BBPadi

ICRR

Indonesian Center for Rice Research

IAARD - Ministry of Agriculture

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
You are here:Beranda»Info & Berita»Berita»Kebun Percobaan Kuningan Secara Bertahap Kenalkan Hasil Inovasi Padi Kepada Guru dan Siswa

Kebun Percobaan Kuningan Secara Bertahap Kenalkan Hasil Inovasi Padi Kepada Guru dan Siswa

Monday, 15 July 2019
Written by Suharna
300
(Foto: BBPadi Media)
(Foto: BBPadi Media)

Kebun Percobaan Kuningan Secara Bertahap Kenalkan Hasil Inovasi Padi Kepada Guru dan Siswa

Monday, 15 July 2019
Written by Suharna
300

Kebun Percobaan (KP) Kuningan, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi), menjadi lokasi pembelajararan alam untuk kegiatan pembekalan kapasitas guru SMP Islam Terpadu Bina Ummah (SMPIT-BU) pada Jumat (12/7/19).

Selain pendalaman materi tentang alam, kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dimaksudkan untuk menambah wawasan tentang dunia pertanian sekaligus mengenal lebih jauh tentang hasil-hasil inovasi Balai Besar Penelitian Tanaman Padi kepada peserta yang terdiri dari siswa dan guru.

Kepala SMPIT-BU Ahmad Musyafa dalam keterangannya menyampaikan  bahwa kegiatan ini merupakan pembekalan dan perencanaan program sekolah selama satu tahun. Selanjutnya, Musyafa' akan mempersiapkan program berikutnya yang bisa ditindaklanjuti dari hasil studi banding di KP Kuningan.

"Di sekolah kami ada kurikulum pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), sehingga dengan kegiatan ini kami berharap generasi muda khusunya anak-anak didik kami yang merupakan generasi penerus, bisa mengenal dan bersentuhan langsung dengan alam, khususnya dalam memanfaatkan sumberdaya alam untuk pertanian tanaman padi", terang Musyafa'.

Sementara itu Idrus Hasmi selaku Koordinator KP menyambut baik program tersebut. Dalam penjelasanya  Ia menerangkan bahwa keberadaan  KP Kuningan dengan sumber daya dan fungsi nya cukup sesuai untuk menjadi lokasi pembelajararan tentang alam, khususnya ekosistem tanaman padi.

"Perlu kita tau bahwa tugas dan fungsi Kebun Percobaan bukan hanya sebagai sarana penelitian saja, lebih dari itu, KP bisa berfungsi untuk sarana pembelajaran kepada masyarakat setempat khususnya kepada generasi milenial yang tertarik tentang ilmu pertanian padi untuk datang dan belajar. Silahkan saja bagi masyarakat umum termasuk pelajar yang berminat, pintu kami terbuka lebar untuk belajar dan sudah menjadi kewajiban kami untuk terus menyebarkan dan menularkan hasil-hasil inovasi Penelitian Padi kepada masyarakat", jelas Idrus.

Beberapa materi yang disampaikan dalam program tersebut meliputi pengenalan varietas padi dan teknik budidayanya, integrasi padi dengan ternak, serta pemanfaatan embung sebagai penampungan air untuk antisipasi musim kemarau.

Dalam keterangan terpisah Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) BB Padi, Suprihanto menyambut baik pelaksanaan program tersebut.

"Kegiatan seperti ini  patut diapresiasi dan harapan kami secara bertahap bisa terus dikembangkan untuk sekolah-sekolah lain yang tertarik mempelajari dunia pertanian khususnya tanaman padi, sebagai sarana pembelajaran. Lebih lanjut Suprihanto berpesan agar teknologi inovatif BB Padi secara bertahap terus dikenalkan kepada masyarakat (Shr).

Bagikan Konten

Tagged under

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini392
Hari Kemarin693
Minggu ini6025
Bulan ini18108
Total Pengunjung2595925
Online saat ini
6

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi