Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Jalin Kerjasama: Universitas Mulawarman Berkunjung ke BB Padi

Jalin Kerjasama: Universitas Mulawarman Berkunjung ke BB Padi

22.10.2018
BBPADI
541

Jalin Kerjasama: Universitas Mulawarman Berkunjung ke BB Padi

22.10.2018
BBPADI
541

Dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas SDM  sekaligus untuk mendukung dan meningkatkan kegiatan penelitian di bidang tanaman pangan, hari ini, Senin (22/10/2018) Tim Universitas Mulawarman Kalimantan Timur berkunjung ke Balai Besar Penelitian Tanaman Padi.

Rombongan yang hadir terdiri dari  Dekan Fakultas Pertanian Unmul Dr. Ir. Rusdiansyah, MSi beserta tim  diterima langsung oleh Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Dr. Priatna Sasmita diruang kerjanya di Sukamandi.

Rusdiansyah menyampaikan maksud dan tujuan berkunjung ke BB Padi adalah untuk melakukan kerjasama penelitian khususnya penelitian dan pengembangan padi sesuai kondisi spesifik di Kalimantan Timur.

"Kami dan tim ke BB Padi Sukamandi dalam rangka pembicaraan rencana kerjasama penelitian antara Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur dengan BB Padi.

Lebih lanjut Ia mengatakan " Kenapa kami ke BB Padi?,  hal ini dengan pertimbangan potensi yang dimiliki oleh masing-masing institusi dapat dikerjasamakan untuk meningkatkan penelitian dan pengembangan terutama komoditas padi di Indonesia, Kata Rusdiansyah di sela-sela kunjungannya di Sukamandi.

"Kami ingin ada kerjasama di bidang akademik seperti magang dan riset untuk mahasiswa kami, selain itu kami berharap para peneliti BB Padi yang memiliki bidang spesialisasi tertentu dapat memberikan materi pada kuliah terbuka di tempat kami" tambah Rusdi

Sementara itu, didepan tim yang berkunjung Dr. Priatna menjelaskan bahwa kerjasama seperti ini bisa ditindaklunjuti dengan melibatkan sumberdaya yang ada di BB Padi.

"BB Padi memiliki potensi kerjasama dengan Unmul terutama untuk eksplorasi padi lokal, mengingat provinsi Kalimantan Timur memiliki kekayaan padi lokal yang luar biasa. Selain itu, dengan adanya materi genetik tersebut diharapkan bisa dieskplorasi sebagai sumber donor baik untuk ketahanan hama dan penyakit, kualitas gabah beras maupun karakter agronomis lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk bahan pemuliaan di BB Padi"

Ditempat yang sama Rusdiansyah mengamini hal-hal yang disampaikan Kepala BB Padi.  Selain materi-materi diatas juga  dimungkinkan kerjasama yang lainnya seperti pengujian daya hasil sesuai dengan spesifik lokasi yang dimiliki oleh provinsi Kaltim yaitu daerah gogo, gambut, salin dan pasang surut.(YW/Shr)

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini647
Hari Kemarin1303
Minggu ini5970
Bulan ini31988
Total Pengunjung2402709
Online saat ini
9

© 2018. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi