Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Varietas Punya Andil dalam Program Swasembada Beras

Varietas Punya Andil dalam Program Swasembada Beras

10.12.2018
Pipit
561

Varietas Punya Andil dalam Program Swasembada Beras

10.12.2018
Pipit
561

Dalam rangka akselerasi diseminasi inovasi dalam penderasan informasi hasil-hasil penelitian termasuk informasi tentang perbenihan padi kepada masyarakat, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kuntoro Boga Andri didampingi Kepala Bagian Humas Dani Gartina berkunjung ke Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) di Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Sabtu (7/12/18).

Kepala Biro dalam acara ramah tamah bersama Kepala BB Padi Priatna Sasmita dan seluruh jajaran pejabat struktural dan peneliti yang hadir, Ia menyampaikan beberapa hal terkait posisi BB Padi sebagai sumber iptek padi dan rekomendasi teknologi untuk bisa diterapkan petani melalui penderasan hasil-hasil inovasi teknologi.

“Produk-produk Litbang luar biasa dan diakui kita semua, sebagai contoh program swasembada pangan notabene beras , asal-muasal produknya ya dari BB Padi ini. Bicara peningkatan produktivitas ada di BB Padi, dan yang terpenting saya sampaikan adalah sumber dari teknologi padi ada disini dan sebagian besar petani Indonesia sudah menerapkan khususnya varietas unggul. Sehingga BB Padi ini bisa dikatakan sumber utama informasi terkait program pencapaian swasembada padi, jelas Boga.

Ia menegaskan kepada para awak media yang hadir bahwa semua materi yang ada di BB Padi menarik untuk diberitakan agar masyarakat umum mengetahui manfaatnya.

“sewaktu kita mencanangkan program swasembada, BB Padi punya andil sebagai pensuplai benih sumber dan 99% padi yang ditanam di Indonesia semua dari BB Padi, bagaimana sebaran varietas unggulnya? semua bisa digali disini, tegasnya.

Ditempat yang sama Priatna mengamini seperti yang disampaikan Kepala Biro Humas tersebut, bahkan Ia mengatakan sudah banyak hasil penelitian yang sudah diadopsi oleh petani, terakhir sudah kita reselase 230 lebih varietas unggul tetapi disebagian wilayah masih ada petani menanam varietas lama, nah hal sepeti ini mari kita liat sama-sama dimana salahnya.

Selain itu, ketersediaan rekomendasi teknologi hanya beberapa persen yang diterapkan. Jika kita melihat data sebaran sudah sangat luas. Kalau perlu kita update terus rekomendasi teknologi sesuai kebutuhan pengguna karena target sasaran untuk komoditas padi sudah kita siapkan sesuai agroekosistem misal padi untuk lahan sawah, rawa, dan lahan kering.

Dr. Satoto, selaku peneliti senior BB padi mengatakan, “ pilihan utama teknologi padi adalah varietas, dan BB Padi telah banyak menghasilkan varietas sesuai agroekosistem, tinggal yang mau kita sombongkan yang mana? Sebagai contoh beberapa padi dengan keunggulan spesifik misal beras merah tapi pulen ada Inpari 24, beras kandungan Zn tinggi, beras japonica Tarabas, ada IG rendah, dataran tinggi, naungan, aromatik dan lain-lain”, pungkas Satoto. (Shr)

Bagikan Konten

Hashtag

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini41
Hari Kemarin1547
Minggu ini2993
Bulan ini27523
Total Pengunjung2699331
Online saat ini
3

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi