Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Info Teknologi»Inpago 11 Agritan Andalan Petani di Lahan Kering

Inpago 11 Agritan Andalan Petani di Lahan Kering

16.07.2019
Suharna
295
Inpago cocok untuk ditanam di lahan kering (Foto: BBPadi Media)
Inpago cocok untuk ditanam di lahan kering (Foto: BBPadi Media)

Inpago 11 Agritan Andalan Petani di Lahan Kering

16.07.2019
Suharna
295

Musim kemarau menyebabkan sejumlah wilayah di Indonesia mengalami kekeringan sejak dua bulan terakhir. Akibatnya, banyak lahan persawahan mengalami kekeringan hingga terancam puso (gagal panen) pada musim tanam kedua ini.

Dalam upaya mengatasi permasalah produksi padi di lahan kering, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBPadi), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) merekomendasikan penggunaan beberapa varietas unggul toleran kekeringan.

Sejumlah varietas unggul baru padi yang cocok untuk ditanam di lahan kering telah dilepas Kementerian Pertanian. Saat ini berbagai jenis padi unggul yang dikembangkan oleh Balitbangtan diberi nama padi Inpago yang merupakan singkatan dari “inbrida padi gogo”.

Varietas unggul padi inpago yang diperuntukkan untuk lahan kering umumnya memiliki produktivitas tinggi, tahan kekeringan, tahan terhadap kondisi tanah masam serta tahan terhadap penyakit blas yang menjadi musuh terbesar petani padi gogo.

Salah satu varietas padi gogo terbaru yang diluncurkan oleh Balitbangtan diberi nama Inpago 11 Agritan. Varietas tersebut dikembangkan ke petani setelah melalui pengujian di berbagai lahan kering di Indonesia. Selain memiliki produktivitas 6 t/ha, varietas tersebut juga tahan terhadap penyakit blas. Varietas baru ini diharapkan dapat menjadi teknologi andalan bagi petani di lahan kering untuk meningkatkan produksinya.(Shr)

Bagikan Konten

Hashtag

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini380
Hari Kemarin693
Minggu ini6013
Bulan ini18096
Total Pengunjung2595913
Online saat ini
2

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi