BBPadi

ICRR

Indonesian Center for Rice Research

IAARD - Ministry of Agriculture

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
You are here:Beranda»Info & Berita»Berita»Balitbangtan Harus Menjadi Garda Terdepan dalam Pengembangan dan Penerapan Teknologi Pertanian di Indonesia

Balitbangtan Harus Menjadi Garda Terdepan dalam Pengembangan dan Penerapan Teknologi Pertanian di Indonesia

Wednesday, 16 August 2017
Written by BBPadi
908

Balitbangtan Harus Menjadi Garda Terdepan dalam Pengembangan dan Penerapan Teknologi Pertanian di Indonesia

Wednesday, 16 August 2017
Written by BBPadi
908

Balitbangtan kembali menambah jumlah Profesor Risetnya menjadi 128 setelah pada Senin (14/8/2017) di Auditorium Ir. Sadikin Sumintawikarta, Bogor, dikukuhkan tiga profesor riset bidang budidaya dan produksi tanaman, ilmu tanah agroklimatologi dan hidrologi serta bidang hama dan penyakit tanaman.

Prof. Dr. Ir. I Nyoman Widiarta, M.Agr, pria kelahiran Karangasem, Bali, 5 Juli 1958 ini telah dikukuhkan sebagai profesor riset ke 128 dengan orasi berjudul “Reformulasi Paket Pengendalian Penyakit Tungro Terpadu pada Tanaman Padi dalam Era Revolusi Hijau Lestari”.

Dalam pidato orasi Prof. Nyoman menyampaikan bahwa konsep reformulasi pengendalian penyakit tungro terpadu ramah lingkungan berdasarkan epidemiologi virus dan dinamika populasi wereng hijau menggunakan berbagai teknologi pengendalian, mengutamakan penggunaan varietas tahan virus dan insektisida hayati yang diintegrasikan secara bertahap terbukti dapat menekan serangan tungro.

Menteri Pertanian dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Balitbangtan Dr. Muhammad Syakir menegaskan dukungan pada konsep science based policy making, oleh karena itu Mentan terus mendorong agar Balitbangtan mengembangkan penelitian yang hasilnya siap untuk diimplementasikan.

“Balitbangtan harus menjadi garda terdepan dalam memberikan arahan pengembangan dan penerapan teknologi di tengah masyarakat” ungkap Mentan. Mentan menambahkan agar Balitbangtan dapat menjadi rumah bagi semua penelitian pertanian di Indonesia. “Sehingga akan makin banyak hasil penelitian yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat” tambah Mentan.

Selain itu, Mentan juga memberikan tantangan kepada ketiga profesor riset yang baru dikukuhkan untuk dapat membuktikan penerapan teknologi yang mereka hasilkan dalam skala luas di lahan petani. 

Semoga dengan bertambahnya jajaran Profesor Riset lingkup Balitbangtan, akan semakin menyukseskan program Kementerian Pertanian dalam mencapai Swasembada Pangan.

Bagikan Konten

Tagged under

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini391
Hari Kemarin1405
Minggu ini1796
Bulan ini26326
Total Pengunjung2698134
Online saat ini
11

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi