Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Info Teknologi»Aplikasi Pupuk Hayati Agrimeth: Sekali dalam Semusim

Aplikasi Pupuk Hayati Agrimeth: Sekali dalam Semusim

08.02.2017
BBPadi
3081

Aplikasi Pupuk Hayati Agrimeth: Sekali dalam Semusim

08.02.2017
BBPadi
3081

Pupuk hayati adalah pupuk berbasis mikroba non-patogenik yang dapat menghasilkan fitohormon (zat pemacu tumbuh tanaman), penambat nitrogen dan pelarut fosfat yang berfungsi meningkatkan kesuburan dan kesehatan tanah.

Pupuk hayati Agrimeth memiliki aktivitas enzimatik dan fitohormon yang berpengaruh positif terhadap pengambilan hara makro dan mikro tanah, memacu pertumbuhan, pembungaan, pemasakan biji, pematahan dormansi, meningkatkan vigor dan viabilitas benih, efisiensi penggunaan pupuk NPK anorganik dan produktivitas tanaman. Agrimeth adalah pupuk hayati untuk meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas  tanaman pangan (padi/kedelai), hortikultura (cabai/sayuran), dan perkebunan (tebu).

Aplikasi pupuk hayati Agrimeth dilakukan pada pagi hari (sebelum jam 08.00 pagi) atau sore hari (pukul 15.00-17.00) dan tidak terjadi hujan. Pupuk hayati hanya diaplikasikan sekali, yakni pada saat benih akan disemai dengan cara perlakuan benih (seed treatment).

Benih yang telah tercampur pupuk hayati segera disemai, upayakan tidak ditunda lebih dari 3 jam, dan tidak terkena paparan sinar matahari agar tidak mematikan mikroba yang telah melekat pada benih. Sisa pupuk hayati disebarkan di lahan persemaian.

Berikut beberapa manfaat pupuk hayati Agrimeth:  Menghemat biaya produksi,  meningkatkan produktivitas tanaman sebesar  20-50%, memperbaiki dan meningkatkan pertumbuhan akar, batang, daun, bunga dan buah, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan mikroba pathogen, menjamin kesuburan tanah pertanian tetap terjaga, aman digunakan dan bersahabat dengan lingkungan.(Harna)

Bagikan Konten

Hashtag

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini381
Hari Kemarin1435
Minggu ini381
Bulan ini14387
Online saat ini
11

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi