Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Panen Padi Gogo di Areal PATB, Bangka Selatan Sangat Menggembirakan

Panen Padi Gogo di Areal PATB, Bangka Selatan Sangat Menggembirakan

05.02.2019
BBPadi
595

Panen Padi Gogo di Areal PATB, Bangka Selatan Sangat Menggembirakan

05.02.2019
BBPadi
595

Dalam rangka memacu peningkatan produksi beras dibeberapa wilayah/provinsi di Indonesia, Kementerian Pertanian terus berupaya secara maksimal dengan memanfaatkan lahan kering, rawa dan cetak sawah baru melalui program  Perluasan Areal Tanam Baru (PATB).

Salah satu bentuk nyata dari program PATB tersebut adalah realisasi panen padi gogo varietas Mayang dilahan seluas 200 hektar di di Desa Ranggung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan, Senin (4/2/).

Dari data yang diperoleh, hingga Februari ini luas tambah tanam di Bangka Selatan tersealisasi 2.500 ha dari target yang ditetapkan Pemerintah Pusat sebesar 2.100 ha sehinga ada kelebihan 400 ha.

Dari hasil panen yang telah dilaksanakan  bersama-sama Staf Ahli Gubernur bidang Sumber Daya Manusia Kep Bangka Belitung Ir. Toni Purba, MM, Wakil Bupati Bangka Selatan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala BPTP Balitbangtan Babel dan Kabid PE BBPadi selaku PJ UPSUS Kab Bangka Selatan, diperoleh hasil yang menggembirakan.

Rata-rata hasil varietas lokal Mayang yang dipanen mencapai 4 ton/ha, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan produktivitas padi gogo Kabupaten yang hanya mencapai dibawah 2 ton/ha.

Ir. Sunihardi, MM selaku Kepala Dinas Pertanian Kab. Bangka Selatan dalam sambutannya sangat mengapresiasi semua komponen yang telah berhasil mendukung program pemerintah melalui prgram perluasan areal tanam baru diwilayahnya.

"ini menjadi momen penyampaian keberhasilan pertanian kita, hasil kerja keras seluruh stakeholder pertanian di Provinsi Bangka Belitung, terutama produksi padi dimana pada tahun 2018 luas tambah tanam padi (LTT) mencapai 25 ribu ha dan 13.083 ha disumbang oleh Kab. Bangka Selatan", tegas  Kepala Dinas Pertanian dihadapan peserta temu lapang.

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Riza Herdavid, berpesan agar dengan adanya keberhasilan tersebut juga diiringi dengan adanya peningkatan produksi dan dukungan dari pemerintah pusat ke daerah termasuk pendampingan kepada petani.

"Selain luas tambah tanam perlu juga diiringi dengan peningkatan produktivitas yang dianggap masih rendah yaitu 3.9 ton/ha, dukungan sarana dan prasarana, bantuan bimbingan teknis dan pengawalan dari pemerintah pusat melalui pendampingan UPSUS yang bekerja sama dengan pemerintah daerah", pungkasnya.

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini73
Hari Kemarin1067
Minggu ini4201
Bulan ini22626
Total Pengunjung2600443
Online saat ini
1

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi