BBPadi

ICRR

Indonesian Center for Rice Research

IAARD - Ministry of Agriculture

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
You are here:Beranda»Info & Berita»Berita»Optimalkan Kebun Percobaan, Tenaga Ahli Menteri Berkunjung Ke Kebun Percobaan Muara

Optimalkan Kebun Percobaan, Tenaga Ahli Menteri Berkunjung Ke Kebun Percobaan Muara

Thursday, 27 June 2019
Written by Suharna
332
(Foto: BBPadi Media)
(Foto: BBPadi Media)

Optimalkan Kebun Percobaan, Tenaga Ahli Menteri Berkunjung Ke Kebun Percobaan Muara

Thursday, 27 June 2019
Written by Suharna
332

Optimalisasi Kebun Percobaan (KP) sebagai tempat Litkaji, produksi benih sumber, plasmanutfah, lahan diseminasi, tempat pelatihan/pemagangan, kebun produksi, dan tempat agrowidyawisata sudah menjadi kebijakan dan sesuai tusi setiap KP di setiap UPT dibawah Kementerian Pertanian.

Dukungan infrastruktur seperti bangunan kantor, manajemen pengelolaan air dan saluran irigasi yang baik dan memadai penting untuk diperhatian.

Dalam rangka rangka mengoptimalkan fungsi kebun percobaan seperti yang tersebut diatas, Tenaga Ahli Menteri Bidang Infrastruktur Pertanian Prof. Dr. Ir. Budi Indra Setiawan melakukan kunjungan kerja di Kebun Percobaan, Muara Bogor, Kamis (6/27/19).

Dalam arahanya dihadapan pejabat struktural, peneliti, dan koordinator kebun yang hadir, Budi Indra menghimbau agar semua fasilitas dari mulai bangunan gedung bersejarah tetap dipertahankan, saluran irigasi diperbaiki, serta penerapan Pertanian 4.0. Smart Internet of Thing.

”Infrastruktur saluran irigasi yang menghubungkan sumber air ke saluran tersier di KP harus segera diperbaiki agar tidak banyak yang bocor, buat pipanisasi agar debit air terpenuhi. Kebun percobaan harus bisa menjadi contoh bagi mayarakat di sekitar KP, oleh karena itu di era 4.0 ini,  KP harus menjadi pionir” tegas Budi saat meninjau langsung kondisi saluran irigasi di KP Muara.

“Pertahankan bangunan gedung bersejarah kebun percobaan  sebagai Heritage seperti pada banyak bangunan bersejarah lain di Bogor. Untuk program Presission Farming sebagai penerapan pertanian 4.0. Smart Internet of Thing, segera mungkin kita rancang agar plot pertanaman terpasang camera,  ada sensor kelembaban,  sensor-sensor tinggi permukaan air,  pompa air yang sudah smart IOT,  dan sebagainya sehingga pertanaman dan kebutuhan air akan terkontrol kapanpun dan dari manapun berada” tambahnya.

Ia juga berharap Family Farming yang dikenal sebagai Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) atau Obor Pangan Lestari (OPAL) yang telah dilaunching FAO  bisa segera diterapkan diseluruh kebun percobaan.

Untuk memastikan kondisi infrastruktur diareal kebun percobaan Muara, Budi Indra melihat langsung kondisi sarana prasarana infrastruktur tata kelola air dan berharap pada musim kemarau tahun ini kebutuhan air dapat tercukupi dan peningkatan indeks pertanaman bisa terus ditingkatkan.(Shr)

Bagikan Konten

Tagged under

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini714
Hari Kemarin1336
Minggu ini8230
Bulan ini32760
Total Pengunjung2704568
Online saat ini
13

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi