Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Sinergi Lintas Institusi Dalam Menghasilkan Inovasi

Sinergi Lintas Institusi Dalam Menghasilkan Inovasi

25.07.2019
Suharna
262
Tim Peneliti BBPadi survei lokasi di Balai Riset Pemuliaan Ikan, BPPI Sukamandi (Foto: BBPadi Media)
Tim Peneliti BBPadi survei lokasi di Balai Riset Pemuliaan Ikan, BPPI Sukamandi (Foto: BBPadi Media)

Sinergi Lintas Institusi Dalam Menghasilkan Inovasi

25.07.2019
Suharna
262

Dalam rangka meningkatkan hasil riset inovasi teknologi kepada pengguna, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balai Besar Penelitian Tanaman Padi terus memperkuat jejaring interaksi lintas institusi dalam progam mina padi sinergi Pusat Unggulan Iptek dengan lembaga penelitian Balai Riset Pemulaan Ikan (BRPI).

Sinergi ini diharapkan bisa wewujukan teknologi minapadi sebagai upaya untuk peningkatan produktivitas lahan tanpa mengurangi produksi padi sebagai komponen utama sehingga tercapai peningkatan pendapatan bagi petani.

Sebagai wujud kegiatan sinergi lintas institusi dalam menghasilkan inovasi unggulan, pada Rabu (24/7/19), dilaksanakan acara Focus Group Discussion (FGD) di BRPI Sukamandi. Pada acara tersebut disebutkan bahwa minapadi merupakan sistem budidaya lama dan ingin dikembangkan kembali dengan berbagai inovasi terbaru.

Beberapa peneliti dan perwakilan dari lembaga riset seperti Balai Riset Pemuliaan Ikan Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan Balai Penelitian Tanah. hadir dalam acara tersebut.

Langkah awal yang akan segera dilakukan dalam program ini adalah penyiapan lahan seluas tiga (3) hektar yang akan dibagi menjadi enam (6) petak dengan ukuran masing-masing 3.500 m2.  Selain lahan juga disiapkan beberapa jenis ikan/UG seperti ikan nila Srikandi, mas Mustika, patin Perkasa, dan udang galah GI Makro.

BB Padi sebagai penghasil inovasi padi berkontribusi dalam merekomendasikan  penggunaan varietas unggul, teknologi budidaya serta teknik  pengendalian organisme pengganggu tanaman.

Varietas yang direkomendasikan tentu varietas yang toleran rendaman namun juga memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit. Selain itu,  mutu gabah dan beras serta selera  petani setempat juga menjadi bahan pertimbangan. Beberapa varietas yang diusulkan antara lain: Purwa, Inpara6, Inpara 8 , Inpari 30 Ciherang Sub 1.

Selain varietas, teknologi yang diunggulkan seperti sistem tanam Jajar Legowo juga akan di aplikasi pada program ini.

Analisis tanah melalui PUTS. Pupuk berimbang dan pemberian rekomendasi pemupukan akan dimotori Balai Penelitian Tanah.  Banyak hal yang akan diamati seperti pengaruh tingkat kesuburan tanah sebelum dan sesudah pertanaman Mina Padi, pengaruh penggunaan pupuk an-organik maupun organik dan pengaruhnya terhadap perkembangan ikan.

Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan (BRPSDI) akan melakukan penelitian terhadap media air, antara lain: pengukuran kualitas air, kondisi plankton dan bentos yang tersedia, dan banyak parameter yang akan diteliti: seperti temperature, oksigen, turginitas.

Pemanfaatan sumber air, potensi debit air. Penggunaan micro hidro dan surya cell. akan diamati secara berkala oleh Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik.

Dengan program minapadi nantinya semua data output dan input yang terekam akan dihitung dari awal sampai akhir kegiatan. Dengan demikian,B/C rasio bisa diketahui. Selain itu, keuntungan petani melalui penggunaan sistem minapadi dari pengaruh terhadap pertumbuhan pada ikan dan penggunaan bahan organik pada pertanaman padi akan terus identifikasi setiap musim.

Sinergitas antar Pusat Unggulan IPTEK ini diharapkan dapat menghasilkan produk teknologi yang bermanfaat untuk petani Indonesia.(YW/Shr)

Bagikan Konten

Hashtag

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini22
Hari Kemarin1619
Minggu ini3270
Bulan ini37675
Total Pengunjung2709483
Online saat ini
4

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi