Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Duduk Bersama untuk Menentukan Nasib Pangan Provinsi Bangka

Duduk Bersama untuk Menentukan Nasib Pangan Provinsi Bangka

13.01.2019
BBPadi
305

Duduk Bersama untuk Menentukan Nasib Pangan Provinsi Bangka

13.01.2019
BBPadi
305

Awal tahun 2019 Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBPadi) Dr. Priatna Sasmita yang sekaligus sebagai penanggungjawab UPSUS Pajale Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengawali kegiatannya ke Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikuktura Provinsi Babel di ruang Kerja Kepala Dinas Pertanian, Rabu (9/1/2019).

Dalam kegiatanya Penjab UPSUS Pajale melakukan pertemuan internal dengan Ir. Juaidi, MSi. selaku Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Provinsi yang baru saja diangkat menggantikan  posisi yang sebelumnya dijabat Ir. Toni H.A. Batubara, SE, MT karena mendapatkan tugas baru sebagai Stap Ahli Gubernur Babel. Selain itu hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Babel Dr. Wahyu Wibawa, Tim LO UPSUS Pajale dari BB Padi dan BPTP Babel dan seluruh jajaran pejabat struktural eselon 3 dan 4 di lingkup Dinas Pertanian dan Hortikultura Provinsi Babel.

Pertemuan yang berlansung penuh keakraban tersebut di awali dengan perkenalan Kepala Dinas Pertanian sekaligus dialog dengan seluruh jajaran yang hadir dalam rangka mensukseskan program UPSUS Pajale 2019 di Provinsi Babel. Juaidi, dalam dialognya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Penjab UPSUS atas kerja keras dan capaian-capainya yang ditunjukkan dengan peningkatan  capaian LTT setiap tahunnya hingga 2018. Berdasarkan data BPS, LTT Padi sebelum program UPSUS (2014) hanya seluas 12.356 ha sedangkan pada akhir 2018 LTT padi mencapai  31.777,6 ha. Juaidi berharap pula agar hal-hal yang sampai saat ini masih menjadi kendala, segera menemukan solusinya hingga Babel bisa berswasembada.

"Bicara pangan khususnya padi itu tidak akan ada habisnya, tetapi semua itu bisa kita atasi bersama-sama dengan kerjasama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah. Berdasarkan data yang ada di Dinas, mengacu pada luas baku lahan  yang ada, capaian UPSUS yang ditunjukan oleh Luas Tambah Tanam (LTT) kita sudah cukup tinggi. PR kita di awal tahun ini adalah menyelaraskan perubahan  data lahan  BPS atau BPN berdasarkan metode Kerangka Sampel Area (KSA) dengan baku lahan yang sebenarnya. Hasil verifikasi data luas lahan baku yang telah kita sama-sama lakukan perlu segera disosialisasikan kepada beberapa pihak yang punya kewenangan untuk mengeluarkan data agar data tersebut sama-sama akurat, dan bisa diterima oleh semua pihak, kata Kepala Dinas.

Sementara itu Priatna Sasmita mengamini apa yang disampaikan Kepala Dinas Pertanian tersebut, bahkan Priatna menyoroti bahwa hasil verifikasi data yang telah dicapai dihubungkan dengan capaian LTT selama ia menjabat sebagai penjab Upsus, dinyatakan telah sesuai dan rasional. Bahkan Priatna menegaskan untuk memastikan data tersebut kiranya perlu duduk bersama dengan  pihak berwenang mengukur dan menentukan luas lahan baku sawah yang selama ini masih menjadi polemik.

Target Luas Tambah Tanam (LTT) padi 2019 masih belum ditetapkan oleh Pj UPSUS Nasional, namun demikian target Januari 2019 telah ditetapkan yaitu seluas 673 ha. Posisi akhir sampai hari ini (09/01/19) data LTT Provinsi  Babel Januari 2019 seluas 408 ha atau telah tercapai sekitar 60%. Priatna optimis target LTT Januari ini bisa tercapai, namun demikian Babel harus siap-siap bisa menggenjot peningkatan LTT di bulan-bulan berikutnya, dengan harapan produksi padi Babel meningkat signifikan, jelas Priatna.

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini1032
Hari Kemarin1477
Minggu ini9962
Bulan ini25288
Total Pengunjung2524157
Online saat ini
9

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi