Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»PT Pupuk Kujang Belajar Seleksi Calon Benih Padi di Lahan Produksi Benih KP Pusakanagara

PT Pupuk Kujang Belajar Seleksi Calon Benih Padi di Lahan Produksi Benih KP Pusakanagara

23.07.2020
BBPadi Media
171

PT Pupuk Kujang Belajar Seleksi Calon Benih Padi di Lahan Produksi Benih KP Pusakanagara

23.07.2020
BBPadi Media
171

Kegiatan Bimbingan Teknis Produksi Benih Padi Tahap II dengan peserta dari PT Pupuk Kujang, telah dilaksanakan pada Rabu (23/07/2020) di Kebun Percobaan Pusakanagara, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi).

Pada bimtek ini, peserta mempraktekkan roguing/seleksi terhadap pertanaman produksi benih SS Inpari 32 HDB. Narasumber dari Unit Pengelola Benih Sumber BB Padi yaitu Aida Fitri Viva Yuningsih, SP dan Trias Sitaresmi, M.Si. menjelaskan tentang prinsip-prinsip roguing yang perlu diperhatikan.

“Roguing produksi benih merupakan kegiatan mengidentifikasi dan menghilangkan tanaman yang karakteristiknya tidak diinginkan seperti tanaman tipe simpang, campuran varietas lain (CVL), atau tanaman/rumpun sakit. Tipe simpang dan CVL dimusnahkan untuk menjaga mutu dari benih yg dihasilkan” demikian dijelaskan oleh Aida.

Trias menambahkan bahwa roguing dalam produksi benih padi dilakukan sebanyak minimal 3 kali yaitu pada fase vegetatif, berbunga, dan masak. Petugas roguing wajib untuk terus meningkatkan kemampuannya dg cara mengetahui karakter varietas-varietas yg ditanam. Sebagai evaluasi terhadap kinerja petugas/tim roguing, perlu dilakukan verifikasi hasil roguing oleh tim mutu/verifikator sblm diperiksa oleh pemulia atau pengawas benih.

Saat praktek di lapangan, 15 peserta dibagi menjadi 5 kelompok dengan satu pendamping lapang setiap kelompoknya. Secara antusias, peserta mengikuti kegiatan roguing pada pertanaman dengan fase pembungaan dan pertanaman lain dengan fase menjelang panen.

"Petugas roguing harus punya kemampuan mengenali varietas yang ada didepannya supaya saat roguing dilakukan tanpa keragu-raguan” tegas Holil Munawar, pendamping lapang pada bimtek ini.

Kegiatan hari ini ditutup dengan kunjungan ke Penangkar Benih CV Fiona Benih Mandiri di Pusakanagara. Ir. H. Khoerul Anam selaku pimpinan CV Fiona menegaskan bahwa pada bisnis benih, kejujuran itu menjadi nomer satu “Apabila bisnis ini dibentuk dengan niat yang luas, untuk memberikan manfaat kepada orang lain, membahagiakan orang lain, Insyaa Allah akan banyak jalan yang Allah tunjukkan” demikian pesan Anam mengomentari pertanyaan tips membangun bisnis penangkaran benih yang besar.

Anam juga menyampaikan terimakasih kepada BB Padi yang telah merakit berbagai varietas yang ia produksi benihnya “BB Padi menjadi sumber teknologi, dan tugas kami adalah membantu hilirisasi produk tersebut supaya sampai dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Rangkaian acara bimtek Produksi Benih Padi telah selesai dilaksanakan dengan baik. Para peserta tampak puas dengan ilmu dan wawasan yang mereka dapatkan. Gunes, salah satu peserta menyampaikan rasa puasnya terhadap pelaksanaan bimtek ini.

“Selama mengikuti bimtek Produksi Benih Padi di Taman Sains & Teknologi Padi, BB Padi saya mendapatkan pengetahuan langsung dari peneliti yang ahli di bidangnya dan keterampilan dari praktisi yang berpengalaman. Fasilitas ruang kelas dengan konsep teater, ketersediaan laboratorium dan lahan praktek menjadikan materi-materi selama bimtek disampaikan secara menarik dan mudah dipahami, semoga di waktu yang akan datang kegiatan seperti ini akan kembali lakukan oleh BB Padi” demikian harapan Gunes menutup pertemuan kemaren.

Bagikan Konten

Hashtag

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini1545
Hari Kemarin1845
Minggu ini7026
Bulan ini9938
Online saat ini
23

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi