Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Tinjau Kekeringan di Banten, Mentan Bagikan Pompa Air

Tinjau Kekeringan di Banten, Mentan Bagikan Pompa Air

20.08.2015
BBPadi
3056

Tinjau Kekeringan di Banten, Mentan Bagikan Pompa Air

20.08.2015
BBPadi
3056

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman terus melakukan upaya penanganan kongkret berupa solusi jangka panjang maupun jangka pendek terhadap daerah yang lahan pertaniannya terkena dampak kekeringan akibat anomali perubahan iklim yang saat ini tengah terjadi.

Tiba di Bandara Soekarno Hatta usai blusukan di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, Kamis, (13/8), Mentan langsung ke Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten untuk mengecek kekeringan yang melanda lahan sawah padi.??Mentan tiba di lokasi dan langsung meninjau lahan sawah padi yang terkena dampak kekeringan didampingi Gubernur Banten, Rano Karno dan Bupati Tangerang Zaki Iskandar.

Melihat kondisi tersebut, Mentan memberikan bantuan berupa solusi jangka pendek berupa penyaluran pompa air dan memintan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membuat hujan buatan. Kementerian Pertanian telah menyiapkan pompa air untuk atasi dampak kekeringan sebanyak 21 ribu unit untuk disalurkan dii seluruh Indonesia dan khususnya untuk Propinsi Banten akan diprioritaskan dan diperbanyak.

“Selain itu, solusi jangka panjang yang kami lakukan yakni membuat sumur dangkal dan membangun embun,” kata Mentan.

Mentan menyampaikan bahwa instansinya sudah siapkan anggaran untuk merealisasikan solusi tersebut. Menurutnya, bantuan tersebut diberikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan.??

"Saya terima laporan ada kekeringan di Banten, makanya saya pulang dari Kalimantan langsung ke sini. Saya mau cek langsung dan kami akan koordinasikan dengan Kementerian Pekerjaan Umum untuk memperbaiki jaringan primer dan sekunder," jelas Mentan.

Dengan terus menggenjot upaya penanggulan kekeringan, Mentan menjamin ketersediaan pangan tahun ini aman. Sebab, sampai saat ini 76% dari target panen gabah sudah terjadi dan sudah masuk gudang.

"Jadi saya jamin pangan ini aman. Ada kekeringan, tapi tidak semua daerah. Ada yang menanam juga," jelasnya.??

Untuk informasi, lahan kekeringan di Provinsi Banten sebanyak 21 ribu hektare dan lahan yang mengalami puso sebanyak 200 ha.

 

Sumber : Biro Umum dan Humas Kementan

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini1052
Hari Kemarin1477
Minggu ini9982
Bulan ini25308
Total Pengunjung2524177
Online saat ini
9

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi