Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Buka Wawasan Terkait Perpadian Melalui Bimtek Virtual

Buka Wawasan Terkait Perpadian Melalui Bimtek Virtual

17.06.2020
BBPadi
391
Suhartini, STP, M.FSc. Peneliti Pasca Panen BBPadi selaku nara sumber Bimtek (Foto: BBPadi Media)
Suhartini, STP, M.FSc. Peneliti Pasca Panen BBPadi selaku nara sumber Bimtek (Foto: BBPadi Media)

Buka Wawasan Terkait Perpadian Melalui Bimtek Virtual

17.06.2020
BBPadi
391

Bimbingan Teknis (Bimtek) Virtual ke-empat yang dilaksanakan dipertengahan tahun oleh Balai Besar Penelitian Tanaman Padi banyak mengundang peminat. Sebanyak 112 peserta mengikuti bimtek dengan tema Potensi Usaha Beras Premium Pengembangan Beras Jaminan Varietas. Peserta berasal dari berbagai  latar belakang profesi, antara lain petani, pengusaha beras, dosen, penyuluh, dan peneliti.

Dr. Suprihanto selaku Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian BB Padi yang mewakili Kepala BB Padi dalam sambutan pembukaannya menyingung soal varietas yang telah dilepas dan perkembangannya di masyarakat.

“Varietas, merupakan salah satu teknologi inovatif andalan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi yang berkembang di masyarakat baik melalui industri benih maupun beras.
Lebih dari 280 varietas unggul telah dihasilkan BB Padi, namun masih sedikit yang dikenal secara luas oleh masyarakat, hal ini ditegaskan saat membuka acara Bimtek di ruang Auditorium Sadikin Somaatmadja, BB Padi, Subang, Jawa Barat. ( 16/6/2020).

Suhartini, STP, M.FSc. peneliti pasca panen BB Padi selaku nara sumber memaparkan informasi mengenai beras, mutu, jaminan varietas, potensi usaha, hingga regulasi yang terkait.

Banyak hal yang disampaikan  terkait perberasan. Dikatakan, memproduksi beras dengan jaminan varietas harus memperhatikan proses produksi dari hulu sampai ke hilir, mulai dari benih, tanam, sampai tahap pengemasan perlu dikawal dengan ketat dan terdokumentasi dengan baik untuk menjamin kemurnian dan keaslian varietas nya. Sementara itu, untuk mendapatkan mutu beras yang premium sesuai dengan Permentan nomor 31/Permentan/PP.130/8/2017, implementasi proses penanganan pascapanen yang baik (good handling practice) perlu diperkuat.

BBPadi Media- Buka Wawasan Terkait Perpadian Melalui Bimtek Virtual

Jaminan varietas menjadi nilai tambah dalam produksi beras dengan mutu premium. Hal ini sebagai upaya untuk memberikan jaminan kebenaran informasi tentang varietas kepada konsumen serta meningkatkan nilai tambah bagi pengusaha beras. Bagi pemulia tanaman, informasi ini sekaligus upaya mempertahankan identitas varietas menunjukkan sumber genetik yang digunakan.

Potensi usaha beras premium masih terbuka lebar. Balitbangtan telah melepas beberapa varietas dengan tipe beras khusus antara lain: Jeliteng, Pamelen, Pamera, Tarabas, dan lainnya. Dalam Permentan No. 48 tahun 2017 tentang beras khusus, harga mengacu pada kelas beras premium sesuai ketentuan Permendag nomor 57 tahun 2017 tentang harga beras medium dan premium. Peluang ekspor dengan target pasar konsumen tertentu menjadi pertimbangan dan peluang besar bagi pengembangan beras khusus ini.

Suhartini juga mengingatkan para pelaku industri perberasan untuk mengenali regulasi yang berlaku baik di dalam maupun luar negeri terkait beras premium. Dukungan dari pemerintah  melalui Permentan No. 48/PERMENTAN/PP.130/12/2017 tentang Beras Khusus dan Permentan No. 53/PERMENTAN/KR.040/12/2018 tentang Keamanan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT). Adapun klaim beras khusus di luar negeri harus memperhatikan Codex Internasional dan/atau peraturan lain yang bersifat Kawasan di negara tujuan ekspor.

BB Padi sebagai pusat unggulan iptek padi dan satu-satunya Taman Sains dan Teknologi Padi di Indonesia siap memberikan dukungan berupa pendampingan untuk pengembangan beras premium. Sesuai dengan kompetensi dan keilmuan yang dimiliki, BB Padi siap mengawal mitra yang berminat bergerak dalam pengembangan beras premium ini. Saat ini telah dibentuk pilot project terkait pengembangan beras premium dengan jaminan varietas oleh BB Padi dengan nama Belindi.

“Mari kita mulai berpikir, bahwa sepiring nasi yang kita makan sehari-hari ternyata memiliki makna lebih dalam dalam kehidupan ini. Tak hanya memenuhi kebutuhan kalori dan kesehatan namun dalam sepiring nasi itulah terletak nasib jutaan petani Indonesia dan berbagai pihak yang terlibat dalam mata rantai produksi dan distribusinya. Oleh karena itu, membuka wawasan lebih lebar terkait padi, gabah, beras, hingga nasi adalah bentuk tanggungjawab kita terhadap anugerah pangan yang telah Tuhan berikan” pesannya.

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini1242
Hari Kemarin1602
Minggu ini4382
Bulan ini12418
Online saat ini
10

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi