Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Peresmian Taman Agro Inovasi dan Tagrimart

Peresmian Taman Agro Inovasi dan Tagrimart

22.09.2015
BBPadi
3769

Peresmian Taman Agro Inovasi dan Tagrimart

22.09.2015
BBPadi
3769

BOGOR – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), guna mempercepat penerapan inovasi teknologi yang telah dihasilkan, mulai tahun 2015 ini mulai mendirikan Taman Agro Inovasi yang dilengkapi dengan Taman Agro Inovasi Mart (Tagrimart).

Program ini diluncurkan oleh Kepala Balitbangtan Dr. M. Syakir pada Jumat (18/9/2015) di Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), Bogor.

Dalam acara yang sekaligus juga peresmian Taman Agro Inovasi dan Tagrimart BBP2TP Bogor ini Kepala Badan menyampaikan bahwa Taman Agro Inovasi merupakan miniatur dari muara Balitbangtan dimana ditampilkan berbagai komoditas strategis yang bisa direplikasi secara ekonomi dan dilengkapi dengan Tagrimart yang menyatukan antara on farm dan off farm.

“Suatu inovasi tujuannya harus diterapkan dan bermanfaat untuk rakyat, suatu penelitian harus memiliki keunggulan komparatif yaitu memiliki spektrum sosial ekonomi,” ujar Kepala Badan.

Lebih lanjut, menurut Kepala Badan, Taman Agro Inovasi ini merupakan salah satu saluran diseminasi hasil penelitian yang efektif. Tetapi juga diingatkan bahwa apa yang ada di Taman Agro Inovasi harus bisa direplikasi oleh petani dalam skala ekonomi.

“Penelitian muara akhirnya adalah sesuatu yang bermanfaat untuk rakyat, salah satunya melalui model Taman Agro Inovasi dan Tagrimart,” tambah Kepala Badan.

Taman Agro Inovasi dan Tagrimart yang di BBP2TP merupakan percontohan bagi Taman Agro Inovasi yang telah dan akan dikembangkan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di 32 provinsi.

Taman Agro Inovasi di tiap provinsi masing-masing akan memiliki karakteristik berbasis komoditas unggul wilayah tersebut dan teknologi spesifik lokasi dimana inovasi teknologi Balitbangtan yang diterapkan harus dapat memberi nilai tambah sehingga kedepan akan berujung pada kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Selain acara peresmian, juga dilaksanakan gelar teknologi KRPL, demo budidaya sayuran, beberapa pelatihan, dan pembagian benih dan bibit.

Bagikan Konten

Hashtag

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini1168
Hari Kemarin1507
Minggu ini5150
Bulan ini20476
Total Pengunjung2519345
Online saat ini
2

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi