Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»BB Padi akan Jalin Kerjasama Pengembangan Teknologi Irigasi Tetes di Lahan Kering

BB Padi akan Jalin Kerjasama Pengembangan Teknologi Irigasi Tetes di Lahan Kering

26.11.2018
Pipit
766

BB Padi akan Jalin Kerjasama Pengembangan Teknologi Irigasi Tetes di Lahan Kering

26.11.2018
Pipit
766

Staf Khusus Menteri Pertanian sekaligus anggota Tim Pakar Kementerian Pertanian, Dr. Farid Bahar bersama-sama dengan PT Netafim Indonesia berkunjung sekaligus melakukan pertemuan dengan para peneliti Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. Rombongan diterima langsung oleh Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Dr. Priatna Sasmita dan para pejabat struktural eselon III dan IV, diruang kerja Kepala BB Padi, Senin, (26/11/2018).

Beberapa pokok arahan Farid Bahar yang disampaikan dalam pertemuan tersebut meliputi 1). Pentingnya dukungan inovasi untuk pembangunan pertanian; 2) peneliti harus terus berkarya mengahasilkan inovasi agar ide gagasan dari para peneliti bisa terekspos dan ada dampak ke masyarakat; 3) Membawa teknologi sampai ke masyarakat tanpa membebani biaya produksi yang terlalu tinggi dan petani bisa diuntungkan.

Dalam arahannya Ia mencotohkan bagaimana menarik minat generasi muda menjadi petani dan petani itu bisa diuntungkan.
“Saat iini minat generasi untuk jadi petani berkurang, sehingga kita harus cari cara menarik minat tersebut dengan berfikir bagaimana produksi itu naik dengan biaya produksi turun/rendah. Dari masalah tersebut mari kita sama-sama beradu argumentasi dalam diskusi internal tentang tantangan-tantangan tersebut. Terus berinovasi dan jangan terbelenggu dengan system yang tidak efisien, ungkap Farid yang pernah menjabat Sekretaris Bimas dan Dirjen Tanaman Pangan tersebut.

Lebih lanjut dalam paparanya, Ia menambahkan bahwa dalam alur produksi dan perdagangan komoditas pertanian, sektor pertanian mempunyai peran penting dan ada 4 unsur yang harus diperhatikan, yaitu teknik budidaya, ketersediaan infrastruktur, sarana produksi dan adanya dukungan teknologi.

Sementara itu Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Dr. Priatna Sasmita dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas dukungan sekaligus tukar pengalaman dan pelajaran berharga dari Farid Bahar.

“Gagasan-gagasan yang telah disampaikan Bapak Farid Bahar selaku staf khusus Mentri sangat memotivasi kami dan para peneliti BB Padi untuk terus berkarya menghasilkan inovasi yang berdampak pada masyarakat luas khususnya petani, selain itu kami merasa tertantang untuk membuat gebrakan untuk melakukan terobosan-terobosan dengan cepat dalam rangka meningkatkan produksi dengan biaya yang rendah’, kata Priatna.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan teknologi irigasi tetes oleh Alghienka Defaosandi selaku Commercial Manager PT Netafim Indonesia tentang teknologi irigasi tetes sekaligus tawaran kerjasama untuk pengembangan teknologi efisiensi air di lahan sawah.

Untuk BB Padi, potensi kerjasama ini sangat menarik, karena irigasi tetes sangat penting dalam upaya efisiensi input lahan yg mengalami kendala sulitnya sumber daya air. Rencana kerjasama akan dilakukan di Kebun Percobaan Sukamandi dengan pilihan lokasi yang mirip lahan sawah tadah hujan. Pembicaraan awal cukup produktif dan eksekusi percobaan lapang dirancang pada awal Musim Kemarau 2019.

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini669
Hari Kemarin1336
Minggu ini8185
Bulan ini32715
Total Pengunjung2704523
Online saat ini
9

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi