Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Dharma Wanita Persatuan Balitbangtan Berpotensi Menjadi Agen Pencegah Stunting di Indonesia

Dharma Wanita Persatuan Balitbangtan Berpotensi Menjadi Agen Pencegah Stunting di Indonesia

27.02.2020
BBPadi
227

Dharma Wanita Persatuan Balitbangtan Berpotensi Menjadi Agen Pencegah Stunting di Indonesia

27.02.2020
BBPadi
227

Pertemuan Dharma Wanita Persatuan kali ini diadakan istimewa di Tempat Penghasil Inovasi Varietas Unggul Baru Padi yakni di BB Padi. Acara dihadiri oleh kurang lebih 75 orang peserta yang terdiri dari para ketua DWP Puslitbang dan Balai Besar lingkup Balitbangtan. Sambutan selamat datang disampaikan langsung oleh Ibu Ketua DWP BB Padi yakni Ibu Euis Priatna Sasmita.  Selanjutnya inti acara di pimpin langsung oleh ibu Ketua DWP Balitbangtan dr. Indri Fajri Jupri didampingi oleh Wakil Ketua DWP Ibu Prama Yufdy.

Yang membuat istimewa pertemuan rutin kali ini adalah tema acara yakni “Peran Aktif DWP Balitbangtan dalam Mendukung Program Pencegahan Stunting di Indonesia Melalui Pengembangan Produk Padi Biofortifikasi (Nutrisi tinggi)”. Materi disampaikan oleh Wage Ratna Rohaeni, SP. MSi selaku salah satu Pemulia Inpari IR Nutri Zinc. Materi berisi potensi bahaya stunting, program pencegahan stunting, dan sosialisasi VUB Inpari IR Nutri Zinc sebagai produk pangan bernutrisi untuk untuk alternatif pencegah stunting. Misi dan tugas pokok Dharma Wanita memiliki sinkronisasi dengan program pencegahan stunting. Salah satu tugas pokok Dharma Wanita adalah menjalin kerjasama berbagai pihak dan bakti social. Pada acara ini disampaikan bahwa Dharma Wanita Persatuan Balitbangtan memiliki potensi menjadi “Agen Pencegah Stunting”, yakni berperan aktif sebagai penyebar informasi Produk-produk Inovasi Bernutrisi tinggi yang dihasilkan Balitbangtan seperti Inpari IR Nutri Zinc. Tak menutup kemungkinan produk inovasi bernutrisi tinggi lainnya.

Balitbangtan Kementerian Pertanian dapat dikatakan sebagai lembaga kementerian satu-satunya yang berhasil merakit inovasi teknologi pangan bernutrisi tinggi berupa Varietas Unggul Baru Padi dengan kandungan Zn tinggi, yaitu Inpari IR Nutri Zinc. Sehingga produk ini dapat dijadikan bahan untuk program-program kegiatan Dharma Wanita untuk divisi Sosial dan divisi kesehatan. Dharma Wanita Persatuan (DWP) Balitbangtan merasa perlu untuk ikut berperan aktif dalam membantu mensukseskan program-program pencegahan stunting di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar teknologi inovasi terkait produk pangan di Indonesia adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh Balitbangtan Kementan. DWP Balitbangtan perlu untuk dapat bersinergi dengan DWP antar eselon 1 di Kementan dan sinergi antar DWP Kementerian.

Ibu ketua DWP Balitbangtan yang memiliki profesi sebagai dokter anak sangat menyambut baik program pengembangan padi biofortfikasi dan bersedia untuk memasukan produk-produk inovasi seperti Inpari IR Nutri Zinc pada program-program Dharma Wanita Persatuan Balitbangtan. Produk-produk pangan bernutrisi hasil Balitbangtan direncanakan akan diangkat ke acara tingkat Kementerian.

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini1328
Hari Kemarin1535
Minggu ini10755
Bulan ini45649
Online saat ini
14

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi