Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Lokakarya Padi Ratoon Hasilkan Draft Proposal Kerja Sama Penelitian Lintas Instansi

Lokakarya Padi Ratoon Hasilkan Draft Proposal Kerja Sama Penelitian Lintas Instansi

21.09.2019
Suharna
284
Foto: BBPadi Media
Foto: BBPadi Media

Lokakarya Padi Ratoon Hasilkan Draft Proposal Kerja Sama Penelitian Lintas Instansi

21.09.2019
Suharna
284

BBPadi bersama tim dari para peneliti lintas instansi yaitu UNS, UNHAS, UGM dan BMKG telah melaksanakan lokakarya penyusunan proposal kegiatan penelitian bersama berjudul Advancing Rice Ratoon Farming for Climate Change Adaptation di Sukamandi (19/09/2019). Proposal tersebut kemudian akan diusulkan untuk mendapatkan pembiayaan dari JICA Jepang selama 5 tahun.

KaBB Padi, Dr. Priatna Sasmita dalam pembukaan  lokakarya memberikan apresiasi terhadap Tim dan menyarankan bahwa teknologi ratoon yang pernah dikaji oleh BBPadi dapat dielaborasi dengan teknologi dari luar sehingga menghasilkan inovasi teknologi ratoon yg dapat diimplementasikan di tingkat petani.

Dr. Komariah sebagai Tim Leader sangat berterima kasih kepada peneliti BBPadi yang telah banyak memberikan masukan yang banyak terkait teknologi ratoon yang sudah dikaji peneliti BBPadi. Output dari kegiatan adalah terbentuknya center of information ratoon technology yang juga dapat menghasilkan paten dan publikasi ilmiah.

Ratoon atau Singgang merupakan tanaman padi yang tumbuh kembali setelah dipotong karena panen atau perlakuan tertentu. Sistem ini masih perlu penelitian yang lebih lanjut untuk mengoptimalkan hasil gabah dari tanaman ratoon. Dengan sistem ini memiliki keunggulan karena lebih efisien dari sisi ongkos produksi utk pengolahan dan tanam, hemat air dan tidak merusak struktur tanah sehingga sehingga merupakan pilihan disaat terbatasnya semua sumber daya. (YN)

Bagikan Konten

Hashtag

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini288
Hari Kemarin1405
Minggu ini1693
Bulan ini26223
Total Pengunjung2698031
Online saat ini
14

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi