Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Kebun Percobaan Harus Jadi Agen Perubahan, Pembaharu, dan Menjadi Contoh

Kebun Percobaan Harus Jadi Agen Perubahan, Pembaharu, dan Menjadi Contoh

27.05.2019
Suharna
352
Kepala BBPadi Dr. Priatna Sasmita foto bersama karyawan Kebun Percobaan Muara Bogor (Foto: BBPadi Media)
Kepala BBPadi Dr. Priatna Sasmita foto bersama karyawan Kebun Percobaan Muara Bogor (Foto: BBPadi Media)

Kebun Percobaan Harus Jadi Agen Perubahan, Pembaharu, dan Menjadi Contoh

27.05.2019
Suharna
352

Usai Rakor UPT Lingkup Kementan dengan tema membangun Pertanian 4.0, Kepala BBPadi Dr. Priatna Sasmita didampingi Kepala Bagian Tata Usaha BBPadi Ir. Prayitno, MSc. langsung melakukan pembinaan terhadap salah satu Kebun Percobaan (KP) Balitbangtan BBPadi yaitu KP Muara yang berada di Bogor, siang hari ini (27/05/19)

Dalam pembinaannya dihadapan seluruh karyawan KP Muara, Kepala BBPadi menyampaikan beberapan point arahan Pak Mentan, yaitu bahwa, KP dengan potensi yang dimilikinya harus bisa dikelola menjadi agen perubahan, agen pembaharu, dan menjadi contoh. Selanjutnya mengajak petani/calon pengguna untuk melihat percontohan sekaligus membuktikan keunggulan yang ada untuk dapat dimanfaatkan.

Kebun Percobaan Harus Jadi Agen Perubahan, Pembaharu, dan Menjadi Contoh

Pada bagian lainnya Priatna, menegaskan pula bahwa inovasi yang ditunjukkan harus lebih hebat/unggul daripada yang ada di petani (percontohan), misal menggunakan teknologi terkini, alsintan, drone, peralatan canggih dan otomatis sebagai inplementasi teknologi 4.0. Lahan kebun jangan sampai dibiarkan menjadi lahan tidur mesti sejengkal lahan pun, termasuk harus dapat manfaatkan air seoptimal mungkin, jelasnya.

Berkaitan dengan fungsi kebun antara lain sebagai tempat penelitian dan diseminasi, Kepala BB Padi menekankan pula agar lingkungan perkantoran dan lapangan agar dikelola dengan baik, apalagi bahwa kebun sebagai salah satu fungsi tempat agrowidyawisata.

Menurutnya, sebagai fungsi agrowidyawisata dan TSTP kebun juga tidak hanya menampilkan inovasi dan teknologi komoditas  utama (BB Padi, Padi) namun juga harus dapat menampilkan sinergisme  teknologi/inovasi dengan komoditas tanaman pangan lain, hortikultur, ternak, ikan, dll dalam rangka meningkatkan efisiensi dan nilai tambah, jelas Priatna.

Bagikan Konten

Hashtag

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini73
Hari Kemarin1067
Minggu ini4201
Bulan ini22626
Total Pengunjung2600443
Online saat ini
1

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi