BBPadi

ICRR

Indonesian Center for Rice Research

IAARD - Ministry of Agriculture

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
You are here:Beranda»Info & Berita»Berita»Halalbihalal Keluarga Besar BB Padi

Halalbihalal Keluarga Besar BB Padi

Wednesday, 12 June 2019
Written by Suharna
155

Halalbihalal Keluarga Besar BB Padi

Wednesday, 12 June 2019
Written by Suharna
155

Keluarga besar Balai Besar Penelitian Tanaman Padi melaksanakan Halalbihalal  di hari kedua masuk kerja pasca libur hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah,  di Auditorium Agro Inovasi BB Padi,  Selasa (11/6/2019).

Acara dihadiri oleh Kepala BB Padi Dr. Priatna Sasmita, para pejabat struktural, para peneliti, perangkat Desa Sukamandi Jaya, Camat, dan seluruh ASN bersama dengan keluarga besar BB Padi.

Tema silaturahmi dan halalbihalal tersebut adalah “Sucikan Hati, Tingkatkan Semangat dan Etos Kerja untuk Kejayaan Pertanian Indonesia.

Dalam sambutannya Priatna Sasmita atasnama pribadi sekaligus pimpinan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi menyampaikan permohonan maaf sekaligus ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Ia juga menyampaikan beberapa pesan terkait dengan tantangan kedepan dalam meningkatkan amal ibadah dan etos kerja.

“Indikator kinerja dari Balitbangtan Pertanian khususnya BB Padi adalah menjawab tantangan inovasi teknologi perpadian juga bagaimana inovasi itu bisa diterapkan petani seluruh Indonesia. Saya senang sekali, ini saatnya untuk kita mengabdi lebih banyak lagi dengan semangat baru, apalagi kita telah menunaikan ibadah Ramadhan selama satu bulan dan hari ini kita semua bisa bersilaturahmi kembali kepada kesucian kita semua dan meningkatkan amal ibadah, etos kerja, pengabdian kepada bangsa dan masyarakat, dan sekaligus merupakan pelaksanan amal ibadah kita kepada Allah SWT”.

“Mudah-mudahan ramadhan yang telah berlalu bisa meningkatkan iman dan islam kita semua, dan bulan syawal ini kita bisa meningkatkan kualitas hidup kita semua dan kita bisa dipertemukan Ramadhan yang akan datang,  tambahnya.

Tausyiah disampaikan oleh Ustad Mukhtar Fatoni, beliau selain pengurus panti asuhan An Nahla Ciasem sekaligus trainer komunitas Pola Pertolongan Allah. Beliau menguraikan bahwa kejayaan pertanian Indonesia tidak lepas dari tiga faktor, yaitu hati yang suci, semangat bekerja, dan etos kerja.

Momentum Ramadhan yang telah dilewati menjadi momentum awal untuk membersihkan hati, me-reset hati agar kebenaran hanya kepada Allah SWT.

Kesucian hati akan tercapai bila hati kita bersedia menjadikan Allah sebagai satu-satunya tempat bergantung, HANYA ALLAH SEMATA. Tidak menautkan hati pada pekerjaan, pada gaji, pada jabatan, dan penghargaan namun hati hanya terpaut kepada Tuhan Semesta Alam. Hingga ketika karya kita berbuah prestasi maka bukan kesombongan yang terselip di hati namun ucapan bahwa HADZAA MIN FADHLI RABBI, semua yang kita peroleh hanyalah karena kemurahan, keutamaan, dan kasih sayang Allah kepada kita.  Selain itu, kesucian hati akan tercapai bila kita mau melepaskan segala ganjalan dengan memaafkan orang yang pernah menyakiti hati kita. Apalagi dalam berinteraksi saat bekerja, baik dengan atasan, sesama rekan kerja, maupun bawahan. Keikhlasan hati untuk memaafkan akan menjadi kunci bersihnya hati ini.

Meningkatkan semangat kerja melalui 3 tingkatan happiness yaitu Material Happiness, Emotional Happiness, dan Spirituality Happiness. Pada saat kita bekerja dengan berharap mendapat tingkat ekonomi yang lebih baik maka itu merupakan tingkat kebahagiaan pertama, material happiness. Tingkat kebahagiaan kedua, apabila dalam bekerja semangat kita semakin meningkat saat pekerjaan itu kita dedikasikan untuk orang-orang yang kita sayang. Baik material maupun emotional happiness adalah tingkatan kebahagiaan yang rentan naik turun karena bergantung pada materi dan manusia. Adapun tingkatan kebahagiaan tertinggi yang mampu membuat semangat kita dalam bekerja terus menyala adalah Sprituality Happiness, dimana pekerjaan kita dedikasikan sebagai wadah untuk meraih cinta Allah yang kelak akan berbuah surga. Insyaa Allah.

Meningkatkan etos kerja melalui dua kunci 2T yaitu TEMANI dan TITIP. Kunci pertama adalah TEMANI, saat memulai pekerjaan agar terbingkai ibadah dan bernilai pahala maka selalu dahului dengan membaca Basmallah, karena itu tanda bahwa kita minta ditemani oleh Sang Maha Hidup. Apabila setiap langkah kita sudah terasa Allah temani, maka tak ada lagi yang perlu kita takutkan dan khawatirkan dalam berkarya. Kunci kedua adalah TITIP, dalam berikhtiar melalui pekerjaan tentu saja kita seringkali dihadapkan terhada hal-hal yang berada di luar jangkauan kemampuan kita, oleh karena itu senantiasa menitipkan hal-hal tersebut akan membuat hati kita terasa lebih tenang dan tentram. Bukankah kalau semua persoalan sudah kita titipkan kepada Sang Pemberi Masalah maka pasti Dia akan memberikan jalan keluarnya??

Acara silahturahmi keluarga besar BB Padi, diakhiri dengan mushofahah, bersalam-salaman dan saling memaafkan. Berharap semoga hati kita semua kembali lagi ke titik yang bersih dan suci serta semakin bersemangat untuk berkarya untuk bangsa tercinta.

Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, selalu bersama keluarga besar BB Padi. (Shr/YW/IAR/Tin)

Bagikan Konten

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini977
Hari Kemarin1507
Minggu ini4959
Bulan ini20285
Total Pengunjung2519154
Online saat ini
6

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi