BBPadi

ICRR

Indonesian Center for Rice Research

IAARD - Ministry of Agriculture

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
You are here:Beranda»Info & Berita»Berita»Kepala SMP Se-Purwakarta Belajar Budidaya Padi

Kepala SMP Se-Purwakarta Belajar Budidaya Padi

Wednesday, 15 January 2020
Written by BBPadi
486

Kepala SMP Se-Purwakarta Belajar Budidaya Padi

Wednesday, 15 January 2020
Written by BBPadi
486

Sebanyak lima puluh dua Kepala Sekolah Menengah Pertama yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengikuti kegiatan bimbingan teknis di Kawasan Taman Sains dan Teknologi (TST Padi) di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBPadi), Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Selasa, (14/1/2020).

Bimbingan teknis tersebut merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Purwakarta dengan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi dalam gerakan pemanfaatan lahan tidur melalui tanam Inpari Nutri Zink di sekolah.

Upaya ini dilakukan dengan maksud menumbuhkan minat generasi muda/pelajar untuk tanam padi dan diharapkan nantinya bisa memenuhi kebutuhan gizi karena padi yang ditanam mengandung Zn tinggi sehingga bisa meminimalisir stunting.

Harapan ini merupakan gagasan dari Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi dan Pemkab Purwakarta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui BB Padi menyambut baik gagasan Pemkab Purwakarta dalam memenuhi kebutuhan gizi melalui budidaya padi khusus. BB Padi tidak hentii-hentinya menyebarluaskan hasil inovasinya kepada seluruh pengguna.  Khusus untuk pengembangan padi varietas Inpari IR Nutri Zinc yang mempunyai kandungan Zn tinggi, BB Padi terus mendorong penyebarannya keseluruh stakeholder dan pengguna melalui berbagai program/kegiatan.

Materi yang disampaikan dalam bimbingan teknis EDURICE terdiri dari lima bahasan, yakni pengenalan padi dan proses perakitan padi secara umum,  tanam padi dan tinjauan umum budidaya, pengenalan hama penyakit tanaman padi, pascapanen tanaman padi, dan praktik lapang.

Kepala BB Padi, Dr. Priatna Sasmita hadir dan membuka secara resmi acara bimtek  di Kawasan TST tersebut. Dihadapan Kepala Sekolah sebagai peserta yang hadir, Priatna Sasmita menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan pangan dan tantangan kedepan. 

Ditegaskan bahwa pangan bangsa adalah tanggung jawab kita bersama, sektor pendidikan memiliki perannya sendiri dalam desiminasi teknologi pertanian. Adanya program sekolah untuk mengajarkan siswanya mengenal pertanian sedini mungkin agar para pelajar memiliki ketertarikan di bidang pertanian.

Sehingga dengan adanya pembelajaran bidang pertanian diharapakan akan ada regenerasi petani milenial dimasa depan, menurut Priatna, pertanian tidak hanya tentang produktivitas dan efisiensi namun juga tentang kecukupan nilai gizinya.

Disamping nilai gizi, lebih jauh Priatna berharap komoditas pertanian bisa menambah nilai tambah dan keindahan dilingkungan seperti di sekolah. Untuk itu Priatna meminta peran aktif para guru pengajar untuk selalu menggerakan dan mengenalkan kepada siswanya tentang pertanian khususnya padi varietas Inpari IR Nutri Zink.

Menurut penuturan  peserta bimtek, Hermin Rosmiati selaku Kepala Sekolah SMP 3 Darandan Kab. Purwakarta mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan sangat berkesan dan praktek budidaya padi bisa dipraktikan langsung.

“Kegiatan ini luar biasa, karena bisa melihat dan praktek langsung disawah dan cara budidaya padi. Kegiatan semacam ini merupakan pengalaman tak terlupakan”, tuturnya.

Ditempat yang sama Agus Irianto Anwar, Selaku Kepala SMP 1 Purwakarta, menyebutkan bahwa bimbingan teknis yang diikutinya merupakan pengetahuan baru, pengalaman baru dan berharga yang bisa ditularkan kepada siswa didiknya.

“Bimtek ini sangat bermanfaat, menambah pengetahuan baru mulai cara budidaya varietas, pengenalan hama penyakit, praktik lapang dan pengalaman berharga. Pengetahuan baru ini bagus jika ditularkan ke siswa-siswa sekolah-sekolah khususnya di Purwakarta”, tambahnya. (Shr/YW)

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini1275
Hari Kemarin1717
Minggu ini4652
Bulan ini4652
Online saat ini
17

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi