Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Petani Karawang Belajar Korporasi ke Taiwan

Petani Karawang Belajar Korporasi ke Taiwan

30.10.2018
BBPADI
537

Petani Karawang Belajar Korporasi ke Taiwan

30.10.2018
BBPADI
537

Kementerian Pertanian akan memberangkatkan petani dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk belajar korporasi ke Taiwan. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Demonstrasi Farm (Demfarm) Pertanian Korporasi yang dilaksanakan di Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang.

“Keberangkatan dilaksanakan pada Kamis, 1 November pukul 06.00 pagi dari Laboratorium Pascapanen Karawang,” kata Penanggungjawab Demfarm Pertanian Korporasi Karawang, Dr. Yudhistira kepada Sinar Tani, Selasa (30/10).

Rencananya Rabu (31/10) akan dilakukan acara pelepasan oleh Bupati Karawang. Pada acara tersebut juga dihadiri Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan, Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Padi, dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang.

Yudhistira mengatakan, demfarm ini dirancang pengembangannya selama 3 tahun (2018-2020) dengan kawasan padi seluas 400 ha pada tahun 2018 dan 1000 ha pada tahun 2019. Kawasan pertanian tersebut mencakup lima desa yaitu Desa Ciptamarga, Desa Medang Asem, Desa Jaya Makmur, Desa Jayakerta dan Desa Kampung Sawah.

Di Desa Madeng Asem juga dikembangkan percontohan agribisnis hortikultura modern. Sedangkan di Desa Kampung Sawah dikembangkan percontohan agribisnis itik modern. “Kesemua percontohan tersebut akan dikelola secara korporasi,” katanya.

Kementerian Pertanian menyiapkan demfarm ini berkerjasama dengan Pemerintah Taiwan dan Pemerintah Kabupaten Kerawang. Demfarm ini kata Yudhistira, nantinya akan menjadi sentra rantai pasok ilmu pengetahuan dan teknologi inovatif, penelitian dan pengembangan, pendidikan dan penyuluhan serta pusat pertumbuhan komoditas pertanian modern.

Petani Jadi Pebisnis

Pengembangan korporasi di demfarm Karawang diimplementasikan dalam bentuk sebuah pembimbingan petani untuk mampu dan bersedia bertransformasi dari pengelolaan pertanian secara konvensional menjadi secara korporasi. “Melalui transformasi pertanian, petani diharapkan bertransformasi menjadi pebisnis,” kata Yudhistira.

Bisnis petani nantinya dalam bidang pertanian (agriculture businessman), berjiwa kewirausahaan (entrepreneur) dan bertindak sebagai subyek pembangunan bidang pertanian yang berperan aktif dalam meningkatkan produksi pertanian, daya saing dan nilai tambah produk pertanian sehingga mampu meningkatkan kesejahteraannya secara nyata.

Program ini diikuti oleh 30 peserta. Terdiri dari petani 12 orang (40%), PPL 7 orang (23%), staf Dinas Pertanian 5 orang (17%) dan peneliti 6 orang (20%). Training akan dilakukan selama 15 hari. Di Taiwan, peserta akan diberikan pengetahuan mengenai pertanian korporasi, praktek dan kunjungan lapangan ke beberapa sentra pertanian korporasi di Taiwan.

Kunjungan pertama adalah ke Kota Taichung yang merupakan kota terbesar ketiga di Taiwan setelah Kota Taipei dan Kota Kaohsiung. Di Taichung peserta akan mempelajari berbagai inovasi teknologi padi dan hortikultura modern mulai dari sistem perbenihan, budidaya, panen dan pascapanen. Peserta juga akan diperkenalkan tentang pengelolaan irigasi modern, penyuluhan modern dan kelembagaan petani yang modern.

Setalah ke Taichung, peserta akan mengunjungi Kota Yunlin untuk melihat langsung keberhasilan pengembangan korporasi petani. Dari Yunlin, peserta akan menuju Kota Chiayi untuk belajar agribisnis itik yang dilakukan secara korporasi. Kunjungan terakhir akan dilakukan di Kota Tainan dengan mengunjungi Lembaga Penelitian dan Penyuluhan Pertanian Taiwan.

“Sebelum kembali ke Indonesia, peserta akan diperkenalkan budaya dan keindahan alam di Taiwan melalui kegiatan cultural trips di kota Nantou, Tainan dan Taipei,” ungkap Yudhistira.

Diharapkan training ke Taiwan ini sebagai kegiatan yang dapat meningkatkan ilmu dan pengalaman petani, PPL, Staf Dinas Pertanian, dan Peneliti untuk mengembangkan pertanian modern berbasis korporasi di Kabupaten Karawang yang lebih baik.

Reporter : Yuli

Sumber : tabloidsinartani.com

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini654
Hari Kemarin1303
Minggu ini5977
Bulan ini31995
Total Pengunjung2402716
Online saat ini
9

© 2018. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi