Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Memastikan Program Dilaksanakan Sesuai RPJMN, Deputi III Kantor Staf Presiden Monev Ke BB Padi

Memastikan Program Dilaksanakan Sesuai RPJMN, Deputi III Kantor Staf Presiden Monev Ke BB Padi

09.09.2020
BBPadi Media
138

Memastikan Program Dilaksanakan Sesuai RPJMN, Deputi III Kantor Staf Presiden Monev Ke BB Padi

09.09.2020
BBPadi Media
138

Dalam rangka program pengendalian strategis nasional,  Deputi III Kantor Staf Presiden (KSP) menjalankan tugas fungsinya sebagai sistem pemantauan dan sekaligus melakukan monitoring dan evaluasi salah satu Unit Kerja Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian di Sukamandi, Subang, Jawa Barat (8/9/2020).

Panutan S. Sulendrakusuma sebagai Deputi III Bidang Perekonomian didampingi Prof. Bustanul Arifin selaku tenaga ahli utama dan dua tenaga ahli muda dari tim Kantor Staf Presiden, dalam sambutanya menyampaikan tugas fungsi Deputi III KSP dan tujuan dari kunjungannya.

“Tujuan kunjungan kerja kami adalah untuk memenuhi tugas sesuai yang diamanatkan dari Kantor Staf Presiden.  Tugas kami ada tiga, yakni pengendalian program prioritas nasional, pengendalian isu-isu strategis, dan komunikasi politik”, jelasnya.

Lebih lanjut Panutan menambahkan bahwa sistem pemantauan yang dijalankan Deputi III, sekaligus untuk memastikan bahwa apa yang dilakukan oleh seluruh lembaga pemerintah, Kementerian/Lembaga  sesuai dengan apa yang telah direncanakan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

“Dalam rangka program pengendalian strategis nasional, kami mempunyai satu sistem namanya sistem monitoring dan evaluasi.  Sistem monitoring dan evaluasi adalah satu sistem pemantauan untuk memastikan bahwa apa yang dilakukan oleh seluruh lembaga pemerintah, Kementerian/Lembaga  sesuai dengan apa yang telah direncanakan dalam RPJMN”,  tambahnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian Priatna Sasmita dalam sambutanya memperkenalkan secara singkat tugas fungsi BB Padi dan tantangan yang harus dihadapi kedepan.

“BB Padi mempunyai tugas fungsi melakukan penelitain padi berbagai agroekosistem padi yang ada di Indonesia untuk disiapkan inovasi dan teknologinya. Output utama BB Padi  adalah  varietas unggul baru berbagai agroekosistem (lahan sawah irigasi), lahan rawa, dan lahan gogo/kering) adaptif terhadap agroekosistem, yang kedua adalah teknologi pendukung spesifik lokasi, dan menyiapkan benih sumber VUB spesifik lokasi untuk semua agroekosistem mengacu pada kebutuhan target luas tanam 11,2 juta hektar. Kewajiban menyiapkan benih sumbernya sesuai kalkulasi mencukupi untuk semua agroekosistem dan benih sudah sampai ke petani tetapi belum berkelanjutan setelah di petani”, terang Priatna. Dikatakan juga bahwa hampir 92 % yang ditanam petani menanam VUB, dan 8 % menggunakan varietas lokal.

Bustanul Arifin dalam diksusi bersama para pejabat struktural dan peneliti yang hadir meminta penjelasan tentang bagaimana kerjasama antara lembaga penghasil varietas dengan petani dalam penangkaran dan penyebarannya, agar benih bisa diadopsi secara langsung. Bahkan Bustanul menyinggung soal hambatan-hambatan dalam penyebaran benih untuk bisa diadopsi. Konteks keberlanjutan yang jadi masalah, keberlanjutan seperti apa yang perlu mendpat sentuhan dari Kantor Staf Presdien sehigga kami bisa lintas dikoordinasikan dengan Bapenas.

Diakhir kegiatan Deputi III KSP melakukan kunjungan lapangan ke areal produksi benih varietas unggul baru di Kebun Percobaan Sukamandi dan processing benih padi Unit Pnegelola Benih Sumber. (Shr)

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini1937
Hari Kemarin2644
Minggu ini9299
Bulan ini45618
Online saat ini
15

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi