Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Petani Majalengka Panen Padi Inpari IR Nutri Zinc Ditengah Pandemic Covid-19

Petani Majalengka Panen Padi Inpari IR Nutri Zinc Ditengah Pandemic Covid-19

21.04.2020
BBPadi Media
717

Petani Majalengka Panen Padi Inpari IR Nutri Zinc Ditengah Pandemic Covid-19

21.04.2020
BBPadi Media
717

Tidak ada istilah WFH (Work From Home) di mata para petani. Petani tidak akan pernah gentar walau wabah covid-19 sedang berlangsung. Karena tanpa mereka, ketahanan pangan tak akan terjaga.
Ditengah pandemic, petani Majalengka tepatnya di desa Kedung Kencana, Kec. Ligung, Kab. Majalengka, adalah Poktan Cidongkol sedang panen perdana padi VUB Inpari IR Nutri Zinc dengan luas demplot 2.5 ha pada hari ini.

Demplot FKDB OnFarm yang telah diselenggarakan dengan varietas Inpari IR Nutri Zinc sebagai materi yang diuji dengan aplikasi pupuk yang diproduksi PT. Mitra DesaBersama Ligung dan PT. Doa Bangsa Agrobisnis. Padi Inpari IR Nutri Zinc menjadi VUB menarik bagi perusahaan bidang pupuk. Pasalnya pengembangan padi Inpari IR Nutri Zinc sangat relevan dalam mendukung program pengentasan stunting yang dilakukan oleh pemerintah. Pengembangan padi ini akan 10x lipat ditahun selanjutnya (2021) dan terus akan dikembangkan sampai tahun 2024 dalam rangka program percepatan pencegahan stunting di Indonesia.

Poktan Cidongkol, Majalengka berhasil memproduksi gabah baik untuk konsumsi maupun untuk benih dengan kualitas gabah yang bagus. Gabah bersih dari penyakit dengan warna kuning keemasan dan dipanen pada umur 90 HST.

BB Padi sebagai pendamping pengembangan padi Biofortifikasi untuk 9 provinsi salah satunya adalah Jawa Barat sangat mengapresiasi kepada pihak swasta yang melakukan demplot-demplot Padi Inpari IR Nutri Zinc dan menjalin komunikasi yang baik dengan Pendamping Pengembangan Padi Biofortifikasi. Padi Inpari IR Nutri Zinc sebenarnya merupakan jawaban atas pangan potensial untuk meningkatkan daya imunitas tubuh. Hal tersebut karena kandungan Zn pada endospermae berasnya yang sangat tinggi dibandingkan beras umumnya. Apalagi ditengah pandemic covid-19, dimana masyarakat memerlukan asupan gizi yang potensial meningkatkan daya imunitas tubuh. Padi jenis ini baru dikembangkan awal tahun 2020 ini. (WRR)

Bagikan Konten

Hashtag

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini1185
Hari Kemarin1602
Minggu ini4325
Bulan ini12361
Online saat ini
14

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi