Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Layanan»Analisa Flavor Padi

Analisa Flavor Padi

Analisa Flavor Padi

Masalah pangan selalu menjadi masalah yang mendesak apalagi bila ditambah dengan masalah laju kenaikan penduduk. Selama proses pengolahan dan penyimpanan, bahan pangan banyak mengalami perubahan baik yang diharapkan maupun tidak. Masalah pangan juga menjadi tantangan bagi pemerintah guna meningkatkan daya saing produk dalam negeri, maupun bagi kalangan industri agar produknya tetap menjadi pilihan bagi konsumen. Produk pangan yang memiliki kualitas baik sudah menjadi keharusan, mengingat dewasa ini konsumen telah pandai dalam memilih produk pangan berkualitas.

Jenis Instrument dan Analisa Flavour


Ruang Uji Organoleptik

Ruang Uji Organoleptik didesain untuk memfasilitasi evaluasi sensori bagi penelitian, riset produk baru (baik dalam bentuk konsep, prototype, maupun produk akhir yang siap launching), dan evaluasi sensori produk pangan.


Gas Chromatography Mass Spectrometry Olfactometry (GCMS-O)

Instrumen GCMS-O dilengkapi dengan olfactometer yang berguna untuk mendeteksi aroma yang timbul dari senyawa volatil yang muncul dalam analisis flavor melalui penciuman manusia


Gas Chromatography Olfactometry Preparative Fraction Collector (GC-O-PFC)

GC-O-PFC dapat mendeteksi aroma suatu senyawa dan dengan PFC dapat dikoleksi/diisolasi senyawa volatil spesifik yang diinginkan.


Spectrometer UV-Vis

Berbagai macam analisa yang memerlukan respon panjang gelombang baik visible maupun UV-Vis dapat dilakukan dengan Spectrometer UV-Vis.


Rancimat

Proses oksidasi dan ketengikan produk berbasis minyak dapat ditentukan dengan melihat nilai konduktifitas larutan yang dipantau melalui Racimat instrument, sehingga estimasi umur simpan produk tersebut dapat diketahui.


Texture Analyzer

Texture analyzer digunakan untuk analisis terhadap sifat fisik bahan yang berhubungan dengan daya tahan atau kekuatan suatu bahan terhadap tekanan.


Karl Fisher

Automatisasi titrasi dari Karl Fisher memungkinkan analisa kadar air dapat lebih mudah dilakukan. Instrumen ini dapat mengetahui kadar air yang sangat kecil dalam suatu sampel . Sampel yang dapat dianalisis dengan Karl Fisher meliputi minyak, tepung, bahan yang berkadar gula tinggi, dan sampel lain yang berkadar air sangat rendah.


Ekstrator Flavor (Linkens Nickerson)

Preparasi sampel untuk analisis flavor sangat menentukan flavor yang akan terdeteksi. Ekstrator Flavor (Likens Nickerson) dapat digunakan untuk menghasilkan sampel liquid yang siap digunakan.


  • Contact Person: Dr. Dody D. Handoko
  • e-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  • phone : +6281219922319

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini660
Hari Kemarin850
Minggu ini7181
Bulan ini27913
Total Pengunjung2435485
Online saat ini
3

© 2018. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi