SDM

SDM (47)

 

Senin, 07 Maret 2016 11:06

Dr. Ir. Ridwan Rachmat, MAgr.

Ditulis oleh
Selasa, 14 April 2015 08:12

Dr. Dody Dwi Handoko

Ditulis oleh

 

 
Selasa, 14 April 2015 08:11

Buang Abdullah, Dr. Ir. MSc.

Ditulis oleh

 

Dr. Ir. Buang Abdullah MSc., mendapatkan gelar sarjana pertanian (Jurusan Ilmu Budidaya Tanaman) pada tahun 1986 dari Universitas Padjadjaran, Bandung. Penelitian tesis S1 berjudul Penampilan Fenotifik Beberapa Genotipe Galur Harapan Padi Sawah Umur Genjah (Oryza sativa L.) di Daerah Bogor, dibawah bimbingan Prof. Dr. Achmad Baehaki, MSc. Pendidikan S2 jurusan Ilmu Tanaman ditempuh di University of Missouri-Columbia, Amerika Serikat pada tahun dan lulus pada tahun 1994. Penelitian tesis S2 berjudul Tissue Culture of Three Diploid Lotus species: Callus Induction, Plant Regeneration, and Protoplast Isolation and Culture dibawah bimbingan Dr. Paul R. Beuselinck, Dr. Robert L.. McGraw dan Dr. James T. English. Pendidikan S3 (Dr./PhD.) diselesaikan pada tahun 2000 di bidang Genetika Tanaman diperoleh dari University of the Philippines di Los Banos (UPLB), Filipina. Penelitian dilakukan di IRRI, Los Banos dib dengan judul dsesertasi Introgression of Biotic Resistance Genes from Oryza minuta J.S. ex C.B. Presl. Into New Plant Type of Rice (O. sativa L.) di bawah bimbingan Prof. Dr. Azucena L. Carpena, Dr. Darshan S. Brar, Dr. Evelyyn Mae T. Mendoza, Dr. Jose E. Hernandez, and Dr. Merlyn S. Mendioro.

Yang bersangkutan bekerja di Lembaga Pusat Penelitian Pertanian (LP3) di Bogor sejak bulan Januari 1976, sebagai teknisi pemuliaan padi pada Seksi Hibridisasi/Perailangan di Sub Bagian Pemuliaan Padi Bagian Agronomi. Pada tahun 1987, yang bersangkutan ditugaskan sebagai peneliti di Sub Balai Penelitian Tanaman Pangan Pasar Miring, Deli Serdang, Sumatera Utara. Pada tahun 1990, yang bersangkutan bekerja sebagai peneliti pemuliaan di Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Plasma Nutfah Pertanian di Bogor, yang melakukan penelitian introgresi (pemasukan) gen dari padi liar ke dalam padi budidaya di Kelompok Bioteknologi. Sejak tahun 2001 dipindahkan ke Balai Besar Penelitian Tanaman Padi sebagai peneliti pemulia padi.

Jenjang fungsional Peneliti Madya diperoleh pada tahun 2005, sebagai pemulia padi. Tujuh varietas padi telah dihasilkan dan dilepas. Publikasi karya ilmiah dan hasil penelitian telah diterbitkan dalam bahasa Indonesia dan Inggris pada journal ilmiah, semi ilmiah, prosiding dan tabloid.

Penghargaan yang pernah diperoleh adalah: Prestasi Kerja dalam Mendukung Ketahanan Pangan pada tahun 2002 dari Menteri Pertanian; anggota penulis pemakalah terbaik dari Crop Science Society of the Philippines pada tahun 2002, dan Satya Lencana Karya Satya 20 tahun dari Presiden RI pada tahun 2005.

 
 
Selasa, 14 April 2015 08:10

Erwina Lubis, Ir.

Ditulis oleh

Dari tahun 1984-sekarang yang bersangkutan menangani pemuliaan padi gogo dan telah melepas beberapa varietas padi gogo diantaranya Way Rarem, Batutugi, Danau Gaung dan Limboto.

Dari tahun 2001-sekarang mengangani pemuliaan padi hibrida, khususnya untuk perbaikan galur mandul jantan.

Piagam penghargaan sebagai peneliti berprestasi Badan Litbang Pertanian telah diterima pada tahun 1999.

 
 
Selasa, 14 April 2015 08:10

Indrastuti Apri Rumanti, Dr

Ditulis oleh

Indrastuti Apri Rumanti, SP lahir di Purwokerto Jawa Tengah pada tanggal 27 April 1977. Gelar Sarjana Pertanian diperoleh pada tahun 1999 dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto bidang studi pemuliaan tanaman dengan skripsi berjudul ‘Pola pewarisan sifat ukuran dan bentuk biji pada padi sawah (Oryza sativa L.)’, di bawah bimbingan Ir. Totok ADH, MP, PhD. Saat ini sedang menempuh pendidikan S3 di Institut Pertanian Bogor pada mayor pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman. Yang bersangkutan sedang menyelesaikan disertasi berjudul ‘Pengembangan galur mandul jantan dengan tiga sumber sitoplasma dan pemanfaatannya untuk perakitan padi hibrida’, di bawah promotor Prof. Dr. Ir. Bambang Sapta Purwoko, MSc.

Pendidikan Luar Negeri yang pernah ditempuh antara lain (1) Plant Variety Protection di Wageningen, Belanda dan (2) International Training Course of Hybrid Rice Technology di International Exchange Center, Hunan China.

Sejak tahun 2000 hingga saat ini, yang bersangkutan menjadi salah satu staf peneliti untuk pemuliaan padi hibrida. Jenjang fungsional dimulai pada tahun 2006 sebagai peneliti pertama pada bidang pemuliaan tanaman. Publikasi karya ilmiah dan hasil penelitian diterbitkan dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris pada jurnal ilmiah, semi ilmiah dan prosiding nasional maupun internasional. Bersama Tim peneliti padi hibrida telah menghasilkan sembilan galur mandul jantan hasil program back cross yang telah dilakukan sejak 2001 dan kurang lebih 400 restorer asli indonesia. Selain itu juga telah melepas 6 varietas unggul padi hibrida.

 
 
Selasa, 14 April 2015 08:09

Dr. Nafisah, MSc

Ditulis oleh

Nafisah, MSc mendapatkan gelar sarjana pertanian bidang studi pemuliaan tanaman pada tahun 1997 dari Universitas Gadjah Mada. Penelitian thesis S1 berjudul “Karakterisasi sifat-sifat morfologi salak Pondoh” di bawah bimbingan Dr. Nasrullah.

Pendidikan S2 ditempuh di University of the Philippines pada tahun 2005. Penelitan Thesis S2 berjudul “ Morphological and Molecular Characterization of Monosomic Allien Addition Lines in rice (Oryza sativa)” di bawah bimbingan Dr. D.S Brar. Yang bersangkutan memasuki dunia kerja sebagai peneliti pada tahun 2000 di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi dibawah supervisi Dr. Aan A. Daradjat.

Pada saat ini yang bersangkutan masih menduduki jabatan peneliti pertama pada jenjang fungsional. Pada tahun 2007, Perakitan varietas padi toleran lahan salin mulai menjadi fokus bidang kerjanya. Selain itu yang bersangkutan juga menjadi koordinator INGER (International Network and Genetic Evaluation of Rice). “Skrining padi toleran suhu rendah dan kekeringan” merupakan bidang penelitian lain yang ditekuni.

 
 
Selasa, 14 April 2015 08:08

Dr. Nur Aini Herawati, S.Si. MSc.

Ditulis oleh

Gelar sarjana sains diperoleh dari Fakultas Biologi (Jurusan Zoologi) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada bulan November 1996. Setelah 6 tahun bekerja di BB Padi, yang bersangkutan memperoleh beasiswa AusAID dari Australian Government untuk melanjutkan pendidikan S2 di Australian National University (ANU), Canberra – Australia. Penelitian tesis S2 berjudul “The dynamics of Escherischia coli in the mammalian gut” di bawah bimbingan Prof. Dr. David M. Gordon. Fokus dari penelitian tesis ini adalah kompetisi intra-spesifik Escherischia coli dalam sistem pencernaan tikus laboratorium (Rattus norvegicus) dan mekanisme fisiologis sistem pencernaan tikus yang lebih mengandalkan pada keberadaan caecum sebagai organ fermentasi.

Setelah memperoleh gelar Master, yang bersangkutan kembali aktif sebagai staf peneliti di laboratorium tikus BB Padi. Setahun kemudian diusulkan menjadi Kepala Seksi Kerjasama Penelitian BB Padi. Jenjang fungsional Peneliti Muda diperoleh tahun 2008 yang memfokuskan pada bidang hama tikus. Selang beberapa bulan kemudian yang bersangkutan memperoleh tugas belajar untuk melanjutkan pendidikan S3 di Program Studi Biologi, Pasca Sarjana Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada. Terhitung sejak September 2008 hingga saat ini yang bersangkutan sedang menempuh pendidikan S3nya. Sejumlah karya ilmiah dalam bidang hama tikus telah dipublikasikan dalam bentuk jurnal ilmiah lokal dan internasional.

 
 
Selasa, 14 April 2015 08:05

Triny Surjani Kadir. Dra.

Ditulis oleh

Pendidikan terakhir ditempuh di FMIPA UNPAD jurusan Biologi dan sebelumnya menamatkan SLTA di SMA Negeri 5 Bandung tahun 1973. Yang bersangkutan menjadi PNS di BB Padi pada tahun 1981 pada Kelompok peneliti Entomologi dan Fitopatologi. Disamping sebagai peneliti, tahun 1997 merangkap sebagai pejabat struktural yaitu kepala seksi laboratorium. Pada tahun 1997 yang bersangkutan mengikuti Diklat ADUM di BLPP Lembang. Sebagai peneliti di bidang penyakit, pada tahun 1984 mendapat kesempatan training wheat improvement di CIMMYT-Meksiko selama satu musim tanam terigu.

Training dan seminar yang pernah diikuti di luar negeri antara lain: Seed healt testing di IRRI-Philippina (1990), ARBN phase 1 follow up training course (focus on molecular genetics of diseases resistance and marker (1994), Training workshop on ecological research methods in rice pest management (China, 2001), International bacterial leaf blight conference (Japan, 2001). Sedangkan seminar yang pernah diikuti antara lain: International rice conference (Malaysia), International microbe conference (India, 2006). Penelitian yang pernah dilaksanakannya antara lain: skrining ketahanan galur-galur padi terhadap penyakit Hawar Daun Bakteri, Grain discoloration.

 
 
Selasa, 14 April 2015 08:02

Santoso, SP, MSi

Ditulis oleh
Selasa, 14 April 2015 08:01

Ir. Sudir

Ditulis oleh

Ir. Sudir, mendapatkan gelar sarjana pertanian jurusan Ilmu Hama Tumbuhan pada bulan Desember tahun 1981 dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Setelah memperoleh gelar sarjana pertanian, yang bersangkutan bekerja di perkebunan tebu dan pabrik Gula PT. Gungung Madu Palntation Lampung mulai April 1982 sampai Oktober 1983. Mulai bulan November tahun 1984 sampai Oktober 1988 bekerja di PT. Pemzindo, sebuah perusahan yang memproduksi pestisida pertanian. Sejak November 1988 sampai April 1989 bekerja sebagai tenaga honorer di Balai Penelitian Tanaman Pangan Sukamandi. Terhitung mulai tanggal 03 Maret 1989 diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di Balai Penelitian Tanaman Pangan Sukamandi. Terhitung mulai tanggal 01 Agustus 1990 diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil di Balai Penelitian Tanaman Pangan Sukamandi. Hingga sekarang bekerja sebagai peneliti penyakit tanaman pada Balai Penelitian Tanaman Padi.

Jabatan Fungisional Asisten Peneliti Madya diperoleh pada bulan April 1993. Terhitung mulai tanggal 01 Januari 2003 yang bersangkutan memperoleh Jabatan Fungsional Peneliti Muda bidang Penyakit Tanaman di Balai Penelitian Tanaman Padi. Sebanyak 47 Karya tulis ilmiah baik dari hasil penelitian maupun ulasan telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah, proseding, dan surat kabar baik sebagai penulis utama maupun co-author. Menjadi anggota Perhimpunan Fitopatologi Indonesia.

Halaman 1 dari 4

Panduan Teknis

Jajar Legowo Super
Panduan Teknologi Budidaya Padi Tanam Benih Langsung (TABELA)
Panduan Teknologi Budidaya Padi SRI
Panduan Teknologi Budidaya Padi SALIBU

Buku

Laporan Tahunan 2015
Prosiding Padi 2016 Buku 2
Prosiding Padi 2016 Buku 1
Laporan Tahunan 2014

Booklet, Leaflet, Poster

Sistem Bubu Perangkap Tikus TBS dan LTBS 2015
Pengendalian Hama Tikus Terpadu (PHTT) 2015
Poster Inpari 13
Poster Inpari 10

Jajak Pendapat

Dari 6 konten website BBPADI berikut ini, apa yang menjadi konten favorit anda?

Infografis

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Fakta Tentang Wereng: Wereng Batang Coklat
Padi adalah Kehidupan
Segengam Malai Padi akan ku bawa dan tanam di tanah Papua
PENAS XV 2017 Aceh "Padi tumbuh subur dilahan suboptimal"
Malai dan Bulir akan membentuk pola makan dan budaya seluruh umat manusia

Kontak Informasi

Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

  • Alamat Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang 41256, Jawa Barat
  • Telepon (0260) 520157
  • Fax (0260) 520158

Sosial Media

Statistik Website

Hari ini1451
Hari kemarin1490
Minggu ini1451
Bulan ini32073
Jumlah Pengunjung812833
Online sekarang
34

Hak Cipta © 2015. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

SDM

SDM (47)

 

Senin, 07 Maret 2016 11:06

Dr. Ir. Ridwan Rachmat, MAgr.

Ditulis oleh
Selasa, 14 April 2015 08:12

Dr. Dody Dwi Handoko

Ditulis oleh

 

 
Selasa, 14 April 2015 08:11

Buang Abdullah, Dr. Ir. MSc.

Ditulis oleh

 

Dr. Ir. Buang Abdullah MSc., mendapatkan gelar sarjana pertanian (Jurusan Ilmu Budidaya Tanaman) pada tahun 1986 dari Universitas Padjadjaran, Bandung. Penelitian tesis S1 berjudul Penampilan Fenotifik Beberapa Genotipe Galur Harapan Padi Sawah Umur Genjah (Oryza sativa L.) di Daerah Bogor, dibawah bimbingan Prof. Dr. Achmad Baehaki, MSc. Pendidikan S2 jurusan Ilmu Tanaman ditempuh di University of Missouri-Columbia, Amerika Serikat pada tahun dan lulus pada tahun 1994. Penelitian tesis S2 berjudul Tissue Culture of Three Diploid Lotus species: Callus Induction, Plant Regeneration, and Protoplast Isolation and Culture dibawah bimbingan Dr. Paul R. Beuselinck, Dr. Robert L.. McGraw dan Dr. James T. English. Pendidikan S3 (Dr./PhD.) diselesaikan pada tahun 2000 di bidang Genetika Tanaman diperoleh dari University of the Philippines di Los Banos (UPLB), Filipina. Penelitian dilakukan di IRRI, Los Banos dib dengan judul dsesertasi Introgression of Biotic Resistance Genes from Oryza minuta J.S. ex C.B. Presl. Into New Plant Type of Rice (O. sativa L.) di bawah bimbingan Prof. Dr. Azucena L. Carpena, Dr. Darshan S. Brar, Dr. Evelyyn Mae T. Mendoza, Dr. Jose E. Hernandez, and Dr. Merlyn S. Mendioro.

Yang bersangkutan bekerja di Lembaga Pusat Penelitian Pertanian (LP3) di Bogor sejak bulan Januari 1976, sebagai teknisi pemuliaan padi pada Seksi Hibridisasi/Perailangan di Sub Bagian Pemuliaan Padi Bagian Agronomi. Pada tahun 1987, yang bersangkutan ditugaskan sebagai peneliti di Sub Balai Penelitian Tanaman Pangan Pasar Miring, Deli Serdang, Sumatera Utara. Pada tahun 1990, yang bersangkutan bekerja sebagai peneliti pemuliaan di Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Plasma Nutfah Pertanian di Bogor, yang melakukan penelitian introgresi (pemasukan) gen dari padi liar ke dalam padi budidaya di Kelompok Bioteknologi. Sejak tahun 2001 dipindahkan ke Balai Besar Penelitian Tanaman Padi sebagai peneliti pemulia padi.

Jenjang fungsional Peneliti Madya diperoleh pada tahun 2005, sebagai pemulia padi. Tujuh varietas padi telah dihasilkan dan dilepas. Publikasi karya ilmiah dan hasil penelitian telah diterbitkan dalam bahasa Indonesia dan Inggris pada journal ilmiah, semi ilmiah, prosiding dan tabloid.

Penghargaan yang pernah diperoleh adalah: Prestasi Kerja dalam Mendukung Ketahanan Pangan pada tahun 2002 dari Menteri Pertanian; anggota penulis pemakalah terbaik dari Crop Science Society of the Philippines pada tahun 2002, dan Satya Lencana Karya Satya 20 tahun dari Presiden RI pada tahun 2005.

 
 
Selasa, 14 April 2015 08:10

Erwina Lubis, Ir.

Ditulis oleh

Dari tahun 1984-sekarang yang bersangkutan menangani pemuliaan padi gogo dan telah melepas beberapa varietas padi gogo diantaranya Way Rarem, Batutugi, Danau Gaung dan Limboto.

Dari tahun 2001-sekarang mengangani pemuliaan padi hibrida, khususnya untuk perbaikan galur mandul jantan.

Piagam penghargaan sebagai peneliti berprestasi Badan Litbang Pertanian telah diterima pada tahun 1999.

 
 
Selasa, 14 April 2015 08:10

Indrastuti Apri Rumanti, Dr

Ditulis oleh

Indrastuti Apri Rumanti, SP lahir di Purwokerto Jawa Tengah pada tanggal 27 April 1977. Gelar Sarjana Pertanian diperoleh pada tahun 1999 dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto bidang studi pemuliaan tanaman dengan skripsi berjudul ‘Pola pewarisan sifat ukuran dan bentuk biji pada padi sawah (Oryza sativa L.)’, di bawah bimbingan Ir. Totok ADH, MP, PhD. Saat ini sedang menempuh pendidikan S3 di Institut Pertanian Bogor pada mayor pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman. Yang bersangkutan sedang menyelesaikan disertasi berjudul ‘Pengembangan galur mandul jantan dengan tiga sumber sitoplasma dan pemanfaatannya untuk perakitan padi hibrida’, di bawah promotor Prof. Dr. Ir. Bambang Sapta Purwoko, MSc.

Pendidikan Luar Negeri yang pernah ditempuh antara lain (1) Plant Variety Protection di Wageningen, Belanda dan (2) International Training Course of Hybrid Rice Technology di International Exchange Center, Hunan China.

Sejak tahun 2000 hingga saat ini, yang bersangkutan menjadi salah satu staf peneliti untuk pemuliaan padi hibrida. Jenjang fungsional dimulai pada tahun 2006 sebagai peneliti pertama pada bidang pemuliaan tanaman. Publikasi karya ilmiah dan hasil penelitian diterbitkan dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris pada jurnal ilmiah, semi ilmiah dan prosiding nasional maupun internasional. Bersama Tim peneliti padi hibrida telah menghasilkan sembilan galur mandul jantan hasil program back cross yang telah dilakukan sejak 2001 dan kurang lebih 400 restorer asli indonesia. Selain itu juga telah melepas 6 varietas unggul padi hibrida.

 
 
Selasa, 14 April 2015 08:09

Dr. Nafisah, MSc

Ditulis oleh

Nafisah, MSc mendapatkan gelar sarjana pertanian bidang studi pemuliaan tanaman pada tahun 1997 dari Universitas Gadjah Mada. Penelitian thesis S1 berjudul “Karakterisasi sifat-sifat morfologi salak Pondoh” di bawah bimbingan Dr. Nasrullah.

Pendidikan S2 ditempuh di University of the Philippines pada tahun 2005. Penelitan Thesis S2 berjudul “ Morphological and Molecular Characterization of Monosomic Allien Addition Lines in rice (Oryza sativa)” di bawah bimbingan Dr. D.S Brar. Yang bersangkutan memasuki dunia kerja sebagai peneliti pada tahun 2000 di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi dibawah supervisi Dr. Aan A. Daradjat.

Pada saat ini yang bersangkutan masih menduduki jabatan peneliti pertama pada jenjang fungsional. Pada tahun 2007, Perakitan varietas padi toleran lahan salin mulai menjadi fokus bidang kerjanya. Selain itu yang bersangkutan juga menjadi koordinator INGER (International Network and Genetic Evaluation of Rice). “Skrining padi toleran suhu rendah dan kekeringan” merupakan bidang penelitian lain yang ditekuni.

 
 
Selasa, 14 April 2015 08:08

Dr. Nur Aini Herawati, S.Si. MSc.

Ditulis oleh

Gelar sarjana sains diperoleh dari Fakultas Biologi (Jurusan Zoologi) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada bulan November 1996. Setelah 6 tahun bekerja di BB Padi, yang bersangkutan memperoleh beasiswa AusAID dari Australian Government untuk melanjutkan pendidikan S2 di Australian National University (ANU), Canberra – Australia. Penelitian tesis S2 berjudul “The dynamics of Escherischia coli in the mammalian gut” di bawah bimbingan Prof. Dr. David M. Gordon. Fokus dari penelitian tesis ini adalah kompetisi intra-spesifik Escherischia coli dalam sistem pencernaan tikus laboratorium (Rattus norvegicus) dan mekanisme fisiologis sistem pencernaan tikus yang lebih mengandalkan pada keberadaan caecum sebagai organ fermentasi.

Setelah memperoleh gelar Master, yang bersangkutan kembali aktif sebagai staf peneliti di laboratorium tikus BB Padi. Setahun kemudian diusulkan menjadi Kepala Seksi Kerjasama Penelitian BB Padi. Jenjang fungsional Peneliti Muda diperoleh tahun 2008 yang memfokuskan pada bidang hama tikus. Selang beberapa bulan kemudian yang bersangkutan memperoleh tugas belajar untuk melanjutkan pendidikan S3 di Program Studi Biologi, Pasca Sarjana Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada. Terhitung sejak September 2008 hingga saat ini yang bersangkutan sedang menempuh pendidikan S3nya. Sejumlah karya ilmiah dalam bidang hama tikus telah dipublikasikan dalam bentuk jurnal ilmiah lokal dan internasional.

 
 
Selasa, 14 April 2015 08:05

Triny Surjani Kadir. Dra.

Ditulis oleh

Pendidikan terakhir ditempuh di FMIPA UNPAD jurusan Biologi dan sebelumnya menamatkan SLTA di SMA Negeri 5 Bandung tahun 1973. Yang bersangkutan menjadi PNS di BB Padi pada tahun 1981 pada Kelompok peneliti Entomologi dan Fitopatologi. Disamping sebagai peneliti, tahun 1997 merangkap sebagai pejabat struktural yaitu kepala seksi laboratorium. Pada tahun 1997 yang bersangkutan mengikuti Diklat ADUM di BLPP Lembang. Sebagai peneliti di bidang penyakit, pada tahun 1984 mendapat kesempatan training wheat improvement di CIMMYT-Meksiko selama satu musim tanam terigu.

Training dan seminar yang pernah diikuti di luar negeri antara lain: Seed healt testing di IRRI-Philippina (1990), ARBN phase 1 follow up training course (focus on molecular genetics of diseases resistance and marker (1994), Training workshop on ecological research methods in rice pest management (China, 2001), International bacterial leaf blight conference (Japan, 2001). Sedangkan seminar yang pernah diikuti antara lain: International rice conference (Malaysia), International microbe conference (India, 2006). Penelitian yang pernah dilaksanakannya antara lain: skrining ketahanan galur-galur padi terhadap penyakit Hawar Daun Bakteri, Grain discoloration.

 
 
Selasa, 14 April 2015 08:02

Santoso, SP, MSi

Ditulis oleh
Selasa, 14 April 2015 08:01

Ir. Sudir

Ditulis oleh

Ir. Sudir, mendapatkan gelar sarjana pertanian jurusan Ilmu Hama Tumbuhan pada bulan Desember tahun 1981 dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Setelah memperoleh gelar sarjana pertanian, yang bersangkutan bekerja di perkebunan tebu dan pabrik Gula PT. Gungung Madu Palntation Lampung mulai April 1982 sampai Oktober 1983. Mulai bulan November tahun 1984 sampai Oktober 1988 bekerja di PT. Pemzindo, sebuah perusahan yang memproduksi pestisida pertanian. Sejak November 1988 sampai April 1989 bekerja sebagai tenaga honorer di Balai Penelitian Tanaman Pangan Sukamandi. Terhitung mulai tanggal 03 Maret 1989 diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di Balai Penelitian Tanaman Pangan Sukamandi. Terhitung mulai tanggal 01 Agustus 1990 diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil di Balai Penelitian Tanaman Pangan Sukamandi. Hingga sekarang bekerja sebagai peneliti penyakit tanaman pada Balai Penelitian Tanaman Padi.

Jabatan Fungisional Asisten Peneliti Madya diperoleh pada bulan April 1993. Terhitung mulai tanggal 01 Januari 2003 yang bersangkutan memperoleh Jabatan Fungsional Peneliti Muda bidang Penyakit Tanaman di Balai Penelitian Tanaman Padi. Sebanyak 47 Karya tulis ilmiah baik dari hasil penelitian maupun ulasan telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah, proseding, dan surat kabar baik sebagai penulis utama maupun co-author. Menjadi anggota Perhimpunan Fitopatologi Indonesia.

Halaman 1 dari 4

Galeri Video

Kontak Informasi

Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

  • Alamat Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang 41256, Jawa Barat
  • Telepon (0260) 520157
  • Fax (0260) 520158

Hak Cipta © 2015. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi