Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Mentan Syahrul Yasin Limpo, Launching Varietas Unggul Baru Beras Khusus

Mentan Syahrul Yasin Limpo, Launching Varietas Unggul Baru Beras Khusus

18.12.2019
BBPadi Media
299

Mentan Syahrul Yasin Limpo, Launching Varietas Unggul Baru Beras Khusus

18.12.2019
BBPadi Media
299

Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan ke Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Senin (16/12). Pada acara yang dihadiri hampir 1500 petani tersebut turut hadir Bupati Subang H. Ruhimat dan anggota DPR RI Dedi Mulyadi.

Mentan mengawali kegiatannya dengan melakukan peninjauan ruang penyimpanan benih padi di gedung Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS). Mentan menyampaikan akan pentingnya fungsi benih yang berkualitas dalam mendongkrak pencapaian produksi yang tinggi. Oleh karena itu diharapkan benih sumber yang dihasilkan oleh balai komoditas seperti BB Padi ini harus dapat segera terdistribusi  dan dipergunakan di lahan petani.

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan program strategis Kementerian Pertanian, yaitu melalui gerakan nasional peningkatan produktivitas, produksi dan ekspor. Dengan inovasi dari BB Padi ini diharapkan dapat meningkatkan produksi padi dan kesejahteraan petani. Masih dalam sambutannya, mentan memprioritaskan tujuh program dan kegiatan strategis yaitu diantaranya program satu data untuk akurasi data lahan dan produksi, Agriculture War Room, Kostra Tani, gerakan nasional peningkatan produktifitas produksi dan ekspor, family farming, pertanian masuk sekolah dan kawasan pertanian terintegrasi maju dan modern. Badan Litbang sebagai penghasil inovasi teknologi terus berupaya melahirkan inovasi maju berbasis teknologi di era industrial 4.0. Hal tersebut dituangkan dalam kegiatan pemetaan luas lahan baku sawah berpresisi tinggi menggunakan citra satelit, pengunaan alat, mekanisasi pertanian robotic dan autonomus; teknologi pemupukan dan pengairan presisi.

Sedangkan Bupati Subang, H. Ruhimat yang juga turut hadir pada acara tersebut dalam sambutannya mengatakan, kunjungan Menteri Pertanian di Kabupaten Subang saat ini akan mendukung Pemda Kabupaten Subang untuk terus menjadikan bidang pertanian sebagai salah satu kebijakan strategis Pemda Kabupaten Subang dan untuk terus  mempertahankan sebagai salah satu daerah penghasil lumbung padi nasional.

Dipenghujung acara kemudian dilaksanakan penandatanganan dan peresmian taman sains dan teknologi padi, penandatanganan perjanjian kerjasama pengiriman produk benih padi dengan layanan online sistem website dan pemanfaatan outlet PT. Pos Indonesia (Persero) dilanjutkan dengan launching teknologi varietas unggul baru padi fungsional, launching aplikasi pemesanan dan distribusi benih VUB berbasis android dan launching teknologi Alsintan 4.0 untuk wujudkan pertanian maju, mandiri dan modern.  

Adapun 5 Varietas Unggul Baru Padi yang di launching oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo adalah Baroma (Basmati Aromatik) dengan Potensi hasil mencapai 9,18 ton/ha. Paketih (Padi Ketan pUtih) Potensi hasilnya  9,46 ton/ha. Pamera (Padi Merah Aromatik) Potensi hasilnya 11,33 ton/ha . Pamelen (Padi Merah Pulen) Potensi hasilnya 11,91 ton/ha. Dan yang terakhir adalah Jeliteng (Padi Beras Hitam) dengan perolehan Potensi hasilnya mencapai  9,87 ton/ha. (IH/MN/DW)

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini50
Hari Kemarin1453
Minggu ini2789
Bulan ini34958
Online saat ini
3

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi