Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Atasi Permasalahan Penurunan Produksi, BB Padi Laksanakan Bimtek kepada Petani di Lebak, Banten

Atasi Permasalahan Penurunan Produksi, BB Padi Laksanakan Bimtek kepada Petani di Lebak, Banten

18.11.2018
Pipit
761

Atasi Permasalahan Penurunan Produksi, BB Padi Laksanakan Bimtek kepada Petani di Lebak, Banten

18.11.2018
Pipit
761

Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian bersama-sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Banten, Kementerian Pertanian, bekerjasama dengan Pusat Unggulan Iptek Daerah Kemenristekdikti menyelenggarakan bimtek inovasi teknologi perbenihan dan budidaya tanaman padi di Desa Kalanganyar, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Minggu, (18/11/2018).

Kegiatan bimtek di Kabupaten Lebak ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Malimping di Kabupaten yang sama.

Dr. Sudi Mardianto, MSi selaku Kepala BPTP Banten dalam paparanya menyampaikan permasalahan provinsi Banten yang cukup luas dan adanya permasalahan penurunan kapasitas produksi menjadi masalah petani yang segera perlu ada solusi dalam teknik budidaya.

"Permasalahan penurunan produksi di Provinsi Banten harus segera kita atasi, dengan cara memperhatikan masalah-masalah utama penyebab penurunan produksi tersebut seperti perluasan lahan dan perbaikan teknis budidaya, problem utama budidaya padi di Banten endemis banyak serangan WBC, penggunaan benih bermutu masih rendah, penggunaan input produksi rendah" papar Sudi didepan 100 peserta bimtek.

Sementara itu Dr. Suprihanto selaku Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian yang mewakili Kepala BB Padi dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait pelaksaan bimtek dan tujuan kegiatan ini.

"Kegiatan ini merupakan sinergisme Badan Litbang Pertanian dengan Kemenristekdikti. BB Padi sebagai sumber inovasi padi telah mendapat sertifikat sebagai Pusat Unggulan Iptek dan punya tanggung jawab untuk bersama-sama menyampaikan hasil-hasil inovasi yang kami hasilkan agar sampai ke masyarakat khususnya petani melalui proses diseminasi karena inovasi tidak sampai ke pengguna tidak ada gunanya" sambut Suprihanto.

Lebih lanjut Ia menambahkan bahwa tahun ini sebagai tahun benih sehingga peluang petani untuk mendapatkan nilai tambah sangat besar. "Benih sampai saat ini baru terpenuhi 40% sehingga peluang bisnis benih sangat tinggi. Selain itu, setiap benih membawa karakter keunggulannya sehingga peserta bimtek harus mendapat informasi bagaimana cara budidaya dan cara produksi benih yang baik dan benar sampai pengendalian OPTnya", tambahnya.

Materi bimbingan teknis meliputi berbagai aspek yaitu teknik budidaya tanaman padi, teknik pengendalian hama dan penyakit, serta perbenihan padi.

Bimtek ini merupakan bagian dari diseminasi hasil-hasil penelitian padi sekaligus penguatan Lembaga Litbang dengan Kemenristekdikti.

Hadir dalam pelaksanaan bimtek ini Anggota DPR RI Komisi VII Anda, SE., MM., Kasubdit Lemlitbang Daerah Kemenristekdikti Rusmaniardini, SS., MM., Kepala Bidang KSPHP BB Padi Dr. Suprihanto, Kepala BPTP Banten Dr. Sudi Mardiyanto, peneliti BB Padi, aparat pemerintah daerah, penyuluh, petani dari poktan dan gapoktan.

Anggota DPR RI Anda dalam sambutan pembukaannya sangat mengapresiasi kegiatan bimtek di wilayahnya sekaligus menyampaikan permasalahan-permasalahan petani khususnya masalah sumber air irigasi yang selalu jadi kendala utama petani setempat.

Untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani, BB padi memberikan bantuan benih varietas Inpari 32 kelas SS sebanyak 600 kg kepada petani peserta bimtek.

Diharapkan dengan adanya benih tersebut bisa segera diimplementasikan petani dilapangan dan para peserta bimtek bisa menularkan ilmu yang didapat kepada petani-petani lain di daerahnya masing2. (Shr)

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini661
Hari Kemarin943
Minggu ini7191
Bulan ini22575
Total Pengunjung2631578
Online saat ini
10

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi