Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Teknologi Pengelolaan Lahan Bukaan Baru dikenalkan kepada Petani Bangka Selatan

Teknologi Pengelolaan Lahan Bukaan Baru dikenalkan kepada Petani Bangka Selatan

23.12.2018
BBPadi
595

Teknologi Pengelolaan Lahan Bukaan Baru dikenalkan kepada Petani Bangka Selatan

23.12.2018
BBPadi
595

Dalam rangka mempertahankan swasembada beras dan memantapkan ketahanan pangan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian terus melakukan upaya strategi peningkatan produksi padi salah satunya adalah membuka lahan baru dibeberapa Provinsi salah satunya di Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

Persoalan yang dihadapi pada sawah bukaan baru sangat berbeda dengan sawah-sawah pada umumnya, yaitu tingkat kesuburan tanah yang rendah yang diperparah oleh persoalan keracunan besi. Selian itu, masalah lain seperti kebutuhan air untuk pelumpuran, produktivitas masih rendah, masih sering dikeluhkan petani di Kabupaten Bangka pada umumnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, perlu pemahaman tentang teknik budidaya di lahan sawah bukaan baru yang hingga kini masih menjadi masalah petani.

Balai Besar Penelitian Tanaman Padi sebagai penghasil inovasi teknologi perpadian mempunyai tanggung jawab besar untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Sebagai wujud keseriusan dalam mengatasi permasalahan tersebut, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Babel menyelenggaran bimbingan teknis kepada 50 peserta yang terdiri dari penyuluh, poktan, gapoktan dan petani dengan tujuan untuk sharing tentang kendala-kendala dalam mendorong peningkatan produksi padi sekaligus memberi pemahaman dan berbagi ilmu tentang teknologi budidaya dilahan bukaan baru.

Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, Dr. Priatna Sasmita yang juga penanggung jawab UPSUS Pajale di Provinsi itu turut hadir bersama-sama dengan Dr. Wahyu Wibawa selaku Kepala BPTP Provinsi Babel.

Priatna Sasmita menegaskan dalam sambutannya bahwa semua komponen terus bekerja keras dalam rangka meningkatkan produksi dengan terus mendorong potensi lahan dan tingkatkan Luas Tambah Tanam (LTT) serta peningkatan kapasitas penyuluh dan petani.

"Salah satu strategi untuk pencapaian produksi adalah melalui capaian LTT dibarengi dengan penerapan teknologi budidaya yang tepat untuk dikembangkan di Kabupaten Bangka Selatan. Langkah awal yang kita lakukan adalah meningkatkan kapasitas penyuluh dan diharapkan penyuluh bisa melakukan pendampingan langsung kepada para petani sekaligus berbagi ilmu. Misal bagaimana memilih varietas yang sesuai dengan lingkungannya yang cocok, bagaimana penanganan OPTnya, sampai pengelolaan airnya. Untuk para petani saya berpesan jangan pernah berhenti untuk mencoba dalam rangka memperbaiki cara budidaya yang sesuai anjuran", tegas Priatna

Selain itu, Ia menambahkan pentingnya memecahkan solusi permasalahan pengelolaan lahan bukaan baru dengan selalu menerapkan teknologi yang sudah dihasilkan Badan Litbang Pertanian.

"Saya berharap para peneliti bisa membantu mencari solusi dalam hal peningkatan kesuburan tanah dengan pengelolaan tata air mikro dan makro, karena banyak hal-ha baru yang harus terus digali dalam rangka memperbaiki kondisi lahan bukaan baru dengan paket teknologi yang tepat", tambahnya.

Tema yang diangkat dalam bimbingan teknis disesuikan dengan kondisi lahan, yaitu teknologi pengelolaan lahan bukaan baru dengan menghadirkan peneliti pemuliaan, agronomi, proteksi dan pasca panen sebagai narasumber.

Belajar dari permasalahan pada waktu-waktu sebelumnya, maka pada tahun 2018, BB Padi melakukan demfarm dilahan seluas 25 ha di Kebun Percobaan Batu Betumpang dengan menanam beberapa varietas unggul terbaru.

Diharapkan setelah bimtek tersebut dapat membangkitkan semangat petani sehingga petani punya keinginan untuk belajar dan mencoba sekaligus dapat mengevaluasi untuk memperbaiki dan mengembangkannya. (Shr)

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini73
Hari Kemarin1067
Minggu ini4201
Bulan ini22626
Total Pengunjung2600443
Online saat ini
1

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi