Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Pengembangan BB Padi Sebagai Kawasan Sains dan Teknologi di Indonesia

Pengembangan BB Padi Sebagai Kawasan Sains dan Teknologi di Indonesia

23.11.2019
BBPadi Media
132

Pengembangan BB Padi Sebagai Kawasan Sains dan Teknologi di Indonesia

23.11.2019
BBPadi Media
132

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melalui Kedeputian Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, menggelar Rapat Koordinasi Nasional Program Pembangunan Science Techno Park (STP), Kamis (21/11/2019) di Hotel Sari Pasific Jakarta.

Pembangunan Science Techno Park (STP) atau Kawasan Sains dan Teknologi (KST) merupakan salah satu program nasional yang digagas untuk mendukung pembangunan ekonomi di bidang IPTEK.

Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) merupakan salah satu target pembangunan dan pengembangan KST mewakili Kementerian Pertanian. Kabid Kerjasama dan Pendayagunaan Penelitian yang sekaligus manajer utama Taman Sains dan Teknologi Padi Dr. Suprihanto hadir pada acara ini bersama dengan perwakilan sekretariat TST Padi, Yuni Widyastuti, M.Si.

Untuk membangun sistem inovasi yang kuat dan berujung kepada industri dengan daya saing kuat serta penciptaan perusahaan pemula berbasis teknologi, diperlukan sinergi quadruple helix yaitu sinergi antara pemerintah; akademisi; masyarakat; dan pelaku usaha/industri.

Pada kurun waktu 2015-2019, Indonesia ditargetkan menghasilkan sejumlah KST yang telah melaksanakan fungsi utamanya, yaitu melaksanakan research and development yang berkelanjutan; menumbuhkan dan mengembangkan startup; serta menarik industri ke dalam kawasan.

Hubungan yang harmonis antar lembaga riset dengan pemerintah dan industri sangat diperlukan agar hasil penelitian tidak sampai pada uji coba, tetapi juga layak guna.

Rakornas menghadirkan narasumber dari Kemristek; Bappeda Kabupaten Bantaeng mewakili KST berbasis pemerintah daerah; dan mewakili KST berbasis perguruan tinggi adalah Science and Techno Park IPB. Turut hadir dalam kesempatan ini para penggiat KST dari seluruh Indonesia.

BB Padi menjadi satu-satunya Kawasan Sains dan Teknologi Padi di Indonesia, dan telah menjadi salah satu referensi penelitian dan pengembangan dari hulu sampai hilir mengenai perpadian.

Layanan teknis berupa bimtek maupun sebagai pusat informasi, layanan pengembangan teknologi, dan layanan pendukung berupa fasilitas uji telah lama menjadi fokus kerjasama BB Padi dengan masyarakat.

Melalui konsep KST ini, diharapkan kelembagaan BB Padi akan semakin kuat terutama pada bidang inkubasi bisnis untuk menciptakan pengusaha pemula berbasis teknologi.

Pengembangan Kawasan Sains dan Teknologi (KST) menjadi bukti nyata kontribusi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) sebagai wahana kolaborasi di bidang akademik, bisnis dan pemerintah demi mewujudkan pertumbuhan ekonomi berbasis iptek.

BB Padi sebagai kawasan terintegrasi diharapkan mampu mewujudkan bersatunya sains, teknologi, dan industri sehingga dapat memberikan dampak positif baik sosial maupun ekonomi terhadap pertanian khususnya padi di Indonesia (YW)

Bagikan Konten

Hashtag

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini885
Hari Kemarin1089
Minggu ini9049
Bulan ini18858
Online saat ini
12

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi