikasi BMN; 4) menyiapkan bahan kajian usulan penetapan dan alih status BMN; 5) menyiapkan bahan kajian relokasi BMN; 6) melakukan pengawasan, pengendalian dan pengamanan BMN; 7) menyiapkan bahan klasifikasi/ penetapan Barang Milik Negara (BMN) sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan; 8) menyiapkan bahan penyusunan neraca kekayaan negara.
  10. Melakukan urusan penggunaan dan pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN), yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan usulan penggunaan dan pemanfaatan BMN; 2) menyiapkan bahan laporan tindak lanjut pemanfaatan BMN.
  11. Melakukan usulan penghapusan Barang Milik Negara (BMN) yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan usulan penghapusan BMN; 2) menyiapkan bahan pemantauan usulan penghapusasn BMN; 3) menyiapkan bahan laporan tindak lanjut penghapusan BMN.
  12. Melakukan tugas kedinasan lain berdasarkan penugasan pimpinan tugas lain berdasarkan penugasan baik lisan maupun tertulis.
  13. Melakukan penyusunan dan penyajian laporan kegiatan serta penyusunan dan pertanggungjawaban keuangan Subbagian Keuangan dan Perlengkapan.
  14. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen kegiatan Subbagian Keuangan dan Perlengkapan.

BIDANG PROGRAM DAN EVALUASI

1. Seksi Program

Seksi Program mempunyai tugas melakukan pengumpulan pengolahan, dan analisis data, serta penyiapan bahan penyusunan program, rencana kerja, dan anggaran penelitian tanaman padi. Rincian tugas pekerjaan tersebut adalah:

  1. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana keria dan anggaran Seksi Program, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan data dan informasi; 2) mengolah dan menganalisis data dan informasi; 3)    menyusun kerangka acuan kegiatan, rencana anggaran biaya, dan rencana operasional kegiatan; 4) menyajikan rencana kerja dan anggaran.
  2. Melakukan penyiapan bahan penyusunan program penelitian tanaman padi, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan bahan penyusunan program; 2) menyiapkan bahan pembahasan program; 3) menyiapkan bahan penyusunan prioritas program; 4) menyiapkan dan menyusun bahan rencana strategis; 5) menyiapkan bahan evaluasi program yang sedang berjalan.
  3. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kegiatan penelitian tanaman padi, yang kegiatannya meliputi: 1) Mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data serta mengumpulkan menyajikan bahan penyusunan rencana kegiatan; 2) menyiapkan bahan pembahasan rencana kegiatan; 3) menyiapkan bahan evaluasi rencana kegiatan yang sedang berjalan.
  4. Melakukan penyiapan bahan penyusunan anggaran penelitian tanaman padi, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan, mengolah, dan menyiapkan bahan penyusunan nota keuangan dan RAPBN; 2) mengumpulkan, mengolah, dan menyiapkan bahan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT); 3) mengumpulkan, mengolah, dan menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja Anggaran-Kementrian/Lembaga (RKA-KL); 4) menyusun data dukung RKA-KL; 5)    melakukan penyiapan bahan penelaahan RKA-KL dan memfasilitasi penyiapan bahan penyusunan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). 6) Menyiapkan dan mengusulkan bahan revisi DIPA/Petunjuk Operasional Kegiatan (POK).
  5. Melakukan perekaman data program dan anggaran melalu Sistem Informasi Manajemen yang kegiatannya meliputi: 1) menghimpun, mengolah, dan menyajikan data program dan anggaran; 2) menyiapkan bahan pembinaan pelaksanaan SIM program dan anggaran.
  6. Melakukan kegiatan kedinasan lain berdasarkan penugasan pimpinan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya.
  7. Melakukan penyusunan dan penyajian laporan kegitana serta penyusunan pertanggungjawaban keuangan Seksi Program
  8. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen kegiatan Seksi Program.

2. Seksi Evaluasi

Seksi Evaluasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi,  serta penyusunan laporan hasil penelitian tanaman padi. Rincian tugas pekerjaan tersebut adalah:

  1. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kerja dan anggaran Seksi Evaluasi, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan data dan informasi; 2) mengolah dan menganalisis data dan informasi; 3) menyusun kerangka acuan kegiatan, rencana anggaran biaya, dan rencana operasional kegiatan; 4) menyajikan rencana kerja dan anggaran.
  2. Melakukan penyiapan bahan pemantauan pelaksanaan program dan anggaran, yang kegitannya meliputi: 1) Mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data perkembangan pelaksanaan program dan anggaran; 2) mengidentifikasikan masalah dalam pelaksanaan program anggaran; 3)    menyajikan hasil pemantauan pelaksanaan program dan anggaran; 4) menyiapkan bahan penyusunan dan sosialisasi pedoman pemantauan evaluasi dan pelaporan program dan anggaran.
  3. Melakukan penyiapan bahan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan dan mengolah bahan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran; 2) menyiapkan bahan rekomendasi dan saran tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan program dan anggaran berbasis kinerja.
  4. Melakukan penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan, mengolah, dan menyusun laporan pelaksanaan program dan anggaran kegiatan; 2) menghimpun, mengolah dan menyajikan data hasil pemantauan dan evaluasi dalam Sistem Informasi Manajemen Monitoring dan Evaluasi (SIMONEV); 3) menyiapkan bahan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi (LAKIP); 4) mengumpulkan dan mengolah bahan rapat pimpinan, laporan bulanan, tengah tahun, dan tahunan; 5) menyiapkan bahan rapat pelaksaan program dan anggaran.
  5. Menyiapkan bahan evaluasi dan melakukan Sistem Pengendalian Internal (SPI), yang kegiatannya meliputi: 1) menyusun juklak SPI; 2) menyiapkan bahan evaluasi SPI; 3)    melakukan SPI secara berkala; 4) membuat laporan SPI secara berkala sebagai bahan masukan manajemen internal; 5) membuat rekomendasi/ saran untuk perbaikan manajemen internal satuan kerja.
  6. Menyiapkan bahan pengelolaan pengaduan masyarakat (Dumas).
  7. Melakukan kegiatan kedinasan lain berdasarkan penugasan pimpinan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya.
  8. Melakukan penyusunan dan penyajian laporan kegitana serta penyusunan pertanggungjawaban keuangan Seksi Evaluasi.
  9. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen kegiatan Seksi Evaluasi.

BIDANG KERJA SAMA DAN PENDAYAGUNAAN HASIL PENELITIAN

1. Seksi Kerja Sama Penelitian

Seksi Kerja Penelitian mempunyai tugas melakukan penyiapan kerja sama penelitian padi. Rincian tugas pekerjaan tersebut adalah:

  1. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kerja dan anggaran Seksi Kerja Sama Penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan data dan informasi; 2) mengolah dan menganalisis data dan informasi; 3) menyusun kerangka acuan kegiatan, rencana anggaran biaya, dan rencana operasional kegiatan; 4) menyajikan rencana kerja dan anggaran.
  2. Menyiapkan bahan rencana kerja sama penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) melakukan identifikasi dan inventarisasi mitra kerja sama dalam dan luar negeri; 2) menyiapkan bahan usulan kerja sama dalam dan luar negeri; 3) menyiapkan bahan naskah perianjian kerja sama dalam dan luar negeri; 4) menyiapkan bahan informasi dengan mitra kerja sama dalam dan luar negeri; 5) menyiapkan surat menyurat dan mengkomunikasikan dengan mitra kerja sama dalam dan luar negeri; 6) melakukan penyiapan kunjungan mitra kerja sama dalam dan luar negeri; 7) menyiapkan bahan pemantauan dan analisis pelaksanaan kerja sama dalam dan luar negeri.
  3. Melakukan penyiapan bahan evaluasi kerja sama penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan dan mengolah bahan evaluasi kera sama dalam dan luar negeri; 2) melakukan analisis dan atau kajian terhadap kelayakan kerja sama yang akan dilakukan dalam dan luar negeri; 3) menyajikan bahan evaluasi kerja sama dalam dan luar negeri.
  4. Melakukan penyusunan bahan rancangan perjanjian kerja sama penelitian, yang kegiatanya meliputi: 1)  menyiapkan, dan mengumpulkan bahan usulan rancangan perjanjian kerja sama; 2)  menyiapkan rancangan perjanjian kerja sama.
  5. Melakukan penyiapan bahan administrasi kerja sama penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan dokumen perjalanan dinas ke luar negeri; 2) menyiapkan administrasi tenaga ahli asing; 3) menyiapkan penyelenggaraan pertemuan kerja sama penelitian tingkat nasional dan internasional; 4) menyiapkan perizinan pemasukan dan/atau pengeluaran bahan atau materi penelitian.
  6. Melakukan fasilitasi pemantauan pelaksanaan sistem mutu laboratorium pengujian (ISO/IEC 17025:2008), yang kegiatanya meliputi: 1) menyiapkan bahan pemantauan pelaksanaan sistem mutu laboratorium pengujian; 2) menyiapkan bahan pelaksanaan kaji ulang dokumen sistem mutu laboratorium pengujian yang terdiri atas panduan mutu, prosedur, format dan dokumen pendukung, yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, verifikasi, tindak lanjut, dan penyajian hasil kaji ulang dokumen mutu laboratorium pengujian; 3) menyiapkan bahan pelaksanaan pengendalian dokumen laboratorium pengujian; 4) melakukan koordinasi pelaksa audit internal dan kaji ulang laboratorium perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan.
  7. Menyiapkan bahan pengurusan Hak atas kekayaan Intelektual (HaKI).
  8. Melakukan kegiatan kedinasan lain berdasarkan penugasan pimpinan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya.
  9. Melakukan penyusunan dan penyajian laporan kegitana serta penyusunan pertanggungjawaban keuangan Seksi Kerja Sama Penelitian.
  10. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen kegiatan Seksi Seksi Kerja Sama Penelitian.

2. Seksi Pendayagunaan Hasil Penelitian

Seksi Pendayagunaan Hasil Penelitian mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pengembangan sistem informasi, promosi, diseminasi, dokumentasi dan publikasi hasil penelitian tanaman padi. Rincian tugas pekerjaan tersebut adalah:

  1. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kerja dan anggaran Seksi Pendayagunaan Hasil Penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) mengumpulkan data dan informasi; 2) mengolah dan menganalisis data dan informasi; 3) menyusun kerangka acuan kegiatan, rencana anggaran biaya, dan rencana operasional kegiatan; 4) menyajikan rencana kerja dan anggaran.
  2. Melakukan penyiapan bahan pengembangan sistem informasi, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan dan mengolah bahan informasi untuk mendukung promosi dan komunikasi hasil penelitian tanaman padi melalui media internet; 2) melakukan pemutakhiran informasi situs web; 3) menyiapkan bahan implementasi e-govemment.
  3. Melakukan penyiapan bahan promosi, diseminasi, dan urusan hubungan masyarakat, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan promosi, diseminasi, pameran dan penyajian data hasil penelitian tanaman padi; 2) menyiapkan bahan peragaan hasil penelitian tanaman padi; 3) menyiapkan bahan informasi hasil penelitian dalam rangka hubungan kerja dengan lembaga tinggi Negara, lembaga pemerintah, organisasi profesi/ asosiasi; 4) menyiapkan bahan untuk keperluan media massa meliputi penjelasan konferensi, kunjungan, wawancara, dengar pendapat, temu kehumasan dan liputan kegiatan penelitian tanaman padi; 5) membangun jejaring kerja sama dengan media massa; 6)    Menyiapkan bahan analisis pendapat umum kegiatan penelitian tanaman padi; 7) Mengelola informasi terkait dengan keterbukaan informasi publik.
  4. Melakukan urusan publikasi hasil penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) menyiapkan bahan penelaahan tata cara pengolahan naskah dan perancangan penyajian hasil penelitian; 2) menyiapkan bahan publikasi hasil penelitian; 3) menyiapkan bahan pemantauan pelaksanaan kegiatan penyebaran publikasi hasil penelitian; 4) menyiapkan bahan pertukaran publikasi hasil penelitian dengan instansi terkait.
  5. Melakukan urusan perpustakaan dan dokumentasi hasil penelitian, yang kegiatannya meliputi: 1) Melakukan pengumpulan bahan informasi atau peneribitan tentang hasil penelitian; 2) melakukan perbaikan data dan informasi terbaru tentang penelitian; 3) melakukan pengolahan bahan pustaka dengan membuat katalog, indeks, abstrak, klasifikasi dan metode lain; 4) memberikan pelayanan informasi terhadap pengguna perpustakaan; 5) menyiapkan bahan dokumentasi hasil penelitian dalam bentuk softcopy dan hardcopy.
  6. Menyusun standar pelayanan publik lingkup Balai Besar Penelitian Tanaman Padi.
  7. Mengumpulkan dan mengolah data Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).
  8. Melakukan kegiatan kedinasan lain berdasarkan penugasan pimpinan baik lisan maupun tertulis sesuai bidang tugasnya.
  9. Melakukan penyusunan dan penyajian laporan kegitana serta penyusunan pertanggungjawaban keuangan Seksi Kerja Sama Penelitian.
  10. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen kegiatan Seksi Seksi Kerja Sama Penelitian.

Galeri Video

Kontak Informasi

Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

  • Alamat Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang 41256, Jawa Barat
  • Telepon (0260) 520157
  • Fax (0260) 520158

Hak Cipta © 2015. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi