BBPadi

ICRR

Indonesian Center for Rice Research

IAARD - Ministry of Agriculture

 
bbpadi

Science

Innovation

Network

 
You are here:Beranda»Info & Berita»Berita»Amalkan dan Amankan Pancasila sebagai Dasar Negara

Amalkan dan Amankan Pancasila sebagai Dasar Negara

Saturday, 01 June 2019
Written by Suharna
250
140 peserta pegawai BB Padi mengikuti upacara hari Lahir Pancasila di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, 1/6/2019 (Foto: BBPadi Media)
140 peserta pegawai BB Padi mengikuti upacara hari Lahir Pancasila di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, 1/6/2019 (Foto: BBPadi Media)

Amalkan dan Amankan Pancasila sebagai Dasar Negara

Saturday, 01 June 2019
Written by Suharna
250

Presiden Republik Indonesia telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila, penetapan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

Pada tanggal 1 Juni 2019, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi  melaksanakan upacara peringatan hari lahir pancasila sebagai momen hari bersejarah. Upacara dipimpin langsung oleh Kepala BB Padi Dr. Priatna Sasmita sebagai pembina upacara dan diikuti oleh 140 peserta pegawai BB Padi (Para pj struktural, Ka Kelti, Peneliti, Koord Kebun dan 3 peserta dari unit kerja lain (BPPSDMP.  Itjen, dan Dikbud)).

Pembina upacara Dr. Priatna Sasmita dalam sambutannya menegaskan bahwa 74 tahun berjalannya waktu, kita sebagai warga negara dan penerus cita-cita kemerdekaan wajib mampu menghadapi tantangan-tantangan untuk mempertahankan warisan pendahulu dan terus menggali nilai-nilai dasar Pancasila sebagai pedoman berbangsa dan bernegara.

"Kita ingat dalam sejarah 74 tahun yang lalu oleh para pendahulu menggali nilai-nilai dasar dan nilai-nilai luhur Pancasila. Warisan nilai-nilai luhur tersebut adalah Pancasila yang telah ditetapkan sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. seperti yang tercantum dalam mukadimah UUD 1945. Oleh karena itu pancasila sudah digali dari lapisan masyarakat indonesia dan ketangguhanya sudah diuji oleh paham ideologi, politik dan terbukti bisa mempersatukan dari sabang sampai merauke" tegas Priatna Sasmita dihadapan peserta upacara (1/6/2019).

Lebih lanjut Ia mempertegas bahwa Pancasila bukan untuk dipertentangkan tetapi kita sebagai warga negara yang baik wajib mengamalkan dan mengamankan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Yang terpenting dari kita adalah mengamalkan dengan baik dan bisa memberi kontribusi  terhadap pembangunan demi kesejahteraan rakyat Indonesia", tambahnya

Diakhir sambutannya Priatna mengajak seluruh peserta upacara yang hadir untuk terus meningkatkan kualitas nasionalisme melalui pengamalan dalam kehidupan sehari-hari dan melaksanakan tugas yang sebaik-baiknya yang bisa membawa kemajuan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Bagikan Konten

Tagged under

Kontak Informasi

  • Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256
  • Phone (0260) 520157
  • Fax (0260) 521104
Map Direction BBPADI.
Scan menggunakan
QR Code Reader
 

Statistik Website

Hari ini69
Hari Kemarin1547
Minggu ini3021
Bulan ini27551
Total Pengunjung2699359
Online saat ini
2

© 2008-2019. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi