Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Momentum HPS ke-39 Menjadi Sarana Diseminasi Inovasi Teknologi Padi Spesifik Lokasi

Momentum HPS ke-39 Menjadi Sarana Diseminasi Inovasi Teknologi Padi Spesifik Lokasi

03.11.2019
Suharna
271

Momentum HPS ke-39 Menjadi Sarana Diseminasi Inovasi Teknologi Padi Spesifik Lokasi

03.11.2019
Suharna
271

Partisipasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian pada penyelenggaraan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Kendari, Sulawesi Tenggara dilaksanakan didua lokasi yaitu Gelar Teknologi Inovasi Balitbangtan di Kecamatan Anggata dan Pameran Inovasi teknologi di kawasan Tugu MTQ Kota Kendari dari tanggal 2-5 November 2019. Tema yang diangkat dalam gelaran HPS tahun ini adalah  “Teknologi Industri Pertanian dan Pangan menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”.

Kepala BB Padi Dr. Priatna Sasmita dalam keterangan singkatnya menyampaikan partisipasinya dalam gelar teknologi tersebut. Priatna menjelaskan secara rinci inovasi spesifik lokasi tumpangsari  tanaman pangan (Turiman) padi gogo  tumpangsari dengan kedelai hasil Litbang Pertanian ditampilkan diareal Gelar Teknologi di Desa Pudambu, Kecamatan Anggata, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

"Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi), dan Balai Penelitian Kacang dan Umbi (Balitkabi)  menampilkan display penerapan inovasi teknologi spesifik lokasi untuk meningkatkan produksi pangan pola tumpang sari tanaman padi gogo menanam varietas Inpago 8, Inpago 11, Inpago 12 dan rindang 1tumpangsari dengan tanaman kedelai. Sedangkan pameran inovasi teknologi pertanian kami menampilkan/memamerkan produk-produk seperti publikasi cetak, benih unggul padi dan beras fungsional terbaru yang dilepas tahun 2019" jelas Priatna Sasmita.

Pameran di kawasan Tugu MTQ yang dipusatkan di Kota Kendari diikuti oleh seluruh jajaran Kementerian Pertanian dan seluruh Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia, dilaksanakan di Tugu MTQ Kota Kendari.

Priatna Sasmita berharap, momentum HPS ke-39 tahun ini dapat menjadi salah satu sarana diseminasi inovasi teknologi padi sepsifik lokasi kepada masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.

BB Padi sebagai lembaga riset memiliki peran dan posisi strategis dalam menghasilkan inovasi teknologi padi sehingga harus berkontribusi nyata dalam mendorong peningkatan produksi sehingga hasil inovasi dapat dirasakan dan dimanfaatkan dan bisa mensejahteraan petani.

Kegiatan pembukaan diawali dengan panen buah kakao oleh Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.  didampingi oleh para duta besar dari beberapa negara, Gubernur Sulawesi Tenggara, Gubernur Kalimatan Utara, Gubernur Jambi, Pejabat eselon I dan II Kementan dan Bupati-Bupati dari berbagai provinsi.

Sementara itu, Dalam sambutannya dihadapan ribuan peserta yang hadir,  Mentan Syahrul menegaskan pentingnya inovasi dalam wewujudkan peningkatan kesejahteraan petani dan pemenuhan lumbung pangan dunia 2014, tentu saja dengan program peningkatan produksi dan produktivitas dan mutu produk pertanian untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri atau konsumsi, industri dan substitusi impor bisa dipenuhi sendiri dan peningkatan ekspor dimasa yang akan datang menjadi tujuan.

Ditegaskan Mentan bahwa masalah pertanian adalah masalah kita semua, bukan sekedar program pemerintah tetapi kita berharap kita menemukan cara yang baik dan  kita berharap ada cara pandang yang sama khususnya masalah ketahanan  pangan dan memastikan setiap warga dapat dan mudah dalam mengaksesnya.

Selain itu dalam sambutanya, Mentan berkali-kali menegaskan bahwa proses pembangunan dan kemajuan pertanian tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah pusat, namun pemerintah daerah harus mengambil peran aktif dengan melakukan sinergisitas. Pertanian Indonesia kedepan harus dikelola secara progresif, sehingga mampu menjadi pusat perhatian dunia, terutama dalam mensupply kebutuhan pangan. (Shr/AMY/ADS).

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini846
Hari Kemarin1089
Minggu ini9010
Bulan ini18819
Online saat ini
10

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi