Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»BBPadi Meraih Penghargaan Sebagai Unit Kerja Dengan Transparansi Kinerja Terbaik 2019

BBPadi Meraih Penghargaan Sebagai Unit Kerja Dengan Transparansi Kinerja Terbaik 2019

03.10.2019
Suharna
188
KaBB BBPadi Dr. Priatna Sasmita menerima piagam penghargaan di malam penganugrahan pemeringkatan keterbukaan informasi publik, Hotel Margo Depok 01/10/2019 (Foto: BBPadi Media)
KaBB BBPadi Dr. Priatna Sasmita menerima piagam penghargaan di malam penganugrahan pemeringkatan keterbukaan informasi publik, Hotel Margo Depok 01/10/2019 (Foto: BBPadi Media)

BBPadi Meraih Penghargaan Sebagai Unit Kerja Dengan Transparansi Kinerja Terbaik 2019

03.10.2019
Suharna
188

Sebagai badan publik, Kementerian Pertanian telah mengimplementasikan keterbukaan informasi publik sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri Pertanian Nomor 32 tahun 2011 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Dalam waktu kurun waktu sembilan tahun dalam melakasanakan pengelolaan informasi publik, Kementerian Pertanian telah memiliki pondasi yang kuat melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) diseluruh unit kerja/unit pelaksana teknis lingkup Kementerian Pertanian.

Dalam rangka implementasi peraturan tersebut, Kementan menyelenggarakan rapat koordinasi Keterbukaan Informasi Publik dengan tema Penguatan Pengelolaan Layanan Informasi Publik, Selangkah Menjadi Badan Publik Informatif.

Peserta yang hadiri sebanyak 460 peserta dari 31 unit kejra dan UPT terdiri pimpinan Unit Kerja/UPT, PPID Pelaksana Eselon I, PPID Pembantu Pelaksana lingkup Kementan, dan PPID Pelaksana UPT lingkup Kementan seluruh Indonesia.

BBPadi Meraih Penghargaan Sebagai Unit Kerja Dengan Transparansi Kinerja Terbaik 2019

Tujuan pelaksanaan Rakor PPID adalah untuk memberikan pemahaman kepada pemimpin unit kerja tentang pentingnya pengelolaan dokumen dan pelayanan informasi publik, mendorong koordinasi dan sosialisasi internal UK dan UPT tentang keterbukaan informasi publik terutama terkait pengelolaan dokumen beserta aplikasinya, menyamakan persepsi pelayanan informasi publik di lingkup Kementan, serta menjadi sarana dan media bertukar informasi antar PPID lingkup Kementan untuk membangun pengelolaan informasi yang lebih baik dalam rangka mendukung target utama Kementan.

Rapat Koordinasi PPID menghadirkan narasumber dari Komisis Informasi Pusat terkait pengelolaan pelayanan informasi publik serta penyeselasain sengketa informasi publik. Diharapkan dengan kegiatan ini mampu menyajikan fakta PPID di Kementan dan meberikan pelayan yang baik efektif dan efisien. Selama rapat diselengarakan juga malam penganugerahan pemeringkatan keterbukaan informasi publik lingkup Kementan tahun 2019 di The Margo Hotel, Depok, Selasa (1/10/2019).

Pada malam penganugerahan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mendapat penghargaan sebagai unit kerja (UK) dengan komitmen pimpinan terbaik tahun 2019.

Selain menetapkan Balitbangtan sebagai UK dengan komitmen pimpinan terbaik, Kementan yang bekerjasama dengan Komisi Informasi Publik juga menetapkan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi sebagai UK dengan transparansi kinerja terbaik.

Dalam arahan saat pembukaan Rakor PPID, Sekretaris Jenderal Kementan Momon Rusmono menegaskan bahwa badan publik dilingkup kementan wajib menyediakan dan melayani permohonan informasi publik dan bisa memberikan pelayanan cepat tepat, cepat biaya ringan, professional dan caranya sederhana tentunya dengan pengecualian informasi yang bersifat tetap dan terbatas.

BBPadi Meraih Penghargaan Sebagai Unit Kerja Dengan Transparansi Kinerja Terbaik 2019

Para pemenang lomba vlog dengan tema Indonesia Menuju Lumbang Dunia 2045 di malam penganugrahan pemeringkatan keterbukaan informasi publik, Hotel Margo Depok 01/10/2019  (Foto: BBPadi Media)

Momon menambahkan bahwa pelaksana  Keterbutkaan Informasi Publik lingkup Kementan telah dilaksanakan sejak 2011, untuk pengelolaan informasi publik  telah dibentuk pejabat ppid sebanayk 221 tersebar dari Provinsi Aceh sampai Provinsi Papua.

Diakhir sambutanya Momon mengajak seluruh peserta yang hadir untuk terus bertekad mewujudkan Kementan sebagai badan publik informatif.

“Tahun 2018 Kementan memproleh predikat Kementerian menuju informatif. 2019 mari kita lampui predikat tersebut agar Kementan menjadi badan publik informatif. Oleh karena itu, perbaikan-perbaikan yang lebih besar terus dilaksanakan dengan dukungan anggaran, sarana prasarana dan komitmen pimpinan” Pungkasnya.

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini394
Hari Kemarin1405
Minggu ini1799
Bulan ini26329
Total Pengunjung2698137
Online saat ini
12

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi