Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Balitbangtan Kementerian Pertanian

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
Anda berada disini:Beranda»Info & Berita»Berita»Alsintan Dorong Percepatan Tanam Padi Di Bangka Selatan

Alsintan Dorong Percepatan Tanam Padi Di Bangka Selatan

12.12.2018
BB Padi
421

Alsintan Dorong Percepatan Tanam Padi Di Bangka Selatan

12.12.2018
BB Padi
421

Dalam upaya mempertahankan program swasembada dan mencapai target sebagai  lumbung padi di propinsi semtra-sentra produksi padi,  Kementerian Pertanian terus melakukan terobosan peningkatan produksi padi melalui percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) dan peningkatan produktivitas
di Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Bangka Belitung,

Wujud dari terobosan tersebut salah satunya adalah gerakan pencanangan tanam serentak oleh penanggung jawab UPSUS Pajale Provinsi Babel Dr. Priatna Sasmita, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, TNI, BPTP Bangka Belitung,  serta Para Penyuluh, Petugas Lapang, Poktan dan Petani setempat pada Rabu, (12/12/18) di Kecamatan Toboali, Bangka Selatan. Tanam bersama tersebut menggunakan alat tanam transplanter pada kawasan padi seluas 500 ha.

Dalam keterangannya Priatna Sasmita mengatakan bahwa saat ini alat mesin pertanian sudah menjadi kebutuhan mengingat keterbatasan tenaga kerja yang ada semakin berkurang.

"Alsintan khususnya alat tanam ini merupakan langkah maju bagi petani di Bangka Selatan, mengingat saat ini masih tenaga kerja sangat terbatas. Selain itu melalui penggunaan alat ini diharapkan tanam lebih cepat, pertanaman lebih teratur, populasi  optimal, mudah dalam pemeliharaan sehingga  produktivitasnya akan meningkat signifikan", kata Priatna yang juga menjabat Kepala BB Padi disela-sela tanam bersama para petani.

Semetara itu  Suhadi selaku Kadis Pertanian, Pangan dan Perikanan Bangka Selatan, menyambut optimis bahwa penggunaan alsintan di Basel khususnya alat tanam padi sangat bermanfaat terutama untuk percepatan tanam dalam kawasan, serta meningkatkan efisiensi baik tenaga kerja maupun biaya yang akhirnya berimplikasi terhadap peningkatan pendapatan petani. Menurutnya kedepan alsintan akan terus ditambah dan dikembangkan penggunaannya sehingga dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya petani.

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini747
Hari Kemarin943
Minggu ini7277
Bulan ini22661
Total Pengunjung2631664
Online saat ini
11

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi