BBPadi

ICRR

Indonesian Center for Rice Research

IAARD - Ministry of Agriculture

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
You are here:Beranda»Info & Berita»Berita»Petani Babel Mulai Introduksi Alat Tanam Padi Jajar Legowo

Petani Babel Mulai Introduksi Alat Tanam Padi Jajar Legowo

Thursday, 13 September 2018
Written by BBPADI
1898

Petani Babel Mulai Introduksi Alat Tanam Padi Jajar Legowo

Thursday, 13 September 2018
Written by BBPADI
1898

Di tengah animo petani bertanam padi serta kondisi ketersediaan dan kualitas SDM petani di Bangka Belitung yang masih terbatas,  kehadiran Alat Mesin Pertanian (Alsintan) di provinsi ini  direspon positif oleh petani.

Salah satunya adalah gapoktan Jurumudi   Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.  Mereka mengikuti program pelatihan  cara menggunakan mesin tamam bibit padi (rice transplanter). Pelatihan tersebut diikuti  50 peserta calon operator transplanter dari tiga kabupaten (Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan).

Hadir dalam acara tersebut Pj UPSUS dan OPSIN Pusat untuk Babel Dr. Priatna Sasmita, Kepala BPTP Babel yang diwakili oleh Koord UPSUS Ahmadi SP MSc., perwakilan dari Dinas Provinsi dan kabupaten, serta para LO dari BB Padi Sukamandi dan BPTP Babel.

Dihadapan 50 peserta calon operator, Priatna Sasmita  mengatakan bahwa introduksi penggunaan Alsintan khususnya alat tanam  dimaksudkan bukan hanya untuk mempercepat proses tanam, namun juga untuk efisiensi biaya dan meningkatkan produktivitas atau pendapatan petani.

"Peninkatan produksi melalui penggunaan transplanter jajar legowo akan diperoleh dari: pertama, kenaikan populasi tanaman dan kedua dari perbaikan iklim mikro disekitar tanaman sebagai efek dari jarak legowo, ungkap Priatna.

Dirinya menjelaskan bahwa  jajar legowo 2:1 menciptakan kondisi seluruh barisan tanaman mirip seperti barisan tanaman di sepanjang pematang, yang memhuat pertumbuhan dan hasilnya lebih baik, jelasnya.

Ditambahkan, dari aspek biaya penggunaan alat tanam transplanter ini juga dapat menghemat biaya setidaknya sebesar 50%, tambah Priatna Sasmita

Petani penuh antusias mengikuti pelatihan ini dan menaruh harapan besar dapat menerapkan inovasi teknologi tanam padi ini dalam waktu yang tidak lama.

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini369
Hari Kemarin1405
Minggu ini1774
Bulan ini26304
Total Pengunjung2698112
Online saat ini
15

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi