Open House BB Padi 2014

Peningkatan produksi beras nasional dan pencapaian target surplus 10 juta ton beras tahun 2014 memerlukan dukungan tersedianya inovasi teknologi padi unggulan spesifik lokasi yang dapat diadopsi oleh petani dan para pengguna umumnya.  Dukungan badan litbang pertanian berupa penciptaan teknologi dan varietas unggul berdaya asing, telah berhasil menyediakan berbagai varietas unggul baru (VUB) untuk berbagai agroekosistem yang adaptif antara lain terhadap perubahan iklim, teknologi budidaya, panen dan pascapanen.  Ketersediaan inovasi dan teknologi tersebut secara berkesinambungan  perlu terus dideminasikan kepada pengguna melalui Spectrum Diseminasi Multi Channel agar segera dapat diimplementasikan oleh petani dan memberikan kontribusi yang nyata terhadap pencapaian target produksi nasional, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.

            Peran Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB. Padi) dalam upaya peningkatan produktifitas dan mengatasi perubahan iklim cukup besar. BB padi telah menyediakan teknologi seperti VUB. Padi hibrida, teknik budidaya, Pengendalian Hama Penyakit terpadu dan teknologi lainnya yang terintergrasi dalam sistem Pengelolaan Tanaman Padi secara terpadu (PTT). Khususnya dalam penyediaan teknologi varietas unggulan, selama lima tahun terakhir BB Padi telah melepas lebih dari 90 varietas yang meliputi varietas Inbrida padi sawah irigasi (Inpari), Inbrida padi gogo (Inpago) Inbrida padi rawa (Inpara), dan padi hibrida (Hipa). Selain VUB yang telah dilepas BB Padi memiliki pula sejumlah galur harapan serta koleksi plasma nutfah yang siap mendukung percepatan pelepasan VUB spesifik lokasi.  Penelitian penanganan masalah padi sawah tadah hujan, padi gogo, dan padi rawa juga telah menghasilkan beberapa teknologi yang dapat digunakan dalam program peningkatan produktifitas di lahan marjinal tersebut.  Demikian pula dalam menjawab perubahan iklim telah banyak varietas unggul padi yang adaptif serta memiliki mutu gabah dan beras tinggi telah dilepas.

         Semua inovasi teknologi padi unggulan tersebut akan diperagakan dalam serangkaian kegiatan open house 2014 baik dalam bentuk ekspose autdoor dan indoor maupun dalam seminar nasional padi, Temu Lapang, Open House akan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 18 Agustus  hingga 21 Agustus 20143.  Temu Teknologi pada Open House ini diperkirakan dapat dikunjungi oleh sekitar 3.000 pengunjung dari berbagai kalangan. Diharapkan mereka bisa melihat langsung, mempelajari, memilih dan memutuskan untuk mencoba menerapkan inovasi teknologi pilihannya sesuai dengan spesifik lokasi di daerah pengembangannya.

Tema

Tema Temu Teknologi Padi dan Ekspose pada Open House 2014 adalah Ïnovasi Teknologi Padi Mendukung Pertanian Bioindustri dan Swasembada Pangan Berkelanjutan

Tujuan

  1.  Menyediakan dan menyebarluaskan berbagai inovasi teknologi padi unggulan mendukung pertanian bioindustri dan swasembada beras berkelanjutan.
  2. Menampilkan berbagai Varietas Unggul Baru (VUB) dan calon varietas adaftif terhadap perubahan iklim (kekeringan, Banjir, salinitas) serta lahan marjinal (Pasang surut, rawa lebak, lahan kering/gogo).
  3. Menampilkan Inovasi teknologi padi unggulan (PTT, Pra dan Pasca Panen).
  4. Menampilkan keragaan sumberdaya genetik (plasmanutfah padi) nasional dan kekayaan intelektual.
  5. Menumbuh kembangkan  apresiasi dan minat generasi muda terhadap tanaman, penelitian dan proses produksi padi.
  6. Membentuk jaringan dan akselerasi transfer inovasi teknologi padi melalui Spectrum Diseminasi Multi Channel (SDMC) kepada para pengguna, mendukung pertanian bioindustri dan swasembada pangan berkelanjutan.

Keluaran

  1. Tersosialisasikannya berbagai informasi inovasi teknologi dan pengetahuan peningkatan produksi pada berbagai agroekosistem
  2. Tersediannya inovasi dan teknologi padi menjawab dampak perubahan iklim
  3. Terjalinnya komunikasi dan umpan balik serta adanya kesamaan persepsi antara peneliti dengan stakeholders untuk menentukan arah penelitian ke depan.
  4. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para stakeholders khusunya petani terhadap inovasi teknologi padi unggulan baru yang dapat diimplementasikan dalam usaha tani padinya
  5. Berkembangnya apresiasi terhadap hasil penelitian pertanian khususnya padi dan peneliti padi, terutama oleh pengambil kebijakan, petani, penyuluh, dan pelaku agribisnis.
  6. Berkembangnya apresiasi dan minat generasi muda terhadap tanaman, proses produksi dan penelitian padi.

Temu teknologi padi dan ekspose pada open house 2014 diharapkan dapat dihadiri dan dibuka oleh Bapak Menteri Pertanian, para pejabat dan petugas Satker Eselon II Lingkup Badan Litbang, UK/UPT Puslitbangtan, BPTP, Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten, Petugas terkait, para Gapoktan dan Petani, serta para stakeholders agribisnis padi.

Tempat dan waktu

Temu teknologi dan ekspose pada open house 2013 akan dilaksanakan di Komplek Balai Besar Open house 2014 akan dilaksanakan di Komplek Balai Besar Penelitian Tanaman Padi dan Kebun Percobaan Sukamandi, Jalan Raya IX sukamandi, subang, Jawa barat pada 18-21 Agustus 2014.

 

Kontak Person

Open House ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan dan pengguna untuk mendapatkan informasi inovasi teknologi unggulan khususnya padi. Untuk koordinasi partisipasi dan kehadiran semua pihak, dimohon memberikan konfirmasi melalui

  1. Agus Guswara    08129598503
  2. Suharna            0817210786
  3. Didin. W            081324509290
  4. Asep Dedi          081322354671

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

KEPANITIAAN

Susunan kepanitiaan Temu Teknologi Padi pada Open House 2014 adalah sebagai berikut:

Jabatan dalam Kepanitiaan

Nama Penanggung Jawab

Pembina

Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Pengarah

Kabid PE, Kabag TU, Ka Kelti

Ketua

Dr. Priatna Sasmita

Wakil Ketua

I. Agus Guswara

Sekretaris

1. Idrus Hasmi, SP

 

2. Asep Dedi Subagio, SP

 

3. Suharna, Amd

 

4. Fitri Diana Sari, SE

Bendahara

1. Firly Erwindawati, SE

 

2. M. Toha

 

3. Septi Baharini

Koordinator Kegiatan

Acara/Protokoler

Ir. M. Yamin Samaullah, MS dan Nita Kartina, SP

Seminar Nasional

Dr. Nafisah dan Rahmawati, Msi

Workshop Pendampingan P2BN/SLPTT

Dr. Priatna Sasmita

Workshop Perbenihan

Ir. Sri Wahyuni, MSc

Workshop CURE

Ir. Indrantuti.AP

Ekspose/gelar teknologi

Ir. Agus Guswara dan Sudibyo.TWU. MP

Humas

Ir. Agus Guswara

Konsumsi

 

Transportasi

Ainur Farid, SE

Akomodasi/Perlengkapan

Ir. Dede Kusdiaman

Dokumentasi dan Publikasi

Suharna, Amd

Koordinator Lomba

Indria W. Mulsanti, MSi

Pembagian Benih

Asep Nasirudiin, Amd

Keamanan

Ainur Farid, SE

Temu teknologi dan ekspose pada open house 2014 merupakan media Diseminasi Multi Channel Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) dalam upaya percepatan diseminasi/ sosialisasi inovasi ternologi perpadian terkini kepada para pengguna. kegiatan tersebut diharapkan dapat mempercepat proses adopsi dan implementasi inovasi dan teknologi unggulan yang tersedia sehingga dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pencapaian program P2BN surplus 10 juta ton beras tahun 2014. Kami berharap kepada semua pihak terkait dapat berpatisipasi untuk suksesnya kegiatan tersebut.

 

Archive

Panduan Teknis

Teknik Ubinan
Daftar Periksa Budidaya Padi Sawah Lahan Irigasi (Indonesia Rice Check)
Jajar Legowo Super
Panduan Teknologi Budidaya Padi Tanam Benih Langsung (TABELA)

Buku

Deskripsi Varietas 2017
Laporan Tahunan 2015
Prosiding Padi 2016 Buku 2
Prosiding Padi 2016 Buku 1

Booklet, Leaflet, Poster

Seminar Nasional dan Gelar Teknologi Varietas Unggul Padi Terbaru
Varietas Padi Green Super Rice (GSR): Inpari 43 Agritan GSR
Varietas Padi Green Super Rice (GSR): Inpari 42 Agritan GSR
Sistem Bubu Perangkap Tikus TBS dan LTBS 2015

Jajak Pendapat

Dari 6 konten website BBPADI berikut ini, apa yang menjadi konten favorit anda?

Berita - 37.4%
Galeri Foto - 22%
Galeri Video - 12.1%
Kliping Padi - 13.2%
Publikasi - 4.4%
Tahukah Anda - 11%
The voting for this poll has ended on: 01 Des 2017 - 00:00

Infografis

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Pengendalian Virus Kerdil
Fakta Tentang Wereng: Wereng Batang Coklat
Padi adalah Kehidupan
Segengam Malai Padi akan ku bawa dan tanam di tanah Papua
PENAS XV 2017 Aceh "Padi tumbuh subur dilahan suboptimal"

Kontak Informasi

Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

  • Alamat Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang 41256, Jawa Barat
  • Telepon (0260) 520157
  • Fax (0260) 520158

Sosial Media

Statistik Website

Hari ini448
Hari kemarin2426
Minggu ini5103
Bulan ini21728
Jumlah Pengunjung1070075
Online sekarang
35

Hak Cipta © 2015. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Open House BB Padi 2014

Peningkatan produksi beras nasional dan pencapaian target surplus 10 juta ton beras tahun 2014 memerlukan dukungan tersedianya inovasi teknologi padi unggulan spesifik lokasi yang dapat diadopsi oleh petani dan para pengguna umumnya.  Dukungan badan litbang pertanian berupa penciptaan teknologi dan varietas unggul berdaya asing, telah berhasil menyediakan berbagai varietas unggul baru (VUB) untuk berbagai agroekosistem yang adaptif antara lain terhadap perubahan iklim, teknologi budidaya, panen dan pascapanen.  Ketersediaan inovasi dan teknologi tersebut secara berkesinambungan  perlu terus dideminasikan kepada pengguna melalui Spectrum Diseminasi Multi Channel agar segera dapat diimplementasikan oleh petani dan memberikan kontribusi yang nyata terhadap pencapaian target produksi nasional, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.

            Peran Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB. Padi) dalam upaya peningkatan produktifitas dan mengatasi perubahan iklim cukup besar. BB padi telah menyediakan teknologi seperti VUB. Padi hibrida, teknik budidaya, Pengendalian Hama Penyakit terpadu dan teknologi lainnya yang terintergrasi dalam sistem Pengelolaan Tanaman Padi secara terpadu (PTT). Khususnya dalam penyediaan teknologi varietas unggulan, selama lima tahun terakhir BB Padi telah melepas lebih dari 90 varietas yang meliputi varietas Inbrida padi sawah irigasi (Inpari), Inbrida padi gogo (Inpago) Inbrida padi rawa (Inpara), dan padi hibrida (Hipa). Selain VUB yang telah dilepas BB Padi memiliki pula sejumlah galur harapan serta koleksi plasma nutfah yang siap mendukung percepatan pelepasan VUB spesifik lokasi.  Penelitian penanganan masalah padi sawah tadah hujan, padi gogo, dan padi rawa juga telah menghasilkan beberapa teknologi yang dapat digunakan dalam program peningkatan produktifitas di lahan marjinal tersebut.  Demikian pula dalam menjawab perubahan iklim telah banyak varietas unggul padi yang adaptif serta memiliki mutu gabah dan beras tinggi telah dilepas.

         Semua inovasi teknologi padi unggulan tersebut akan diperagakan dalam serangkaian kegiatan open house 2014 baik dalam bentuk ekspose autdoor dan indoor maupun dalam seminar nasional padi, Temu Lapang, Open House akan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 18 Agustus  hingga 21 Agustus 20143.  Temu Teknologi pada Open House ini diperkirakan dapat dikunjungi oleh sekitar 3.000 pengunjung dari berbagai kalangan. Diharapkan mereka bisa melihat langsung, mempelajari, memilih dan memutuskan untuk mencoba menerapkan inovasi teknologi pilihannya sesuai dengan spesifik lokasi di daerah pengembangannya.

Tema

Tema Temu Teknologi Padi dan Ekspose pada Open House 2014 adalah Ïnovasi Teknologi Padi Mendukung Pertanian Bioindustri dan Swasembada Pangan Berkelanjutan

Tujuan

  1.  Menyediakan dan menyebarluaskan berbagai inovasi teknologi padi unggulan mendukung pertanian bioindustri dan swasembada beras berkelanjutan.
  2. Menampilkan berbagai Varietas Unggul Baru (VUB) dan calon varietas adaftif terhadap perubahan iklim (kekeringan, Banjir, salinitas) serta lahan marjinal (Pasang surut, rawa lebak, lahan kering/gogo).
  3. Menampilkan Inovasi teknologi padi unggulan (PTT, Pra dan Pasca Panen).
  4. Menampilkan keragaan sumberdaya genetik (plasmanutfah padi) nasional dan kekayaan intelektual.
  5. Menumbuh kembangkan  apresiasi dan minat generasi muda terhadap tanaman, penelitian dan proses produksi padi.
  6. Membentuk jaringan dan akselerasi transfer inovasi teknologi padi melalui Spectrum Diseminasi Multi Channel (SDMC) kepada para pengguna, mendukung pertanian bioindustri dan swasembada pangan berkelanjutan.

Keluaran

  1. Tersosialisasikannya berbagai informasi inovasi teknologi dan pengetahuan peningkatan produksi pada berbagai agroekosistem
  2. Tersediannya inovasi dan teknologi padi menjawab dampak perubahan iklim
  3. Terjalinnya komunikasi dan umpan balik serta adanya kesamaan persepsi antara peneliti dengan stakeholders untuk menentukan arah penelitian ke depan.
  4. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para stakeholders khusunya petani terhadap inovasi teknologi padi unggulan baru yang dapat diimplementasikan dalam usaha tani padinya
  5. Berkembangnya apresiasi terhadap hasil penelitian pertanian khususnya padi dan peneliti padi, terutama oleh pengambil kebijakan, petani, penyuluh, dan pelaku agribisnis.
  6. Berkembangnya apresiasi dan minat generasi muda terhadap tanaman, proses produksi dan penelitian padi.

Temu teknologi padi dan ekspose pada open house 2014 diharapkan dapat dihadiri dan dibuka oleh Bapak Menteri Pertanian, para pejabat dan petugas Satker Eselon II Lingkup Badan Litbang, UK/UPT Puslitbangtan, BPTP, Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten, Petugas terkait, para Gapoktan dan Petani, serta para stakeholders agribisnis padi.

Tempat dan waktu

Temu teknologi dan ekspose pada open house 2013 akan dilaksanakan di Komplek Balai Besar Open house 2014 akan dilaksanakan di Komplek Balai Besar Penelitian Tanaman Padi dan Kebun Percobaan Sukamandi, Jalan Raya IX sukamandi, subang, Jawa barat pada 18-21 Agustus 2014.

 

Kontak Person

Open House ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan dan pengguna untuk mendapatkan informasi inovasi teknologi unggulan khususnya padi. Untuk koordinasi partisipasi dan kehadiran semua pihak, dimohon memberikan konfirmasi melalui

  1. Agus Guswara    08129598503
  2. Suharna            0817210786
  3. Didin. W            081324509290
  4. Asep Dedi          081322354671

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

KEPANITIAAN

Susunan kepanitiaan Temu Teknologi Padi pada Open House 2014 adalah sebagai berikut:

Jabatan dalam Kepanitiaan

Nama Penanggung Jawab

Pembina

Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

Pengarah

Kabid PE, Kabag TU, Ka Kelti

Ketua

Dr. Priatna Sasmita

Wakil Ketua

I. Agus Guswara

Sekretaris

1. Idrus Hasmi, SP

 

2. Asep Dedi Subagio, SP

 

3. Suharna, Amd

 

4. Fitri Diana Sari, SE

Bendahara

1. Firly Erwindawati, SE

 

2. M. Toha

 

3. Septi Baharini

Koordinator Kegiatan

Acara/Protokoler

Ir. M. Yamin Samaullah, MS dan Nita Kartina, SP

Seminar Nasional

Dr. Nafisah dan Rahmawati, Msi

Workshop Pendampingan P2BN/SLPTT

Dr. Priatna Sasmita

Workshop Perbenihan

Ir. Sri Wahyuni, MSc

Workshop CURE

Ir. Indrantuti.AP

Ekspose/gelar teknologi

Ir. Agus Guswara dan Sudibyo.TWU. MP

Humas

Ir. Agus Guswara

Konsumsi

 

Transportasi

Ainur Farid, SE

Akomodasi/Perlengkapan

Ir. Dede Kusdiaman

Dokumentasi dan Publikasi

Suharna, Amd

Koordinator Lomba

Indria W. Mulsanti, MSi

Pembagian Benih

Asep Nasirudiin, Amd

Keamanan

Ainur Farid, SE

Temu teknologi dan ekspose pada open house 2014 merupakan media Diseminasi Multi Channel Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) dalam upaya percepatan diseminasi/ sosialisasi inovasi ternologi perpadian terkini kepada para pengguna. kegiatan tersebut diharapkan dapat mempercepat proses adopsi dan implementasi inovasi dan teknologi unggulan yang tersedia sehingga dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pencapaian program P2BN surplus 10 juta ton beras tahun 2014. Kami berharap kepada semua pihak terkait dapat berpatisipasi untuk suksesnya kegiatan tersebut.

 

Kontak Informasi

Balai Besar Penelitian Tanaman Padi

  • Alamat Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang 41256, Jawa Barat
  • Telepon (0260) 520157
  • Fax (0260) 520158

Hak Cipta © 2015. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi