Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Kiprah BB Padi diajang Konferensi Dunia

Kiprah BB Padi diajang Konferensi Dunia

19.10.2018
BBPADI
940

Kiprah BB Padi diajang Konferensi Dunia

19.10.2018
BBPADI
940

The 5th International Rice Congress (IRC2018) adalah ajang pertemuan terbesar para pemikir, ilmuwan, pembuat kebijakan, pakar pertanian, dan penyedia teknologi dari dunia penelitian tanaman padi. Pelaksaan seminar bertempat di Marina Bay Sands, Singapura dari tanggal 15 sampai 17 Oktober 2018.

Acara ini merupakan event empat tahun-para pelaku industri padi, untuk saling berbagi dan belajar tentang inovasi terdepan, teknologi mutakhir, dan kebijakan penting yang dapat mempengaruhi masa depan padi sebagai salah satu tanaman pokok dunia yang paling penting.

Selain seminar ilmiah (oral dan poster), IRC 2018 juga menampilkan pameran dari para stakeholder pertanian terkait padi.

Ada dua agenda dalam Seminar ilmiah IRC 2018 kali ini, yaitu International Rice Research Conference 2018 (IRRC 2018) dan 8th Rice Genetics Symposium (RG8).

Sebagai Lembaga penelitian tanaman padi nasional, BB Padi berpartisipasi aktif dalam mengirimkan hasil-hasil pemikiran dan penelitian padi di Indonesia.

BB Padi yang merupakan bagian delegasi Badan Litbang Pertanian mengirimkan tujuh orang peneliti. Masing-masing peneliti tersebut menyampaikan beragam topik, yaitu Pengaruh Musim dan ketinggian Tempat terhadap kandungan Zn pada gabah (Dr. Untung Susanto), Pengujian daya hasil dan PVS untuk mengidentifikasi galur-galur padi toleran salinitas sesuai dengan preferensi petani di daerah salin (Dr. Nafisah), Perbaikian varietas Padi Gogo untuk dataran tinggi di Indonesia (Dr. Aris Hairmansis), Ciherang Reborn: Apakah akan mengulang kesuksesan? (Dr. Yudhistira Nugraha), Status perakitan padi rawa di Indonesia (Dr. Indrastuti Rumanti), serta Kesenjangan potensi hasil dan hasil gabah di Indonesia (Nurwulan Agustiani, SP. MAgr.).

Materi yang disajikan cukup menarik pada setiap sesi,  sesi panel, diantaranya The Future of Rice – Production, Consumption and Trade, Platinum the Heart and nature in Agriscience – How inclusive innovation helps find solutions to global challenges in agriculture, or food security, Reimagining Global Agriculture and Reimagining the Rice Bowl, Functional Genomic leading to new revolution: from Green Super Rice to green agriculture, shaping the Future of Agriculture through Innovation, etc.

Pada sesi paralel, topik-topik yang disajikan berupa hasil-hasil penelitian mengenai studi genetik padi terkait cekaman biotic dan abiotic, manajemen budidaya padi, keragaman genetik padi, metodologi pemuliaan efektif dan efisien, keamanan pangan dan nutrisi, teknologi padi untuk masa depan, dan teknologi informasi pertanian berbasis computer.

Partisipasi BB Padi pada IRC tahun ini,  merupakan yang kesekian kalinya dan akan terus dipertahankan mengingat manfaat yang didapat untuk terus meningkatkan kapasitas BB Padi.

Pada event tersebut, BB Padi  tidak hanya memperkenalkan kepada dunia internasional, namun yang lebih utama adalah dapat juga meningkatkan pengetahuan ilmiah untuk menambah wawasan penelitian serta jejaring internasional.

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini635
Hari Kemarin1303
Minggu ini5958
Bulan ini31976
Total Pengunjung2402697
Online saat ini
8

© 2018. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi